7 Jenis Makanan Wajib Dikonsumsi Bagi Pekerja Duduk Sepanjang Hari

Ohayo.co.id – Jenis pekerjaan akan mempengaruhi kesehatan dan stamina kita. Terutama bagi mereka yang seringkali duduk seharian sepanjang hari. Para pekerja ini memiliki risiko inflamasi dan juga peradangan yang cukup tinggi. Duduk terlalu lama bahkan hingga berjam-jam memberi efek buruk terhadap kesehatan kita. Namun, untuk menghindari berbagai resiko yang ada, imbangi dengan jenis makanan wajib dikonsumsi bagi pekerja duduk.

Dampak buruk dari duduk seharian di depan komputer yakni terganggunya organ pencernaan. Agar tidak mengganggu kesehatan kita, tetaplah aktif dalam bergerak dan memilih makanan yang sehat. Gerakan-gerakan sederhana memang akan membantu mengurangi resiko tersebut seperti naik turun tangga. Berikut merupakan jenis makanan yang wajib untuk dikonsumsi.

7 Jenis Makanan Wajib Dikonsumsi Bagi Pekerja Duduk

  1. Berry

7 Jenis Makanan Wajib Dikonsumsi Bagi Pekerja Duduk Sepanjang Hari - Ohayo.co.id

Mengonsumsi buah berry secara teratur bisa mengurangi inflamasi. Hal ini ternyata telah terbukti karena adanya kandungan flavonoid yang bisa mematikan gen inflamasi. Buah berry juga memiliki vitamin C dan resvetarol yang bisa menangkal radikal bebas. Mengonsumsi berry dengan buah lainnya sebagai menu sarapan anda tentu sangat berguna bagi ketahanan tubuh. Khususnya bagi anda yang sehari-harinya bekerja sambil duduk, wajib rasanya mengkonsumsi buah satu ini.

  1. Kacang

7 Jenis Makanan Wajib Dikonsumsi Bagi Pekerja Duduk Sepanjang Hari - Ohayo.co.id

Jenis makanan wajib dikonsumsi bagi pekerja duduk adalah kacang. Meskipun tidak sekuat omega 3 hewani, kacang merupakan sumber anti-inflamasi omega 2 dari nabati yang ternyata juga dikenal sebagai ALA. Almond sendiri salah satu sumber terbaik karena kaya akan vitamin E antioksidan yang bisa membantu dalam melindungi sel dari kerusakan oksiatif. Jadikan kacang sebagai jenis makanan yang wajib dikonsumsi saat duduk seharian.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Selama Kerja di Kantor

  1. Nanas

7 Jenis Makanan Wajib Dikonsumsi Bagi Pekerja Duduk Sepanjang Hari - Ohayo.co.id

Berikutnya, buah nanas menjadi salah satu buah yang bagus untuk para pekerja duduk sepanjang hari. Mengapa? Nanas memiliki kandungan anti inflamasi kuat yang disebut sebagai bromelain. Daging dari nanas yang manis juga bisa membantu tubuh kita dalam mengurangi adanya peradangan. Anda bisa mengolah buah nanas dengan berbagai macam resep.

  1. Minyak Zaitun

7 Jenis Makanan Wajib Dikonsumsi Bagi Pekerja Duduk Sepanjang Hari - Ohayo.co.id

Karena adanya kemampuan dalam melawan peradangan, minyak zaitun menjadi salah satu jenis makanan wajib dikonsumsi bagi pekerja duduk. Minyak zaitun bisa mencegah adanya produksi enzim inflamaasi COX1 dan COX2. Minyak zaitun ini bisa memangkas adanya risiko penyakit kardiovaskular serta membantu penurunan berat badan karena penumpukan lemak.

  1. Kunyit

7 Jenis Makanan Wajib Dikonsumsi Bagi Pekerja Duduk Sepanjang Hari - Ohayo.co.id

Kandungan senyawa aktif yang dimiliki kunyit menjadi sifat anti inflamasi dan juga antioksidan. Kunyit memang sangat baik menjadi salah satu menu diet. Cara mengonsumsinya bisa digunakan sebagai bahan masakan lainnya. Misalnya seperti dibuat sayuran atau masakan tradisional.

Baca Juga : Ini Bahaya Kesehatan yang Sangat Beresiko Bagi Pekerja Kantoran

  1. Bawang Putih

7 Jenis Makanan Wajib Dikonsumsi Bagi Pekerja Duduk Sepanjang Hari - Ohayo.co.id

Tidak hanya menjadikan masakan kita lezat tetapi bawang putih yang segar juga bisa mendukung metabolisme gula darah serta membantu mengontrol kadar lemak dalam darah. Jenis makanan wajib dikonsumsi bagi pekerja duduk ini bisa digunakan sebagai bumbu masakan.

  1. Biji Rami

7 Jenis Makanan Wajib Dikonsumsi Bagi Pekerja Duduk Sepanjang Hari - Ohayo.co.id

Berikutnya, biji rami dikenal sebagai sumber potensial lain yang bisa melawan peradangan. Minyak biji rami ini mengandung omega 6 dan omega 9, kalium, vitamin B, lesitin, magnesium, serat hingga adanya 50% omega 3. Biji rami memiliki kandungan omega 3 yang lebih banyak jika dibandingkan dengan minyak ikan.

Beberapa jenis makanan wajib dikonsumsi bagi pekerja duduk ini sebaiknya secara rutin masuk dalam menu makanan sehari-hari. Mengingat jenis pekerjaan yang memiliki risiko tinggi terhadap obesitas, peradangan dan lain sebagainya maka selain aktivitas gerak tubuh jangan segan untuk mengonsumsi jenis makanan yang disarankan. Imbangi dengan banyak minum air mineral dan istirahatkan mata dari layar komputer agar tak mengganggu kesehatan.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password