Anda Mengidap Kolesterol Tinggi? Ini Dia Makanan yang Mampu Membantu Untuk Menurunkannya!

4 Makanan yang Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Ada beberapa dari Anda yang sudah mengidap kolesterol? Kolesterol bisa terjadi pada siapa saja. Tidak hanya orang yang lanjut usia, kolesterol juga bisa terjadi pada usia muda. Bila penyakit kolesterol diidap oleh orang yang masih muda, biasanya faktor yang dominan berperan adalah genetik.

Artinya seseorang yang memiliki kerentanan terkena penyakit kolesterol, dapat menurunkan potensi tersebut kepada anaknya. Maka dari itu, pencegahan terhadap kolesterol tinggi tidak saja harus dilakukan oleh orang yang sudah berumur. Orang yang masih berusia belia pun tetap harus berusaha untuk mengantisipasinya dengan menurunkan kadar kolesterol.

Untuk mengurangi kadar kolesterol, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan yang membantu mengurangi kolesterol dalam darah.

Ini dia beberapa makanan yang mampu menurunkan kolesterol.

4 Makanan yang Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Alpukat

Alpukat - 4 Makanan yang Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi - Ohayo.co.id

Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation. Alpukat juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah. Cara mengonsumsinya pun cukup dimakan mentah setelah sebelumnya dicuci sampai bersih terlebih dahulu.

Anda pun dapat mencampurkan alpukat dengan susu coklat rendah lemak. Campuran tersebut akan menjadi jus yang segar untuk dinikmati setelah makan. Namun bila ingin mendapatkan hasil maksimal, hindari mencampur alpukat dengan bahan makanan lain.

Baca juga : Ini Hal yang Harus Dilakukan Pasca Konsumsi Makanan Tinggi Kolesterol

2. Kubis      

Kubis - 4 Makanan yang Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi - Ohayo.co.id

Kubis (brassica oleracea var. capitate) atau yang juga disebut kol, memiliki kandungan air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation. Kandungan mineral kol akan membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan mengontrol tekanan darah tinggi.

Cara mengonsumsi kubis pun cukup mudah. Cuci kubis hingga bersih, lalu bilas dengan air matang. Potong-potong seperlunya, lalu dijus. Air sari kubis diminum sekaligus. Anda bisa melakukannya setiap hari demi hasil yang lebih maksimal.

3. Belimbing manis

belimbing - 4 Makanan yang Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi - Ohayo.co.id

Apa rahasia buah ini sehingga bisa menurunkan tingkat kolesterol? Ternyata seratnya yang tinggi mampu mencegah penyerapan lemak hingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Serat yang tinggi juga memperlancar pencernaan. Sementara kandungan vitamin C dalam jumlah besar juga baik untuk zat anti kanker.

Untuk mendapatkan manfaat dari belimbing manis, Anda bisa mengonsumsinya setiap hari dengan takaran yang pas. Takaran pas yang dimaksud adalah sebanyak dua buah untuk orang dewasa dan masing-masingnya dikonsumsi di waktu pagi serta malam.

Baca juga : 7 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh, Baik untuk Dikonsumsi

4. Bawang putih

Bawang-putih - 4 Makanan yang Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi - Ohayo.co.id

Bawang putih (Allii bulbus) memiliki kandungan aktif s-allyl cysteine, yaitu suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik. Studi di Munich University, Jerman, menemukan bahwa menambahkan bawang putih ke dalam menu makanan dapat menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan. Mengonsumsi bawang putih segar sering jadi masalah bagi banyak orang karena rasa yang tidak enak dan aromanya menyengat. Namun percayalah bawang putih sangat ampuh untuk mengusir kolesterol jahat.

Anda cukup mengonsumsi 1-2 siung bawang putih per hari untuk hasil yang maksimal. Cara pemakaiannya adalah dengan mengiris bawang putih tipis-tipis. Bisa juga dengan dipipihkan dan dibuat bulatan kecil lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari. Bila memakan bawang putih mentah tidak cocok dengan selera, Anda bisa mencoba cara lain. Bawang putih bisa dikreasikan dengan buah-buahan yang enak, menjadi jus kaya manfaat.

Mudah didapatkan bukan? Anda dapat melakukannya secara rutin dan lengkapi dengan asupan nutrisi yang lengkap. Agar hasil maksimal lebih cepat diperoleh, kombinasikan dengan olahraga rutin dan istirahat yang cukup.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password