Manfaat Susu Sapi Murni dan Cara Memasaknya yang Benar

Manfaat susu sapi murni

Ohayo.co.id – Beberapa orang mungkin menyangka semua susu memiliki manfaat yang sama, padahal manfaat susu sapi murni memiliki beberapa keunggulan yang jarang menjadi pusat perhatian para konsumennya. Susu sapi murni memiliki mineral yang lebih melimpah, enzim juga vitamin dengan syarat diolah dengan baik dan benar.

Susu sapi murni dapat memenuhi kebutuhan 31 persen vitamin D bagi tubuh manusia. Tambahan 149 kalori dengan hanya 7,9 lemak, sekitar 11 gram karbohidrat dan 7 gram lebih protein. Perbedaan lain yang begitu signifikan, susu sapi murni mengandung 200 miligram lebih kalsium dan 8 persen vitamin A.

Tidak hanya itu, beberapa zat manfaat lainnya masih banyak terkandung dalam susu sapi murni. Seperti fosfor, iodium, magnesium dan zat besi yang penting untuk tubuh.

Manfaat Susu Sapi Murni bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat susu sapi murni
Foto: Shutterstock

1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat susu sapi murni yang satu ini pastinya sudah banyak diketahui banyak orang. Dengan mengonsumsi rutin susu sapi murni yang dikonsumsi dengan cara yang benar dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang secara signifikan.

2. Manfaat Susu Sapi Murni untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kalsium dan fosfor yang terkandung dalam susu sapi murni cukup tinggi sehingga pertumbuhan tulang dan gigi lebih sehat maksimal. Tidak hanya untuk anak-anak, lansia juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi susu setiap hari untuk meregenerasi sel-sel yang telah rusak.

3. Menetralisir Racun dalam Tubuh

Ternyata bukan sekedar gosip apabila susu dapat menangkal racun dalam tubuh, susu memang dapat bekerja ampuh menetralisir racun dalam tubuh. Oleh sebab itu dilarang meminum susu pasca minum obat tertentu karena susu dapat menghilangkan efek obat tersebut.

4. Mempercepat Menyembuhkan Luka

Salah satu zat yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan dalam tubuh adalah zat seng dan fibrinogen yang berfungsi untuk menutup luka. Susu sapi murni hadir untuk menjawab semua kebutuhan tersebut.

5. Membuat Tubuh Lebih Rileks

Secara psikologis, tirosin membantu kinerja hormon serotonin yang berkaitan dengan rasa bahagia manusia. Kandungan zat tersebut terdapat dalam susu, sehingga mengonsumsinya dapat membuat tubuh lebih rileks dan bisa tidur lebih nyenyak. Oleh sebab itu banyak orang tua yang menganjurkan anaknya untuk minum susu sebelum anak-anaknya tidur.

6. Menjaga Tubuh Tetap Prima

Manfaat susu sapi murni lainnya adalah membantu memulihkan energi tubuh saat lelah karena mengandung magnesium yang mampu membuat jantung dan sistem syaraf menjadi lebih stabil.

7. Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Mampu mengurangi tekanan darah karena kandungan susu mampu menstabilkan pembuluh darah. Dengan kata lain peredaran darah semakin lancar sehingga sangat kecil kemungkinan terserang penyakit jantung.

Susu sapi murni khususnya mengandung potasium sebagai zat yang memperlancar peredaran darah, menutrisi tubuh agar tidak terjadi tekanan darah tinggi.

8. Manfaat Susu Sapi Murni untuk Kesehatan otak

Setiap aktivitas manusia sangat sering berkaitan dengan kinerja otak besar, kandungan seng (Zn) –bukan seng buat atap rumah lho–dalam susu sapi murni membantu sistem kerja sama otak besar dengan organ tubuh.

9. Mencegah Penyakit Gondok

Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui bahwa susu sapi murni dapat mencegah penyakit gondok, terutama yang sering kali terjadi pada anak-anak. Karena dalam susu sapi murni juga mengandung iodium yang cukup untuk tubuh.

10. Manfaat Susu Sapi Murni untuk Kesehatan Mata

Sangat logis apabila susu dikaitkan dengan kesehatan mata, kandungan vitamin B2 dan vitamin A yang cukup tinggi sangat membantu mempertajam penglihatan. Oleh karena itu sangat penting susu sapi murni dikonsumsi orang dewasa yang sering terpapar radiasi pada penglihatannya.

11. Aman Dikonsumsi Penderita Anemia

Pada umumnya, penderita anemia kekurangan hemoglobin untuk tubuh. Sangat cocok mengonsumsi susu sapi murni yang mengandung zat besi yang sangat membantu membentuk sel darah merah.

12. Manfaat Susu Sapi Murni untuk Kecantikan

Siapa sangka susu tidak hanya bermanfaat untuk tulang, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Susu sapi murni dapat bekerja dari dalam untuk mencerahkan kulit. Bahkan pada artikel sebelumnya dibahas mengenai cara memutihkan wajah dengan susu beruang sebagai salah satu susu sapi murni yang ada dalam kemasan. Mengapa bisa demikian? Tentu saja karena susu mengandung vitamin A dan vitamin E yang sangat berperan penting untuk kesehatan kulit.

13. Tambahan Energi

Dalam susu sapi murni khususnya, mengandung zat yang bernama CLA (Conjugated Linoleic Acid) yang bermanfaat untuk meningkatkan energi seperti pertumbuhan otot. Metabolisme dalam tubuh juga semakin efisien dengan mengonsumsi susu secara teratur.

14. Manfaat Susu Sapi Murni untuk Menambah Berat Badan

Bagi Anda yang sedang melakukan treatment menambah berat badan, susu sapi murni mengandung lemak dan kalori yang baik untuk menambah berat badan. Treatment ini juga sering kali dilakukan pasca penyembuhan penyakit tertentu yang membuat berat badan menyusut.

Apakah Susu Sapi Murni Harus Dimasak?

Manfaat susu sapi murni setelah dimasak
Foto: Shutterstock

Manfaat susu sapi murni memang begitu kaya untuk kesehatan tubuh, namun terdapat beberapa catatan penting terkait cara mengonsumsinya. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa susu sapi murni sangat baik langsung dikonsumsi karena belum terkontaminasi bahan kimia. Memang tak begitu salah dengan anggapan tersebut, tetapi bukan berarti melewati proses perebusan untuk membasmi bakteri di dalamnya.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Amerika Serikat, beberapa orang terinfeksi bakteri pasca meminum susu murni tanpa dimasak. Setidaknya terdapat 530 kasus terkait penyakit yang ditimbulkan konsumsi susu mentah sepanjang periode 2001-2010. Salah satu bakteri yang paling sering muncul dalam berbagai kasus adalah Campylobacter dan Salmonella E Coli.

Penyakit yang sering muncul adalah gangguan saraf dan radang sendi yang diakibatkan kontaminasi patogen yang masih hidup dalam susu sapi murni yang belum dimasak atau pasteurisasi.

Baca juga: Cara Membuat Kulit Cantik Alami dengan Susu, Mau Coba?

Cara Memasak Susu Sapi Murni yang Benar

Manfaat susu sapi murni dan cara memasaknya yang benar
Foto: Shutterstock

Banyak orang mengeluhkan saat memasak susu sapi murni karena biasanya kadar susu menjadi pecah. Ternyata ada cara memasak susu sapi murni yang baik dan benar agar kadar susu tidak pecah.

  • Tuangkan susu sapi murni pada tempat rebusan
  • Panaskan dengan api kecil
  • Aduk perlahan dan lembut agar susu tidak pecah
  • Rebus susu sapi murni dengan suhu 75 derajat celcius atau rebus susu sapi murni dengan takaran 1 liter selama 5 menit untuk membunuh bakteri yang ada di dalam susu
  • Penting untuk diperhatikan, merebus susu sapi murni tidak perlu sampai mendidih
  • Selam direbus, aduk terus dengan perlahan
  • Jangan menuangkan susu tersebut di atas wadah yang bening/tembus cahaya karena berpengaruh terhadap kandungan susu tersebut. Cukup mudah bukan?

Baca juga: 5 Jenis Susu Low Fat Terbaik Baik untuk Penderita Obesitas

Demikianlah informasi seputar manfaat susu sapi murni bagi kesehatan tubuh dan cara memasaknya yang benar. Setelah menyimak informasi di atas, pastinya Anda tak akan ragu lagi mana kualitas susu sapi murni yang baik dikonsumsi untuk tubuh. Memang beberapa nutrisi sedikit dikorbankan saat susu sapi murni mengalami perebusan, tatapi mekanisme tersebut merupakan cara terbaik mengolahnya agar tubuh terhindar dari berbagai bakteri dan parasit dari kontaminasi patogen bawaan dari tubuh hewan penghasil susu.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password