5 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Penderita Pilek dan Batuk

Ohayo.co.id – Musim hujan telah tiba dan menyebabkan banyak orang terserang penyakit seperti flu, batuk ataupun pilek. Apalagi udara yang cukup dingin saat musim penghujan ini menyebabkan seseorang menjadi lebih malas beraktivitas dan bahkan terkena masuk angin. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman untuk penderita pilek dan batuk. Apa saja? simak ulasannya berikut ini.

Makanan dan Minuman untuk Penderita Pilek dan Batuk

Menderita batuk pilek memang tidak mengenakkan, apalagi bisa menular pada orang sekitar. Tentunya sangat mengganggu bukan? maka alangkah baiknya pagi penderita pilek dan batuk untuk mengonsumsi jenis makanan atau minuman yang bisa meredakannya, yaitu antara lain :

1. Teh Kapulaga

5 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Penderita Pilek dan Batuk - Ohayo.co.id

Teh kapulaga merupakan salah satu makanan dan minuman untuk penderita pilek dan batuk. Teh yang satu ini merupakan campuran dari kapulaga dan cengkeh yang mampu menghangatkan tubuh. Anda cukup merebus dua atau tiga kapulaga dalam segelas air, tambahkan pula madu secukupnya untuk menambahkan kesan manis alami. Anda bisa meminumnya secara rutin sebelum tidur untuk menghangatkan tubuh dan juga tenggorokan.

Rasa pedas nan pahit pada kapulaga tidak hanya meredakan batuk dan pilek, namun juga bisa mengurangi kejang perut, rematik, menghilangkan bau badan, serta menyembuhkan amandel. Kapulaga juga dipercaya memiliki aroma yang mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks.

2. Kayu Manis

5 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Penderita Pilek dan Batuk - Ohayo.co.id

Kayu manis merupakan makanan dan minuman untuk penderita pilek dan batuk selanjutnya yang bisa Anda konsumsi untuk menghangatkan badan. Cara membuat minuman yang satu ini cukup mudah, yaitu campurkan satu sendok makan bubuk kayu manis dan madu secukupnya dalam segelas air hangat. Selain mengurangi rasa dingin yang ada, kayu manis ini mampu menyegarkan tubuh dan sekaligus mengatasi masuk angin dengan menambahkannya sedikit jahe.

Baca juga : 7 Resep Pelega Tenggorokan Saat Batuk Paling Ampuh dan Murah

3. Makanan Pedas

5 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Penderita Pilek dan Batuk - Ohayo.co.id

Apakah Anda pecinta makanan pedas? apakah Anda tahu bahwa ternyata makanan pedas bisa menjadi makanan dan minuman untuk penderita pilek dan batuk? Hal tersebut karena makanan pedas  bisa memberikan potensi rasa yang lebih besar daripada makanan hambar lainnya. Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan pedas seperti seblak, bakso pedas dan lain sebagainya untuk meredakan batuk pilek ini. Namun jangan terlalu banyak agar lidah tidak terbakar atau mengalami efek buruk lainnya bagi kesehatan. Konsumsilah secukupnya hingga flu sudah dirasa lebih baik.

4. Sayur Sop

5 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Penderita Pilek dan Batuk - Ohayo.co.id

Pasti Anda pernah mengalami batu pilek dan tentunya banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi sayur sop bukan? Pengobatan yang satu ini memang sudah dikenal sejak dahulu kala. Kuah yang panas pada sayur sop memiliki manfaat yang sangat baik, yaitu menghangatkan tubuh. Selain itu, kandungan dari kaldu ayam memiliki zat anti-inflamasi yang mampu menurunkan pembengkakan pada hidung dan juga bagian sinus. Apalagi dengan tambahan sayuran, maka sayur sop menjadi salah satu pilihan makanan dan minuman untuk penderita pilek dan batuk yang sangat tepat, dimana dapat membantu mempercepat pemulihan.

Baca juga : Ini Dia 3 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

5. Cokelat Pahit

5 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Penderita Pilek dan Batuk - Ohayo.co.id

Cokelat pahit atau dark chocolate juga menjadi salah satu makanan dan minuman untuk penderita pilek dan batuk. Dalam cokelat pahit ini terdapat kaya akan kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Anda bisa mengonsumsinya sebagai minuman hangat, serta tambahkan sedikit madu apabila dirasa terlalu pahit. Dengan rasa yang enak, tentunya batuk dan pilek juga akan segera sembuh dan pulih secara cepat.

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa pilihan makanan dan minuman untuk penderita pilek dan batuk yang bisa dicoba di rumah. Anda bisa menyesuaikannya sesuai kondisi dan juga selera masing-masing. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password