5 Makanan Penangkal Nyeri Haid Paling Ampuh Agar Aktivitasmu Tidak Terhambat

Alami Nyeri Haid? Ini Ragam Makanan yang Menjadi Penangkalnya

Ohayo.co.id – Siklus menstruasi dari seorang wanita adalah periode yang harus diperhatikan. Apalagi jika selama masa pra menstruasi seringkali datang rasa nyeri. Tidak hanya itu biasanya juga ditandai dengan munculnya jerawat di area wajah, punggung menjadi sakit serta emosi tidak stabil. Beberapa permasalahan ini selalu dialami wanita yang akan datang bulan. Terutama rasa nyeri yang sangat mengganggu, atasi dengan makanan penangkal nyeri haid.

Nyeri haid dikarenakan luruhnya ovum pada rahim seorang wanita dan tidak dibuahi. Dinding rahim menjadi berkontraksi dan inilah saat wanita seringkali merasa nyeri pada perut. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa biasa saja dan membiarkannya sembuh sendirinya. Namun jika tidak diatasi bisa menjadi penghambat beraktivitas. Cobalah mengatasinya secara alami dengan makanan penangkal nyeri haid yang ada pada daftar dibawah ini.

5 Makanan Penangkal Nyeri Haid Paling Ampuh

Nyeri pada saat haid terkadang memang tidak tertahankan. Ada beberapa minuman yang diproduksi dan diperuntukkan bagi wanita sebelum serta sesudah mengalami menstruasi. Padahal kita bisa mengatasinya dengan beberapa jenis makanan. Beberapa diantaranya sangat mudah ditemukan.

5 Makanan Penangkal Nyeri Haid Paling Ampuh 

1. Sayuran Hijau

Makanan penangkal nyeri haid yang pertama adalah sayuran hijau. Saat menstruasi, seorang wanita memang mengeluarkan banyak darah. Tubuh membutuhkan nutrisi agar bisa meningkatkan produksi zat besi. Sayuran hijau diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup dan penting bagi tubuh. Misalnya saja seperti sayuran bayam dan sawi diketahui baik untuk mencegah rasa nyeri yang timbul. Konsumsi sebagai makanan pelengkap setiap harinya.

2. Cokelat Hitam

Siapa yang tak suka dengan cokelat? Ternyata tidak hanya membuat mood kita menjadi baik kembali tetapi, cokelat juga merupakan makanan penangkal nyeri haid. Ada kandungan antioksidan serta serotonin yang membuat perasaan kita semakin bahagia. Pasti seorang wanita yang sedang mengalami menstruasi merasa lebih sensitif. Untuk mengatasinya, makan cokelat sebagai menu dessert sangat baik dan pilihan tepat.

Baca Juga : Tips Sederhana Meredakan Nyeri Haid di Hari Pertama

5 Makanan Penangkal Nyeri Haid Paling Ampuh 

3. Pisang

Buah-buahan memang terkenal dengan kandungan dan vitaminnya. Ada kandungan potasium di buah pisang yang membantu tubuh ketika merasa lelah. Saat menstruasi, tubuh memang menjadi mudah lelah karena mengeluarkan banyak darah. Cara mengatasinya dengan mengonsumsi pisang agar tubuh tetap berenergi dan mampu meningkatkan mood kita.

4. Teh Hijau

Hindari minuman berkafein ketika menstruasi. Tidak hanya makanan penangkal nyeri haid saja tetapi juga ada minuman yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri. Teh hijau dikenal sangat baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau bisa membuat tubuh menjadi lebih segar serta mengembalikan mood yang sempat kacau.

Baca Juga : Cek Tanda Haidmu Gak Normal di Sini!

5 Makanan Penangkal Nyeri Haid Paling Ampuh 

5. Kacang-Kacangan

Makanan penangkal nyeri haid berikutnya adalah kacang-kacangan. Ada kandungan omega-3 yang bisa membantu mengurangi nyeri haid. Tidak hanya itu, ada juga kandungan B6 serta magnesium yang baik untuk tubuh. Kacang-kacangan yang bisa dipilih seperti kenari, almond juga yang lain yang menyehatkan. Jika ingin mencari camilan ketika haid, pilihlah kacang-kacangan yang sudah terbukti mengatasi nyeri haid di perut.

Ada 5 jenis makanan penangkal nyeri haid. Atasi nyeri tersebut secara alami tidak menggunakan obat-obatan yang dikhawatirkan memiliki efek samping negatif. Dengan mengonsumsi makanan sehat ini, kita bisa tetap aktif bergerak, sehat dalam beraktivitas tanpa terhalang rasa nyeri karena datang bulan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri ketika dalam kondisi masa menstruasi.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password