Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jantung

manfaat puasa bagi kesehatan jantung

Berpuasa berarti menghentikan asupan makanan dan minuman pada waktu tertentu. Selain melatih seseorang untuk makan teratur juga melatihnya untuk tidak makan secara berlebihan. Menurut penelitian, puasa dapat menyehatkan tubuh karena sebab makanan berkaitan erat dengan proses metabolisme tubuh. Bagian tubuh yang sangat berpengaruh pada pola makan yang berubah adalah organ jantung. Banyak orang mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat sehingga mempengaruhi kesehatan jantung. Tidak jarang hal ini akan memunculkan masalah fatal yang bisa terjadi, yaitu serangan penyakit jantung atau stroke. Selain sebagai ibadah bagi umat Muslim, puasa juga dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan jantung.

Jantung adalah salah satu organ penting dari tubuh manusia yang terletak di dalam rongga dada. Jantung berfungsi sebagai alat untuk memompa darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh kita. Dengan peran penting jantung ini maka menjaga kesehatan jantung adalah hal yang perlu kita lakukan karena jika jantung sehat maka tubuh kita pun akan menjadi sehat.

Baca Juga : Dijamin Bikin Makin Semangat, Ternyata Ini 5 Manfaat Puasa

Sumber : hellosehat,com

Selain melakukan ibadah, puasa akan menurunkan resiko seseorang mengalami penyakit jantung koroner. Penyakit ini muncul karena lemak jahat yang berlebihan di tubuh. Lemak ini akan membentuk plak di pembuluh darah dan lama-kelamaan akan menyumbat pembuluh darah. Jika menyumbat pembuluh darah koroner maka akan menimbulkan penyakit jantung koroner. Jika kita berpuasa maka akan terjadi perubahan yang cukup signifikan dari kadar kolesterol yang ada pada darah seseorang. Penelitian menunjukan bahwa dengan berpuasa maka risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner dapat menurun secara signifikan.

Baca Juga : Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Mengeluh Ya!

Penelitian lanjutan pun menemukan bahwa dengan berpuasa maka faktor resiko lain seperti trigliserida, berat badan dan kadar gula darah akan ikut menurun. Penurunan yang terjadi pada parameter tersebut mampu membuktikan bahwa angka penurunan risiko terjadinya penyakit jantung bukanlah hal yang dianggap sebagai kebetulan semata. Puasa juga akan menyebabkan seseorang kelaparan dan stress. Keadaan seperti ini akan menyebabkan tubuh cenderung akan memanfaatkan kolesterol dalam jumlah yang lebih banyak sebagai sumber tenaga.

Penggantian sumber tenaga yang berawal dari glukosa menjadi kolesterol atau LDL-C terjadi apabila setelah melakukan puasa selama 10-12 jam. Jika hal seperti ini berlangsung secara terus menerus, maka akibatnya akan terjadi penurunan sel lemak pada tubuh. Seseorang yang memiliki lebih sedikit sel lemak dalam tubuhnya akan memiliki risiko yang lebih kecil pula mengalami resistensi insulin serta akan lebih terlindung dari diabetes.

Sumber : jasatulisartikel,com

Diabetes juga telah ditemukan sebagai salah satu faktor dari beberapa faktor penyakit jantung koroner. Temuan lainnya, puasa juga maka mampu meningkatkan human growth hormon atau HGH. Senyawa ini diketahui mampu meningkatkan dan membakar lemak. Selain itu, dengan berpuasa juga bermanfaat dalam menurunkan distribusi sirkadian dalam suhu tubuh, hormone kortisol, melatonin dan glicemia. Keadaan psikologis seseorang yang tenang ketika menjalankan puasa dipercaya dapat menurunkan adrenalin yang bisa meningkatkan penyakit jantung dan tekanan darah.

Puasa selain menjadi ladang ibadah bagi umat Muslim, juga dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan jantung, yaitu menyeimbangkan kadar lemak darah, menekan risiko tekanan darah tinggi, insulin dan homosistein, serta parameter antropometri. Namun agar kebutuhan akan asupan nutrisi yang bermanfaat untuk jantung tetap terjaga, tambahkan konsumsi suplemen makanan yang mengandung omega 3, 6, 9, DHA, EPA, dan vitamin E. Anda bisa mendapatkan manfaat praktis tersebut dalam suplemen Omepros. Omepros tersusun dari bahan-bahan alami yang membuatnya aman untuk dikonsumsi secara rutin. Omepros, Balancing Your Life!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password