Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Ban Motor untuk Musim Penghujan

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Ban Motor untuk Musim Penghujan

Ohayo.co.id – Datangnya musim penghujan memang patut diwaspadai, khususnya bagi para pengendara motor. Untuk mengantisipasi jalanan yang basah, pemilihan ban yang tepat jadi sangat penting. Alasannya adalah karena jalanan yang basah butuh perlakuan yang berbeda dibandingkan dengan jalanan yang kering. Oleh sebab itu, agar Anda bisa berkendara dengan nyaman dan aman maka butuh pemilihan ban yang bisa mengatasi jalanan basah.

Di pasaran sendiri sudah ada banyak sekali pilihan ban motor dari berbagai brand, mulai dari harga yang murah hingga yang mahal sekalipun. Bahkan Anda juga bisa membelinya via cicilan lewat aplikasi kredit terbaik AKULAKU, agar lebih menghemat budget. Namun supaya Anda tidak salah memilih, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih ban motor untuk musim penghujan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Ban Motor untuk Musim Penghujan

Memilih ban motor yang memiliki banyak alur

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Ban Motor untuk Musim Penghujan

Ban motor bawaan pabrik sejatinya sudah cukup mumpuni sekali, sebab pabrikan sudah memastikan ban yang digunakan oleh motor besutannya bisa digunakan di berbagai kondisi jalan raya. Walaupun demikian, tidak ada salahnya pula jika pemilik motor memiliki bahan pertimbangan sendiri untuk hadapi jalanan yang basah seiring musim penghujan yang mulai datang seperti sekarang.

Untuk antisipasi jalanan yang basah di musim hujan, pemilihan ban yang paling pas untuk hadapi jalanan yang basah adalah yang memiliki banyak alur di bagian permukaannya. Karena semakin banyak alur pada ban motor maka akan semakin memudahkan air untuk melewati sela – sela permukaan ban motor. Dengan demikian, grip ke aspal akan tetap terjaga dengan baik sekaligus meminimalkan kemungkinan selip di jalan.

Baca juga : Motor Sport Adventure yang Bakal Masih Diincar 2019 Mendatang

Menghindari memilih ban dengan alur semi slick

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Ban Motor untuk Musim Penghujan

Jika ban moto dengan banyak alur sangat disarankan sekali untuk antisipasi jalanan yang basah di musim penghujan, sebaliknya pemilihan ban motor dengan alur yang minim lebih baik dihindari. Alasannya adalah karena ban motor dengan alur yang minim ini membuat air tidak bisa terhempas dengan baik. Sehingga grip pada ban motor tersebut tidak akan maksimal sebab terganggu lapisan tipis air atau pun aquaplaning di permukaan ban. Pada kondisi inilah kemungkinan buruk bisa saja terjadi, seperti halnya terjadinya selip yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Ban motor yang memiliki alur minim umumnya disebut sebagai semi slick. Lain halnya dengan jenis ban motor yang memiliki alur cukup banyak dan lebih cocok untuk berbagai kondisi jalan raya, penggunaan ban semi slick sendiri sejatinya memiliki tujuan untuk memberikan grip yang lebih baik, khususnya di jalanan yang kering. Permukaan slick memberikan grip yang lebih luas bagi ban motor terhadap aspal. Akan tetapi keuntungan tersebut akan berbalik jadi kelemahan pada saat digunakan dalam kondisi jalan basah.

Baca juga : Agar Tetap Aman, Ikuti Syarat Ini Saat Mengajak Si Kecil Naik Motor

Menjaga kecepatan saat berkendara

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Ban Motor untuk Musim Penghujan

Hal berikutnya yang sebaiknya diikuti untuk melintasi jalanan basah karena hujan adalah bijak dalam memacu kendaraan. Agar grip ban motor Anda bisa diantisipasi, jalanan yang basah akan lebih aman jika dilewati dengan kecepatan rendah. Karena jika dipaksakan dilalui dalam kecepatan yang cukup tinggi, dikhawatirkan ada efek aquaplaning yang bisa menjadikan kekuatan grip terhadap permukaan jalan menurun drastis. Pada kondisi inilah, kehilangan kontrol sangat mungkin terjadi sebab grup ban motor yang tidak maksimal. Mulai dari selip bahkan hingga menimbulkan kecelakaan sangat mungkin terjadi jika pengendara motor memaksakan kecepatan tinggi di jalanan yang basah.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang hal yang harus diperhatikan saat memilih ban motor untuk musim penghujan. Semoga bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password