5 Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat Wajib Dicicipi

5 Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat Wajib Dicicipi - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Setiap daerah memang dikenal memiliki kuliner khas tersendiri. Tak terkecuali daerah Purwakarta yang masuk dalam wilayah Jawa Barat. Wilayah ini merupakan kota yang diapit dua kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Bukan sebagai kota besar tetapi memiliki hal unik dan menarik saat kita mengunjunginya. Sebagai ikon Situ Buleud dan Jatiluhur, anda bisa menemukan makanan khas Purwakarta paling lezat.

Kota Purwakarta dikenal sebagai kota industri yang mana terdapat pabrik besar seperti Honda, Indofood hingga Toyota. Nah, cuaca yang panas dan juga kota kabupaten dengan aktivitas cukup padat, anda bisa menikmati menu kuliner andalan ini. Temukan kuliner yang paling anda sukai dalam daftar berikut!

5 Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat

  1. Sate Maranggi

Sate Maranggi - 5 Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat - Ohayo.co.id

Sate Maranggi sama seperti sate biasa tetapi ada sensasi rasa yang beda. Bumbu pada sate maranggi terbilang cukup unik karena terdiri dari bumbu kecap yang dipadukan dengan rasa asam dan cita rasa pedas. Terutama jika anda mencolek bumbu kecap atau kacang yang disediakan dengan sate maranggi. Satu menu lain yang menjadi teman makan sate maranggi adalah ketan bakar yang dicampur bumbu sate. Namun jika menu ini tidak anda sukai, cobalah nasi timbel yang cocok dipadukan dengan sate.

  1. Simping

Simping - 5 Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat - Ohayo.co.id

Nama yang unik bagi mereka yang tak pernah mendengarnya. Makanan khas Purwakarta paling lezat ini merupakan camilan dan sering menjadi oleh-oleh untuk para wisatawan yang berkunjung. makanan ringan ini memiliki bentuk bulat dan tingkat ketebalan yang tidak seberapa tetapi rasanya sangat renyah dan gurih. Makanan khas ini terbuat dari tepung beras yang juga dipadukan dengan beberapa bumbu khas. Warna dari makanan khas ini adalah putih tetapi sekarang juga banyak variasi untuk menarik pembeli.

Baca juga : Cantiknya Air Mancur Sri Baduga Purwakarta!

  1. Peuyeum Bendul

Peuyeum Bendul - 5 Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat - Ohayo.co.id

Berikutnya, makanan khas Purwakarta yang berasal dari singkong difermentasi. Ketika anda memakan peuyeum ini maka ada sensasi asam tetapi masih bisa kita nikmati. Ada keunikan dari kuliner khas ini adalah peuyeum diikat dan digantung sehingga dari jauh bisa terlihat kuat dan keras padahal saat kita memegangnya tentu teksturnya lembut dan empuk. Peuyeum Bendul ini ada di daerah Sukatani dengan harga terjangkau sekitar 700 rupiah saja per kilogram.

  1. Colenak

Colenak - 5 Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat - Ohayo.co.id

Makanan peuyeum dan tape dengan variasi yang berbeda karena dibakar dan diberi bumbu yang manis. Bumbu ini disajikan dengan kelapa parut yang akan memanjakan lidah kita karena sensasi manis dan asam. Konon, nama colenak berasal dari kata dicocol enak. Untuk percaya butuh mencicipinya sendiri, ya? Peuyeum olahan bakar ini bisa anda temukan di daerah Plered dan Bendul dengan harga sekitar 7000 rupiah saja untuk satu porsi.

Baca juga : Mengenal Kecantikan Waduk Buatan Jatiluhur di Purwakarta!

  1. Kerupuk Ro

Kerupuk Ro - 5 Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat - Ohayo.co.id

Kerupuk ini memang lebih dikenal sebagai kerupuk melarat karena digoreng tanpa minyak. Terbuat dari aci singkong dan disangrai serta digoreng menggunakan pasir. Proses yang unik ini membuat cita rasa dari kerupuk Ro memang khas dan berbeda dengan kerupuk lainnya. Cocok digunakan untuk oleh-oleh khas Purwakarta dengan harga yang sangat murah yakni sekitar 7000 hingga 8000 per bungkusnya. Biasanya, kerupuk Ro dilengkapi dengan petis berbungkus plastik kecil dan cocok dijadikan camilan.

Makanan khas Purwakarta paling lezat yang bisa anda temukan dengan mudah di beberapa sentra kuliner. Beberapa diantaranya tergolong makanan ringan yang bisa kita makan sambil bersantai di rumah atau sebagai selingan saat bekerja. Berkunjung ke Purwakarta, jangan lupa untuk menikmati makanan khas yang ditawarkannya.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password