Ketahui Aturan Jika Anda Ingin Melahirkan di Luar Kota dengan BPJS

Ketahui Aturan Jika Anda Ingin Melahirkan di Luar Kota dengan BPJS - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Pada saat kehamilan dan mengandung selama 9 bulan, salah satu hal yang perlu Anda lakukan selain menjaga kesehatan serta memenuhi nutrisi bayi yang ada didalam kandungan adalah mempersiapkan kelahiran si kecil. Well, terlepas melahirkan secara normal ataupun caesar, melahirkan pasti saja membutuhkan biaya yang tak sedikit, makanya tidak diherankan jika banyak yang mengeluhkan hal ini.

Apabila Anda selama ini harus ikuti suami sebab bekerja di luar kota dan bingung untuk siapkan biaya persalinan, Anda tak perlu khawatir. Mungkin Anda ingin tahu, apakah kartu BPJS bisa digunakan pada saat Anda sedang di luar kota atau tidak? Maka jawabannya adalah bisa. Tetapi pastinya juga ada syarat serta ketentuan yang harus Anda penuhi. Dibawah ini adalah beberapa syarat atau aturan jika Anda ingin melahirkan di luar kota dengan BPJS.

Ketahui Aturan Jika Anda Ingin Melahirkan di Luar Kota dengan BPJS

Ketahui Aturan Jika Anda Ingin Melahirkan di Luar Kota dengan BPJS - Ohayo.co.id 2

Menyiapkan surat pengantar dari kantor BPJS

Untuk bisa melahirkan di kota yang berbeda menggunakan faskes 1, Anda harus siapkan surat pengantar dari kantor BPJS kota tersebut. Caranya adalah dengan membawa surat pengantar terlebih dulu dari RT atau RW setempat lalu Anda bawa ke kantor BPJS untuk meminta surat pengantar. Akan tetapi sebelumnya silahkan tentukan dulu faskes mana yang ingin dipilih.

Segera pindah faskes

Apabila Anda memang menetap dalam kurun waktu lama, ada baiknya segera pindah faskes. Dengan cara ini maka saat terjadi masalah Anda bisa segera menuju faskes yang sudah Anda pilih. Cara untuk pindah faskesnya mudah sekali, cukup datang ke kantor BPJS kesehatan, lalu mengisi formulir pindah faskes dan pilih faskes tingkat pertama yang Anda inginkan.

Dalam keadaan darurat Anda bisa bawa langsung ke rumah sakit terdekat

Dalam keadaan darurat BPJS memberi kemudahan untuk tak perlu bawa surat pengantar dari kantor BPJS. Anda bisa langsung menuju ke rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS. Jangan lupa untuk bawa KTP, kartu keluarga, dan kartu BPJS. Semua biaya bersalin akan ditanggung BPJS kesehatan selama memenuhi prosedur yang telah diberlakukan.

Nah, itulah beberapa aturan jika Anda ingin melahirkan di luar kota dengan BPJS. Semoga bisa bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password