5 Manfaat Minum Kopi Hijau dan Risiko yang Akan Dialami Oleh Peminumnya

Manfaat Minum Kopi Hijau dan Risiko yang Akan Dialami Oleh Peminumnya

Ohayo.co.id – Segala bentuk makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh kita memiliki efek samping. Baik yang berguna untuk metabolisme tubuh atau justru yang memberi dampak buruk pada kesehatan kita. Seperti ketika anda mengonsumsi sayuran atau mengonsumsi junk food. Dua makanan yang berbeda memiliki efek samping yang berbeda pula. Kali ini berbicara mengenai kopi hijau yang belakangan muncul ditengah masyarakat. Utamanya bagi penikmat kopi, jenis kopi ini mulai menarik perhatian. Namun tahukah anda apa saja manfaat minum kopi hijau dan risikonya jika sering meminumnya?

Umumnya, kopi akan berwarna hitam seperti yang biasa kita menyeruputnya. Namun ada juga kopi hijau yang mana kopi ini berasal dari biji kopi buah coffea. Biji kopi yang belum dipanggang karena proses tersebut akan mengurangi jumlah asam klorogenat. Kopi hijau diketahui juga memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan biji kopi biasa. Hal inilah yang membuat manfaat dari kopi hijau begitu luar biasa.

5 Manfaat Minum Kopi Hijau dan Risikonya

5 Manfaat Minum Kopi Hijau dan Risiko yang Akan Dialami Oleh Peminumnya - Ohayo.co.id

1. Menurunkan Berat Badan

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa suplemen harian dari ekstrak biji kopi hijau ini bisa mengurangi lemak tubuh dan juga berat badan. Terlihat kafein dan juga asam kloregant ini mampu menurunkan berat badan. Asam tersebut memang akan membuat berat badan kita menurun karena dicerna dan diserap oleh manusia dengan biji kopi yang belum dipanggang.

2. Menurunkan Darah Tinggi

Manfaat minum kopi hijau yang selanjutnya bisa menurunkan darah tinggi. Manfaat ini bisa kita dapatkan karena efek dari asam klorogenat tersebut. Pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per harinya bisa menunjukkan adanya penurunan tekanan darah. Belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien. Maka dari itu, minuman ekstrak biji kopi hijau ini akan menjadi cara yang aman dalam membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan lebih mudah dan nikmat.

Baca juga : Fakta Menarik Tentang Kopi yang Tidak Banyak Orang Tahu

5 Manfaat Minum Kopi Hijau dan Risiko yang Akan Dialami Oleh Peminumnya - Ohayo.co.id

3. Meningkatkan Mood dan Kinerja Kognitif

Tahukah anda bahwa kafein yang ada pada kopi hijau ini memiliki efek yang positif? Terutama pada suasana hati dan juga aktivitas otak kita. Dari penelitian yang ada, kafein memang bisa meningkatkan reaksi waktu, memori, kewaspadaan dan juga ketahanan tubuh kita. Ada berbagai faktor lain yang juga menjadi bagian dari kinerja kognitif. Asupan optimal kopi hijau pada tubuh kita adalah ada di kisaran antara 38 hingga 400 mg per harinya. Bisa juga sekitar 1/3 cangkir untuk empat cangkir kopi hijau yang diseduh.

4. Menjadi Antioksidan

Berikutnya, manfaat minum kopi hijau ini adalah sebagai antioksidan. Ada beberapa zat antioksidan yang dimiliki. Fungsinya mampu mengurangi efek radikal bebas yang bisa merusak sel dalam tubuh kita. Manfaat ini tentu saja bisa menjadikan tubuh lebih sehat dan mengurangi adanya jumlah kerusakan pada sel tubuh. Antioksidan pada biji kopi hijau ini bisa mencegah adanya perkembangan empat jenis sel kanker.

Sementara untuk efek samping atau risiko yang akan dihadapi ketika berlebihan dalam mengonsumsi kopi hijau ini adalah gugup, insomnia hingga jantung yang berdebar. Hal ini dikarenakan dosis minum kopi yang tepat maksimal 480 mg per hari. Kafein yang berlebihan bisa membuat sakit kepala, telinga yang berdenging hingga perasaan gelisah. Jadi, perhatikan takaran untuk konsumsi kopi hijau agar manfaat baiknya bisa anda dapatkan.

Baca juga : Mana yang Lebih Baik, Kopi atau Teh?

Apapun yang berlebihan memanglah tidak baik. Termasuk mengonsumsi kopi baik itu kopi hitam maupun kopi hijau. Ketahui apa saja manfaat minum kopi hijau dan risikonya. Konsumsi sesuai dengan batas dan anjuran yang berlaku.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password