Bulan Puasa Tiba! Ini Masalah Kesehatan yang Sering Mengganggu

Bulan Puasa Tiba! Ini Masalah Kesehatan yang Sering Mengganggu

Ohayo.co.id – Bulan puasa dan bulan biasa memiliki perbedaan yang mencolok. Misalnya saja seperti pola makan kita. Jika biasanya kita membiasakan diri untuk sarapan, maka pada saat bulan puasa kita harus mengikuti sahur dan menahan lapar serta dahaga hingga waktu berbuka. Masalah kesehatan yang sering mengganggu saat puasa seperti sariawan atau panas dalam dengan mudah bisa kita atasi. Bagaimana dengan masalah kesehatan lainnya?

Dengan menjaga asupan makanan secara teratur, kita bisa menghindarkan diri terhadap masalah kesehatan yang sering mengganggu ketika bulan puasa. Beberapa masalah ini bisa muncul karena tubuh kita yang membutuhkan waktu untuk beradaptasi ketika bulan puasa. Maka dari itu, selain persiapan mental yang kita perlukan, persiapan fisik juga dibutuhkan dalam menyambut bulan puasa. Simak ulasan mengenai masalah kesehatan yang sering mengganggu saat puasa di bawah ini.

Masalah Kesehatan yang Sering Mengganggu Saat Puasa

Hal sederhana yang akan terasa berbeda bagi tubuh kita adalah pola makan. Puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Sehingga tidak perlu khawatir akan efek dari puasa. Kita hanya perlu mengetahui apa saja masalah kesehatan yang sering mengganggu saat puasa. Beberapa diantaranya seperti :

1. Sakit Maag

Sakit Maag - Masalah Kesehatan yang Sering Mengganggu Saat Puasa

Salah satu masalah kesehatan yang sering mengganggu ketika puasa adalah sakit maag. Sebab berpuasa bisa menurunkan asam lambung di perut yang biasanya digunakan untuk mencerna makanan dan membunuh bakteri. Namun tidak perlu khawatir, sebab puasa akan menyembuhkan sakit maag yang kita alami dengan tidak mengonsumsi makanan berminyak, gorengan hingga makanan yang terlalu pedas.

2. Pengendalian Diabetes yang Buruk

Diabetes - Masalah Kesehatan yang Sering Mengganggu Saat Puasa

Bagi anda yang secara teratur menyuntikkan insulin memang disarankan untuk tidak berpuasa. Sebab melewatkan proses tersebut akan berpotensi mengalami risiko kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang sering mengganggu saat puasa adalah pengendalian diabetes yang buruk.  Diskusikan terlebih dahulu kepada dokter atau tim medis bagaimana pola makan yang benar ketika mengikuti puasa. Cek secara berkala bagaimana kadar gula darah.

Baca Juga : Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Mengeluh Ya!

3. Sakit Kepala

Sakit Kepala - Masalah Kesehatan yang Sering Mengganggu Saat Puasa

Sakit kepala juga seringkali muncul ketika bulan puasa. Banyak penyebab yang menjadikan kita merasa sakit kepala. Bisa jadi karena terkena dehidrasi, rasa lapar hingga kurangnya waktu istirahat. Sakit kepala bisa kita cegah dengan tidak terlalu mengekspos tubuh terhadap sinar matahari. Misalnya saja gunakan topi atau kacamata hitam agar bisa meringankan otot yang tegang dan juga lakukan pijatan ringan pada tubuh.

4. Dehidrasi

Dehidrasi - Masalah Kesehatan yang Sering Mengganggu Saat Puasa

Masalah kesehatan yang sering mengganggu saat puasa selanjutnya adalah Dehidrasi atau kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Dengan memperhatikan asupan air ke dalam tubuh kita, masalah ini tidak akan muncul. Misalnya seperti minum air putih ketika sahur dan sebelum tidur akan cukup untuk memenuhi air pada tubuh kita. Gunakan tenaga untuk aktivitas yang memang diperlukan.

Baca Juga : Berikut Hal yang Buat Bibirmu Kering Saat Puasa Ramadhan

Panas Dalam

Panas Dalam - Masalah Kesehatan yang Sering Mengganggu Saat Puasa

Panas dalam bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kurangnya vitamin C pada tubuh kita. Maka dari itu, untuk menghindarkan diri dari panas dalam ketika bulan puasa pastikan untuk memenuhi asupan air dalam tubuh dan tetap mengonsumsi buah segar. Minum air putih yang cukup di saat buka, saat mau tidur dan saat sahur supaya kebutuhan cairan tetap terpenuhi.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang sering mengganggu ketika bulan puasa yang bisa perlu kita tahu agar dapat mengantisipasinya dengan baik. Caranya dengan mengetahui apa penyebabnya. Jadikan puasa lebih khusyuk dan kesehatan lebih terjaga.

[Form id=”27″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password