Makna Filosofis Lampu Lampion Imlek yang Wajib Anda Tahu

Makna Filosofis Lampu Lampion Imlek yang Wajib Anda Tahu - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Tahun baru Imlek tinggal menghitung hari saja, sudahkah Anda mempersiapkan segala kebutuhan perayaan tahun baru ini? Dekorasi rumah menjadi hal yang wajib Anda persiapkan secara sempurna demi menciptakan suasana Imlek yang meriah. Pajangan shio, hiasan dinding, pohon angpao, bunga, pilar lilin, cheongsam, aneka kue hingga lampu lampion Imlek wajib ada di rumah. Lampion merah bakal menambah kesan artistik sekaligus simbol kebahagiaan dan harapan baru pada tahun yang akan datang.

Ternyata lampu lampion yang berwarna merah menyala ini tak hanya sekadar dekorasi Imlek lho! Ada berbagai macam makna filosofis yang terkandung pada benda bulat, ringan dan berwarna merah. Anda penasaran? Yuk, simak ulasan seputar makna filosofis yang ada pada lampu lampion berikut ini!

Makna Filosofis Lampu Lampion Imlek yang Wajib Anda Tahu - Ohayo.co.id 2

Sejarah Lampu Lampion Imlek

Dalam bahasa Mandarin, lampion dikenal dengan deng long atau deng cai yang merupakan perpaduan beraneka seni mulai lukisan, origami, sulaman dan lain-lain. Rangka yang digunakan untuk membuat lampion bervariasi mulai bahan kayu, rotan, batang gandum, logam besi dan masih banyak bahan lainnya. Lampion juga terbuat dari bahan kertas, kain, benang, plastik hingga batu yang kerap dijadikan hiasan rumah.

Sejarah mencatat bahwa lampion telah digunakan sejak masa Dinasti Han pada abad ke 3 Masehi. Saat itu, lampion digunakan sebagai penerangan yang dibuat dari bahan sederhana. Konon penggunaan lampu lampion Imlek dimulai saat perayaan tahun baru pada masa Dinasti Ming sekitar 1300 tahun yang lalu. Lampion untuk perayaan keagamaan seperti Imlek identik dari bahan yang ringan, bulat dan berwarna merah menyala. Apa makna dibalik lambang tersebut?

Baca juga : Wow! Konsep Kota Hutan di China ini Akan Buatmu Terpukau!

Bahan lampion yang ringan bermakna pribadi rendah hati

Lampion terbuat dari bahan kertas di dataran China bermula pada teknik penemuan kertas kala itu. Bahan yang ringan memiliki makna sendiri mengenai pribadi yang rendah hati, ringan dan suka membantu orang lain. Diharapkan orang yang memasang lampu lampion Imlek ini bisa mendapatkan kesuksesan pada kehidupan mendatang karena mendapatkan respon yang baik dari masyarakat sekitar.

Makna Filosofis Lampu Lampion Imlek yang Wajib Anda Tahu - Ohayo.co.id 1

Lampu lampion Imlek berwarna merah

Makna filosofis yang terkandung pada lampu lampion berwarna merah adalah simbol pengharapan pada tahun yang akan dijalani. Diharapkan perubahan shio pada tahun mendatang bisa memberikan keberuntungan, rejeki dan kebahagiaan pada kehidupan orang tersebut. Tak heran kalau Anda bakal menemukan lampu lampion berwarna merah diletakkan di mana saja baik hunian pribadi hingga ruang publik.

Baca juga : Ini Trik Backpacking ke Shanghai Hanya Dengan Budget 3 Jutaan!

Lampu lampion yang menyala

Pendar cahaya lilin atau lampu yang ada pada lampion Imlek memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Tionghoa. Pendar cahaya merah melambangkan semangat dan harapan yang menyala pada tahun mendatang. Tentu orang-orang yang memasang lampu lampion Imlek merah menyala di rumah bisa mendapatkan kebahagiaan sesuai dengan usaha dan doa terbaik yang dipanjatkan pada Maha Kuasa.

Secara keseluruhan, makna filosofis lampu lampion Imlek bisa menjadi lambang kebersamaan, persatuan, kesuksesan, keberuntungan, kebahagiaan dan penerangan hidup. Tak hanya harapan kelancaran rejeki pada setiap usaha yang dilangsungkan, namun mendapatkan kehidupan yang lebih baik dalam urusan asmara dan lain-lain. Selain itu, lampu lampion dipercaya mampu mengusir pengaruh buruk yang hendak memasuki rumah seseorang.

Mengetahui betapa besar makna filosofis yang terkandung dalam lampion, betapa pentingnya mendekorasi rumah dengan hiasan Imlek satu ini. Anda tak perlu pusing membuat desain lampion sendiri sebab bisa memilih aneka katalog lampu lampion Imlek secara online. Dapatkan produk berkualitas dengan melakukan transaksi via Bukalapak.com ya!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password