Membangun Keamanan Blog Self-Hosted WordPress Dengan SSL

Membangun Keamanan Blog Self-Hosted Wordpress Dengan SSL - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Internet menyediakan ruang digital yang sangat besar. Saking besarnya, kamu bisa mencari segala jenis informasi yang dibutuhkan. Di ruang itulah, menurut data Domain Name Industry Brief, ada sekitar 330,6 juta nama domain situs yang dibuat pada 2017. Jelas ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dari jumlah tersebut.

Salah satunya adalah kesempatan untuk membuat situs atau blog self-hosted, dengan nama domain unik yang bisa menampung ide-ide, atau untuk meraup pundi-pundi rupiah dengan menyediakan konten artikel yang kaya dan padat. Singkat cerita, kamu juga dapat memanfaatkan blog untuk berbisnis dan mendapatkan pundi rupiah.

Membangun Keamanan Blog Self-Hosted WordPress Dengan SSL

WordPress dan keunggulannya

Wordpress dan keunggulannya - Membangun Keamanan Blog Self-Hosted WordPress Dengan SSL - Ohayo.co.id

Ilustrasi pengguna mengelola situs berbasis WordPress self-hosted. (Foto: Unsplash)

Bagi kamu yang ingin memulai membuka Blog, tak ada salahnya untuk mencoba WordPress. WordPress merupakan salah satu penyedia layanan self-hosted yang sangat populer di seluruh negara.  Menurut data builtwith com pada oktober 2018, WordPress menempati urutan pertama sebagai layanan self-hosted yang paling sering digunakan.

Sekitar 31,91% dari 1 juta website peringkat teratas menggunakan layanan self-hosted WordPress. Dengan tingkat kepopuleran yang tinggi, tidak heran bila ada banyak orang yang menggunakannya sebagai platform pengelolaan konten blog.

Selain jumlah pengguna yang besar, keunggulan WordPress yang lain adalah kemudahan dalam pengoperasian. Kamu tak perlu jadi ahli dalam kode-kode HTML atau sejenisnya, melainkan cukup memiliki browser dan koneksi internet, kemudian memanfaatkan CMS (Content Management System) yang mudah dioperasikan.

WordPress juga termasuk sangat fleksibel bagi penggunanya. Banyak tema dan plugins yang bisa diaplikasikan dalam WordPress kamu baik gratis maupun berbayar. WordPress juga lebih bersahabat dengan semua mesin pencari atau search engine.

Baca juga : Ingin Belajar Internet Marketing? Kunjungi 5 Website Ini

Kenapa Pilih Self-Hosted berbasis WordPress?

Kenapa Pilih Self-Hosted berbasis WordPress - Membangun Keamanan Blog Self-Hosted WordPress Dengan SSL - Ohayo.co.id

Self-hosted melalui WordPress.org. (Foto: WordPress)

Kamu memang bisa membuat blog dan website secara gratis (hosted) melalui WordPress com. Meski begitu, ada sejumlah kekurangan  jika menggunakan WordPress secara gratis daripada berbayar (self-hosted). Salah satunya adalah keterbatasan dalam hal monetisasi, dimana situs yang menumpang domain di WordPress tidak bisa memasang script ads sendiri.

Jengyuni com mengibaratkan WordPress non self-hosted sebagai sebuah tempat tinggal. WordPress hosted bagaikan seseorang yang tinggal di tempat penampungan yang tidak bebas dan tidak bisa menjaga privasi. Sebaliknya, WordPress self-hosted seperti rumah sendiri, sehingga pengguna memiliki akses dan hak kepemilikan penuh atas website miliknya. Kalau memilih untuk membangun self-hosted WordPress, platform CMS yang digunakan menginduk pada WordPress.org.

Sama seperti rumah, kamu bisa menambah tingkat perlindungan pada WordPress selfhosted milikmu agar aman dari serangan hacker, virus ataupun malware. Salah satu caranya adalah menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau sertifikat keamanan. Kamu dapat membeli sertifikat SSL dari penyedia layanan hosting seperti Hostinger.

Layanan SSL Hostinger

Layanan SSL Hostinger - Membangun Keamanan Blog Self-Hosted WordPress Dengan SSL - Ohayo.co.id

Beli SSL di Hostinger menjamin keamanan website. (Foto: Hostinger)

Sebelum melangkah lebih lanjut soal keamanan dan lain sebagainya. Ketika membuat blog WordPress self-hosted, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyewa web hosting.

Web hosting sangat penting untuk menyimpan berbagai data dari satu atau beberapa website maupun blog yang kamu kelola. Hostinger sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang mencari penyedia web hosting yang murah namun tetap berkualitas. Terlebih lagi, Hostinger juga memberi tambahan SSL gratis bagi pengguna  web hosting bisnis.

Baca juga : Tidak Ingin Repot Mendesain Template Web? 3 Platform ini Bisa Dituju

Namun kalau yang gratisan belum cukup, Hostinger memberikan opsi beli SSL yang tersedia dalam dua paket pilihan.

  • Paket pertama, atau Lifetime SSL Security, menyediakan sertifikat yang bisa dipakai selamanya. Kamu cukup beli sekali, tanpa biaya tambahan, dan memakainya untuk mengamankan website.
  • Paket kedua, atau Pro SSL Security, merupakan sertifikat profesional untuk keamanan bisnis dan web.

SSL Hostinger akan memberikan proteksi terhadap traffic dalam website atau blog yang kamu miliki, termasuk informasi yang bersifat pribadi. Segala data dan informasi yang tersimpan di dalam server hosting akan dienkripsi.

Website yang menggunakan SSL akan menampilkan alamat dengan simbol gembok berwarna hijau yang dapat kamu lihat pada kotak URL. Hal tersebut menandakan website maupun blog kamu terlindungi dan sangat aman untuk dikunjungi.

SSL Hostinger juga akan menaikkan peringkat SEO website kamu. Sebuah website yang dinyatakan aman akan lebih dipercaya pengunjung. Selain itu, Google lebih menyukai website yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Terkadang Google akan memberi pesan berupa peringatan ketika kamu membuka website atau blog dengan tingkat keamanan yang rendah.

Kamu bisa mendapatkan layanan keamanan yang berlaku seumur hidup dengan beli SSL di Hostinger. Cukup bayar sekali untuk membeli SSL  paket Lifetime SSL Security dan website kamu akan selalu terlindungi. Hostinger juga memberikan cara agar mudah dalam menginstal SSL dalam website atau self-hosted WordPress milikmu. Dengan demikian, kamu akan mampu membangun keamanan website maupun blog pada self-hosted WordPress dengan baik, mudah, dan murah.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password