Catat! Ini 6 Ragam Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh

Catat! Ini 6 Ragam Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Setiap apa yang kita konsumsi maka kandungan di dalamnya akan bereaksi untuk tubuh. Meski tidak secara langsung tetapi tubuh memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Jika tidak maka akibatnya adalah mudah sakit, lelah, tidak bisa fokus dan lain sebagainya. Makanan menjadi salah satu faktor utama yang akan berdampak karena kandungan vitamin dan mineralnya. Seperti ketika anda mengonsumsi bayam, maka manfaat vitamin K untuk kesehatan tubuh bisa kita dapatkan.

Bayam, sawi hijau, kedelai dan juga asparagus memiliki banyak vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh tiap orang. Baik untuk anak kecil maupun dewasa, vitamin ini harus terpenuhi sesuai dengan kadar jumlah yang dibutuhkan. Vitamin K banyak kita temui pada sayuran hijau dan juga makanan lainnya. Apa manfaat yang bisa kita dapatkan?

6 Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh

1. Membantu Proses Pembekuan Darah

Catat! Ini 6 Ragam Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Manfaat yang pertama yang bisa kita dapatkan dari vitamin K adalah membantu adanya proses pembekuan darah. Proses ini memang diperlukan tubuh terutama jika anda mengalami luka yang mengeluarkan darah seperti sayatan, bekas operasi, hingga luka terjauh. Adanya zat besi bisa mempercepat penyembuhan luka tetapi vitamin K juga memiliki peran penting yang bisa membantu proses pembekuan darah lebih cepat.

2. Mencegah Osteoporosis

Catat! Ini 6 Ragam Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Osteoporosis merupakan kondisi dimana struktur tulang kita mulai mengalami pengeroposan dan disebabkan karena kandungan mineral dalam tubuh kurang. Padahal kandungan ini dibutuhkan untuk menguatkan tulang seperti halnya vitamin K. Selain membantu proses pembekuan darah, vitamin K juga membantu mempercepat dan juga mengoptimalkan penyerapan kalsium dan fosfor sehingga bisa mencegah adanya penyakit seperti osteoporosis.

3. Membantu Pertumbuhan Tulang

Catat! Ini 6 Ragam Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Vitamin K memiliki manfaat yang tak kalah penting yakni mampu membantu pertumbuhan tulang kita. Hal ini karena adanya kaitan antara rendahnya resiko kita dalam mengalami gangguan-gangguan yang kepada kerusakan tulang seperti misalnya osteoporosis. Dengan tulang yang tetap terjaga kekuatannya tentu kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari lebih baik dan optimal lagi.

Baca juga : Gak Cuma Bayam! Ini 5 Makanan yang Mengandung Vitamin K Terbanyak

4. Mencegah Munculnya Diabetes

Catat! Ini 6 Ragam Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Sebuah penelitian terbaru ternyata menunjukkan bahwa vitamin K memiliki manfaat yang juga baik untuk mencegah adanya diabetes pada diri kita. Hal ini sudah dibuktikan bahwa vitamin K bisa membentuk sistem perlawanan terhadap resistensi insulin yang mana diketahui sebagai salah satu penyebab munculnya diabetes pada seseorang. Vitamin K juga bisa mempercepat serta mengoptimalkan metabolisme pada tubuh.

5. Mencegah Pendarahan pada Hati

Catat! Ini 6 Ragam Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Siapa saja yang menggunakan obat penenang dan aspirin secara berlebihan tentu akan mengakibatkan pendarahan pada hati. Maka berhati-hatilah jika ingin mengonsumsi obat warung atau tidak dengan resep dokter. Manfaat vitamin K untuk kesehatan tubuh memang cukup penting karena bisa mencegah pendarahan yang kemungkinan terjadi pada hati. Vitamin K mempercepat dan juga mengoptimalkan proses pembekuan darah yang ada pada tubuh kita.

Baca juga : Manfaat Vitamin A Selain untuk Mata yang Harus Anda Tahu

6. Mencegah Penyakit Kanker

Catat! Ini 6 Ragam Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Penyakit kanker diketahui sebagai penyakit mematikan dan mengerikan. Untuk mencegahnya, kita bisa memenuhi vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Vitamin K bisa memperlambat proses perkembangan dari sel kanker yang ada dalam tubuh. Lebih lambatnya proses perkembangan kanker diharapkan tidak akan cepat menyebar dan bisa lebih cepat untuk diatasi.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin K. Beberapa diantaranya seperti sawi hijau, asparagus, kedelai hingga sayur bayam. Manfaat vitamin K untuk kesehatan tubuh memanglah penting. Penuhi kebutuhannya dan imbangi dengan gaya hidup yang sehat. Jangan lupa untuk menerapkan waktu istirahat yang cukup serta selalu menjaga lingkungan yang bersih.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password