8 Makanan untuk Penderita Asam Urat Tinggi Agar Selalu Sehat

Makanan untuk Penderita Asam Urat Tinggi Agar Selalu Sehat

Ohayo.co.id – Adanya asam urat tinggi dalam aliran darah dapat menyebabkan penyakit asam urat. Asam urat biasanya membentuk kristal di persendian dan ibu jari kaki yang menyebabkan pembengkakan parah. Untuk mencegah kondisi ini, sangat penting untuk memperhatikan kebiasaan makan Anda. Makan yang sehat dan pengobatan yang tepat dapat membantu Anda mempertahankan asam urat pada tingkat normal. Di bawah ini adalah beberapa makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita asam urat agar kadar asam urat terjaga pada tingkat normal.

Anjuran Makanan untuk Penderita Asam Urat

1. Apel

Makanan untuk Penderita Asam Urat Tinggi - Apel
Foto: Science Friday

Tambahkan apel dalam diet Anda karena apel diperkaya dengan asam malat. Apel dapat menetralkan asam urat dalam aliran darah. Buah ini sangat baik untuk penderita asam urat tinggi jika dikonsumsi setiap hari.

2. Ceri

Makanan untuk Penderita Asam Urat Tinggi - Ceri
Foto: Organic Facts

Ceri memiliki zat anti-inflamasi yang disebut sebagai anthocyanin. Zat ini mampu membantu mengurangi kadar asam urat serta mencegah asam urat mengkristal dan disimpan di sendi. Buah ceri dapat menetralkan asam dan membantu mencegah peradangan dan rasa sakit.

3. Buah-Buahan Beri

Makanan untuk Penderita Asam Urat Tinggi - Beri
Foto: Pixabay

Penderita asam urat dianjurkan untuk mengonsumsi buah beri, terutama stroberi dan blueberry. Buah beri ini diperkaya dengan zat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mencegah kadar asam urat yang tinggi dalam darah.

4. Jeruk Nipis

Makanan untuk Penderita Asam Urat Tinggi - Jeruk Nipis
Foto: Organic Facts

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang merupakan pelarut asam urat. Menambahkan jeruk nipis ke dalam diet harian akan sangat membantu dalam mencegah tingginya kadar asam urat. Peras setengah jus jeruk nipis dalam segelas air dan minum setiap hari.

Baca juga : 5 Jenis Makanan Pantangan Asam Urat Yang Wajib Dihindari

5. Pisang

Makanan untuk Penderita Asam Urat Tinggi - Pisang
Foto: The Independent UK

Tambahkan pisang dalam menu makanan harian untuk penderita asam urat. Dengan rajin makan pisang, maka Anda akan terhindar dari penggumpalan dan penumpukan asam urat di sendi.

6. Tomat, Timun, dan Brokoli

Tomat, Timun, dan Brokoli
Foto: Shutterstock

Konsumsi tomat, mentimun, dan brokoli sebelum Anda mulai makan. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah pembentukan asam urat tinggi dalam darah. Sifat basa yang terkandung di dalamnya dapat membantu menjaga asam urat dalam aliran darah.

7. Produk Susu Rendah Lemak

Produk Susu Rendah Lemak
Foto: Perfect Keto

Cara lain untuk mengobati asam urat tinggi adalah dengan mengonsumsi produk susu rendah lemak dalam diet Anda. Gunakan susu dan yogurt rendah lemak untuk mencegah asam urat tinggi dalam darah.

8. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Foto: The Daily Meal

Mulailah memasak makanan dengan minyak zaitun karena minyak zaitun mengandung sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi yang dapat mempertahankan asam urat pada tingkat normal.

Selain makanan-makanan di atas, penderita asam urat juga perlu minum minuman yang tepat untuk menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Berikut di antaranya.

Baca juga : Jempol Kaki Anda Sering Linu, Apakah Kena Asam Urat? Ketahuilah Ciri-ciri Penyakit Asam Urat Ini

Anjuran Minuman untuk Penderita Asam Urat

1. Air Putih

Air Putih
Foto: Medical Daily

Air putih memang perlu banyak dikonsumsi karena mampu membuang toksin dalam tubuh, termasuk juga kadar asam urat yang berlebihan. Air membantu membuang toksin dari tubuh termasuk kelebihan asam urat. Jadi, minumlah setidaknya 8-9 gelas air setiap hari.

2. Teh hijau

Teh Hijau
Foto: Archana’s Kitchen

Cara lain untuk mengobati asam urat tinggi adalah dengan mengonsumsi teh hijau setiap hari. Teh hijau dapat membantu dalam mengendalikan hiperurisemia atau kadar asam urat yang tinggi dan juga menurunkan risiko terkena asam urat.

3. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel
Foto: Healthline

Cuka sari apel juga bermanfaat bagi orang yang menderita asam urat tinggi. Anda bisa menambahkan 3 sendok teh cuka ke dalam 1 gelas air dan meminumnya 2-3 kali sehari. Minum cuka sari apel dapat membantu mengobati kondisi asam urat tinggi.

Itulah tadi berbagai makanan dan minuman yang baik dan aman untuk penderita asam urat. Anda juga disarankan untuk membatasi konsumsi daging dan makanan laut, serta menghindari makanan purin tinggi seperti jeroan berupa hati, otak, ginjal, dan organ dalam lainnya. Jika Anda merupakan penderita asam urat, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai penanganan penyakit dan menu makan yang cocok untuk Anda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password