Yuk Gaet Pelancong Domestik Dengan Makanan Khas Pasuruan Ini!

Gaet Pelancong Domestik Dengan Makanan Khas Pasuruan Ini!

Ohayo.co.id – Selain Malang dan Banyuwangi yang telah dikenal dengan keindahan destinasi alam serta kulinernya, Pasuruan tidak kalah dengan kedua daerah tersebut. Anda dapat menambahkan pilihan berwisata ke Pasuruan ke dalam paket wisata Jawa Timur. Daerah ini menyajikan beragam destinasi wisata seperti Taman Safari Prigen yang terletak di Desa Jatiarjo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Kunjungan tersebut akan menjadi bagian menarik saat melintasi wilayah Jawa Timur.

Bahkan hanya itu saja. Pasuruan juga memiliki beberapa sajian khas daerah yang patut direkomendasikan kepada konsumen Anda. Berikut ini beberapa makanan khas Pasuruan yang dapat menjadi magnet para pecinta kuliner Indonesia dari beragam daerah.

Gaet Pelancong Domestik Dengan Makanan Khas Pasuruan Ini!

1. Lontong Kupang

Lontong Kupang - Gaet Pelancong Domestik Dengan Makanan Khas Pasuruan Ini!

Lontong ataupun ketupat sangat sering menjadi bagian dari makanan daerah di Indonesia, salah satunya di Pasuruan ini. Kota yang dikenal sebutan Paravan ini memiliki sajian khas bernama Lontong Kupang. Kupang merupakan sejenis kerang laut berwarna cokelat pucat berukuran sebesar antara biji beras dan biji kedelai yang banyak ditemukan di pesisir pantai utara Jawa Timur.

Selanjutnya, Kupang tersebut oleh warga sekitar diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti Lontong Kupang, Sate Kerang, Pelasan Kupang, dan lain sebagainya. Sajian Lontong Kupang terdiri dari potongan lontong, kupang, lentho, kemudian disiram dengan kuah yang telah diberi bumbu bawang putih, cabe dan bumbu khas masakan di Surabaya yakni petis. Makanan ini sangat kaya gizi sebab Kupang sendiri memiliki beberapa kandungan yang baik bagi tubuh manusia antara lain, Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng).

2. Nasi Punel

Nasi Punel - Gaet Pelancong Domestik Dengan Makanan Khas Pasuruan Ini!

Nasi Punel merupakan salah satu kuliner khas Bangil sebuah kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang bisa dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari. Menurut beberapa sumber, makanan ini berasal dari warga Dusun Bengok, Desa Beji, Kecamatan Beji kabupaten Pasuruan. Pada awalnya, Nasi Punel dijual dengan cara digendong dan dipasarkan dengan berjalan kaki dari satu tempat ke lainnya.

Kelezatan akan masakan ini, menjadikannya populer di kawasan Bangil. Para pengunjung dapat menemukan Nasi Punel di sepanjang jalan raya Bangil. Nasi Punel biasanya disajikan di atas piring beralaskan daun pisang. Makanan ini dilengkapi dengan sate kerang, lentho/menjeng, irisan daging dan kikil serta taburan serundeng di atas nasi. Warung penyedia makanan ini bisa ditemukan di pagi hari.

3. Gulai Kacang Ijo

Gulai Kacang Ijo - Gaet Pelancong Domestik Dengan Makanan Khas Pasuruan Ini!

Bangil merupakan kawasan kuliner di daerah Pasuruan. Anda dapat mengajak para pelancong yang menggunakan jasa travel untuk mendatangi tempat ini. Salah satu makanan unik dari daerah Bangil adalah Gulai Kacang Hijau. Makanan ini mengundang rasa penasaran sebab biasanya kacang hijau diolah menjadi makanan manis.

Gulai Kacang Hijau sendiri terbuat dari tulang kambing yang dimasak menggunakan santan dan tambahan kacang hijau. Ada beberapa rumah makan di Bangil yang menyediakan menu tersebut, seperti Rumah Makan Cairo. Sajian Gulai Kacang Hijau dapat disantap bersama nasi dan sambal.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Pasuruan yang Lagi Hits, Yuk Intip!

4. Rawon Nguling

Rawon Nguling - Gaet Pelancong Domestik Dengan Makanan Khas Pasuruan Ini!

Makanan ini memang mudah didapatkan dari beberapa tempat di Indonesia. Rawon Ngugling memiliki resep khas Pasuruan karena bahan utamanya menggunakan daging sandung lamur dan lutut sapi. Kuahnya yang hitam serta gelap dihasilkan dari rempah kepayang yang telah dipadukan oleh bumbu lainnya.

Bumbu-bumbu tersebut adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan lain untuk menciptakan rasa yang khas. Semangkuk rawon dapat dinikmati dengan menambahkan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang agar menambah citarasa yang khas.

5. Bipang Jangkar

Bipang Jangkar - Gaet Pelancong Domestik Dengan Makanan Khas Pasuruan Ini!

Bipang Jangkar menjadi salah satu oleh-oleh langganan para wisatawan. Makanan manis ini memiliki banyak jenis varian rasa untuk dapat dipilih sesuai kesukaan lidah masing-masing. Dahulunya, Bipang Jangkar dibungkus menggunakan kertas, tapi saat ini telah menggunakan plastik untuk menjaga keawetan makanan agar tidak mudah melempem. Makanan ringan ini berbahan dasar beras kemudian dipanaskan dengan menggunakan suhu yang tinggi sampai mengembang. Kemudian dicampur dengan rasa-rasa pilihan lalu dipotong kotak-kotak.

Lima makanan di atas tentu akan membuat penasaran para pecinta kuliner. Anda dapat dapat menawarkan paket perjalanan ataupun tiket transportasi untuk memudahkan perjalanan konsumen. Dalam hal ini, Anda dapat bekerjasama dengan via.com. Via akan memberikan banyak informasi yang dapat digunakan untuk membuat paket menarik bagi konsumen. Anda dapat mengakses id.via.com untuk mendapatkan informasi paket wisata, tiket kendaraan hingga penginapan sesuai budget konsumen. Daftarkan diri Anda segera sebagai agen wisata di id.via.com untuk mendapatkan segala kemudahan serta keuntungan pada setiap transaksi.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password