Cara Membuat Animasi Bergerak dengan Mudah di Photoshop

Cara Membuat Animasi Bergerak dengan Mudah di Photoshop

Ohayo.co.id – Animasi yang ada di internet memang sangat menarik dan juga unik bukan? Dalam pembuatan animasi dapat menggunakan beberapa software atau aplikasi, tergantung dengan hasil yang Anda inginkan. Karakter atau bentuk animasi yang dibuatpun akan sangat beragam sesuai kreativitas pembuatnya. Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi, namun Photoshop merupakan pilihan yang tepat untuk seorang pemula. Jika Anda penasaran bagaimana cara membuat animasi bergerak yang mudah di Photoshop, yuk simak ulasan berikut.

Cara Membuat Animasi Bergerak dengan Mudah di Photoshop

Cara Membuat Animasi Bergerak dengan Mudah di Photoshop

Membuat animasi bergerak menggunakan Software Photoshop ini nantinya dapat Anda gunakan untuk gambar pada sebuah konten, bahan presentasi, untuk di upload pada media sosial dan lain sebagainya. Namun sebaiknya pastikan terlebih dahulu PC Anda sudah terinstal Software Adobe Photoshop. Untuk Anda yang baru mengenal aplikasi ini jangan khawatir, karena tutorial untuk membuatnya sangatlah mudah.

Langkah awal yaitu dimulai dari cara membuat animasi bergerak yang sangat mudah dan sederhana. Contohnya jika Anda ingin membuat gambar baterai yang sedang mengecas. Gambar ini dapat dijumpai ketika Anda mengecas hp, pasti daya yang masuk pada hp ditandai dengan bergeraknya warna pada gambar baterai tersebut bukan?

Langkah pertama, bukalah Photoshop dan buatlah document baru atau ctrl + N pada keyboard. Untuk ukuran dokumen dapat menggunakan 600×300 pixels, maka akan ditamplkan dokumen dengan ukuran memanjang. Selanjutnya buatlah objek persegi panjang dengan menggunakan rounded rectangle tool sebanyak 2 objek. Buatlah satu objek persegi panjang tersebut dengan ukuran besar dan yang satunya dengan ukuran kecil. Sehingga menyerupai bentuk baterai dan buatlah objek tersebut berwarna hitam.

Baca juga: Hanya Mengandalkan Keyboard! Begini Cara Membuat Animasi GIF di Android

Cara Membuat Animasi Bergerak dengan Mudah di Photoshop

Langkah selanjutnya yaitu buatlah 3 objek persegi menggunakan rectangle tool dengan ukuran yang sama, serta letakkan objek tersebut di dalam objek persegi panjang yang sudah Anda buat. 3 persegi tersebut nantinya akan digunakan untuk daya baterai yang sedang diisi. Poin terpenting untuk membuat animasi bergerak yaitu mengaktifkan menu animasi dengan klik windows > animation.

Untuk membuat efek bergerak, buatlah frame baru yaitu dengan menduplikasi selected frames. Klik pada frame 1 kemudian hidden untuk objek persegi 2 dan 3. Selanjutnya klik frame 2 kemudian hidden untuk objek persegi 3, dan untuk frame ke 3 tidak perlu hidden untuk semua objek. Pada dasarnya efek bergerak tersebut diciptakan oleh beberapa frame yang sudah Anda buat.

Langkah berikutnya, blok seluruh frame pada dokumen, yaitu dengan mengklik salah satu objek yang dilanjutkan dengan menekan tombol shift pada keyboard dan dilanjutkan mengklik objek lainnya. Jangan lepaskan tombol shift ketika Anda menandai objek lainnya. Barulah kemudian ubah delay objek tersebut menjadi 0.2 second dan lopping menjadi forever.

Baca juga: Ingin Peroleh Gambar Iklan Menarik Untuk Sosial Media? Terapkan 3 Hal ini!

Cara Membuat Animasi Bergerak dengan Mudah di Photoshop

Untuk delay tersebut Anda dapat menentukannya sesuai keinginan, semakin kecil Anda menentukan angka delay maka akan semakin cepat perubahan atau gerakan pada animasi. Selanjutnya untuk melihat hasil yang sudah Anda buat, tekan tombol play atau tombol yang berbentuk segitiga. Untuk pemilihan warna, disarankan untuk menggunakan warna yang berbeda sehingga menambah keunikan pada hasil karya tersebut. Anda dapat mengembangkan sendiri sesuai keinginan dan juga kreativitas.

Apabila tahap diatas sudah selesai, Langkah untuk membuat animasi bergerak selanjutnya yaitu save hasil pekerjaan Anda dengan menekan ikon save atau menggunakan keyboard dengan menekan Ctrl + Shift + Alt + S, kemudian akan muncul kotak dialog, pilihlah format GIF lalu tekan enter atau save.

Demikian ulasan mengenai cara membuat animasi bergerak dengan mudah di Photoshop. Jangan terpaku dengan bentuk animasi di atas, Anda dapat mengembangkannya sesuai kretivitas. Semoga dapat memberi manfaat untuk Anda yang ingin membuat animasi.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password