Memotong Bulu Mata Bayi Bisa Membuatnya Lentik, Benarkah?

Memotong Bulu Mata Bayi Bisa Membuatnya Lentik, Benarkah?

Ohayo.co.id – Siapa yang tidak ingin memiliki bayi lucu dan menggemaskan dengan bulu mata yang lentik? Memiliki bayi dengan bulu mata panjang dan lentik memang menjadi idaman para ibu. Bahkan tidak sedikit ibu yang melakukan banyak cara untuk membuat bulu mata sang buah hati menjadi lentik. Untuk menjadikannya panjang dan lentik, salah satu cara yang dilakukan oleh para ibu yaitu dengan menggunting bulu mata bayi.

Bulu mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting dan memiliki fungsi untuk melindungi mata dari bahaya benda asing yang masuk ke mata. Hal ini sebaiknya bunda pikirkan kembali ketika akan memotong bulu mata si kecil demi bulu mata yang panjang dan lentik.

Lalu, apakah benar memotong bulu mata bayi bisa membuatnya lentik? Sebelum bunda memotong bulu mata si kecil, yuk simak ulasan di bawah ini.

Memotong Bulu Mata Bayi Bisa Membuatnya Lentik, Benarkah?

Memotong Bulu Mata Bayi Bisa Membuatnya Lentik, Benarkah? - Ohayo.co.id

Jika Bunda sudah berencana untuk memotong bulu mata si kecil demi membuatnya panjang dan lentik, sebaiknya perlu dipikirkan kembali. Pasalnya banyak sumber yang mengatakan bahwa memotong bulu mata bayi bisa membuatnya lentik ini hanyalah mitos. Sama halnya dengan mengoles air ludah pada alis bayi agar alis tebal juga tidak benar loh, Bunda. Justru sebaliknya mengoleskan air ludah pada alis bayi tidak membuatnya menjadi tebal tetapi akan membuatnya menjadi rontok.

Lalu, apakah penyebab alis rontok pada bayi tersebut? Ternyata mengoleskan air ludah pada alis bayi ini hanya akan membuat kuman menjadi menempel pada alis. Nah, memotong bulu mata bayi bisa membuatnya lentik juga dapat membahayakan si kecil. Jika bunda memotong bulu mata si kecil terlalu pendek, maka bulu mata tersebut tidak dapat bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya. Fungsi dari bulu mata sendiri adalah membantu melindungi mata dari benda asing yang masuk ke mata dan akan membahayakan kesehatan mata. Ketika di potong, maka pelindung mata tidak akan ada lagi sehingga hal ini akan sangat membahayakan bagi si kecil.

Baca juga : Menebalkan Alis Si Kecil dengan Kemiri, Ini Tipsnya!

Memotong Bulu Mata Bayi Bisa Membuatnya Lentik, Benarkah? - Ohayo.co.id

Memotong bulu mata bayi bisa membuatnya lentik ini pun tidak dibenarkan oleh sebagian ahli. Menurut dokter spesialis anak dan neonatologi dari International Paediatric Clinic, Singapura yaitu Dr. Natalie Epson, mengatakan bahwa memotong bulu mata tidak mempengaruhi kelentikkannya.

Bulu mata bayi yang lentik bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan maupun asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh bayi. Jadi, dapat dikatakan bahwa memotong bulu mata bayi bisa membuatnya lentik tidak mempengaruhi lentik atau tidaknya. Bulu mata juga akan tumbuh kembali meskipun sudah digunting, namun ketika sudah tumbuh panjangnya tidak akan sama seperti semula.

Baca juga : 4 Gejala dan Penyebab Kolik pada Bayi yang Harus Bunda Tahu

Memotong Bulu Mata Bayi Bisa Membuatnya Lentik, Benarkah? - Ohayo.co.id

Sebaiknya bunda menghindari untuk memotong bulu mata si kecil, karena akan dikhawatirkan dapat mempengaruhi kesehatan dan fungsinya. Memotong bulu mata bayi bisa membuatnya lentik ini hanya mitos semata, untuk itu bunda tidak perlu risau jika ada seseorang yang menyarankan untuk melakukan hal tersebut.

Dibandingkan harus memotong bulu mata si kecil agar tampak panjang dan juga lentik, ada baiknya bunda juga perlu memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari. Memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi nantinya akan membantu membuat bulu mata tumbuh dengan baik. Dengan menjaga nutrisi si kecil, pastinya akan membuat buah hati bunda akan tetap sehat dan tumbuh menggemaskan.

Demikian ulasan mengenai memotong bulu mata bayi bisa membuatnya lentik yang perlu bunda ketahui. Semoga bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password