Wow! Lukisan di Atas Persawahan Inakadate Jepang ini Akan Buat Kamu Terpukau

Wow! Lukisan di Atas Persawahan Inakadate Jepang ini Akan Buat Kamu Terpukau - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata ‘sawah’? Mungkin akan terbesit tentang petani, padi dan panas. Hampir tak ada yang ingin pergi jauh-jauh hanya untuk melihat sawah, karena kebanyakan sawah hanyalah berupa hamparan lahan yang ditanami padi atau palawija. Tidak ada panorama yang cukup menarik kecuali saat melihatnya di pegunungan.

Hmm, yakin masih berpikir demikian saat melihat sawah satu ini? Inilah sawah yang berada di desa Inakadate, Aomori, Jepang yang menyajikan pemandangan yang tak biasa untuk sawah mereka. Seperti halnya kanvas, hamparan padi di persawahan Inakadate Jepang ini digunakan petani untuk menggambar gambar ukuran raksasa dengan menggunakan padi yang berwarna sebagai pengganti cat. Seni melukis ini sudah ada sejak tahun 1993 dengan menggunakan padi ungu dan kuning untuk membuat sebuah gambar gunung.

Seni padi atau biasa disebut ‘Tanbo Art’ selalu diadakan setiap tahun dan menjadi tujuan wisatawan mancanegara maupun domestik. Setidaknya lebih dari 100.000 wisatawan datang untuk melihat sawah ini, termasuk pada September 2014 Kaisar dan Permaisuri Jepang juga datang untuk melihat seni ini.

Tempat yang tepat untuk melihat keindahan seni ini adalah dengan naik ke dalam kastil tiruan setinggi 22 meter yang dibangun di kantor desa setempat atau dengan menaiki menara observasi ‘Yayoi no sato’.

Wow! Lukisan di Atas Persawahan Inakadate Jepang ini Akan Buat Kamu Terpukau

Sejarah dan Perkembangannya

Sejarah dan Perkembangannya - Wow! Lukisan di Atas Persawahan Inakadate Jepang ini Akan Buat Kamu Terpukau - Ohayo.co.id

Karya seni ini sudah dimulai sejak tahun 1993 oleh masyarakat lokal untuk menghidupkan kembali desa mereka. Padi telah ditanam lebih dari 2000 tahun sehingga sebagai bentuk penghormatan dibuatlah karya seni ini. Petani akan menggunakan setidaknya empat jenis varietas padi dengan galur yang berbeda untuk menciptakan gambar yang menakjubkan.

Awalnya pertani hanya menggambar Gunung Iwaki saja selama 9 tahun, kemudian menggunakan gambar yang lebih rumit lagi untuk lebih menarik minat pengunjung. Karya seni ini mulai diikuti di desa yang lain seperti Yonezawa di Yamagata.

Penanaman Padi

Penanaman Padi - Wow! Lukisan di Atas Persawahan Inakadate Jepang ini Akan Buat Kamu Terpukau - Ohayo.co.id

Penduduk desa akan merundingkan terlebih dahulu gambar apa yang akan digunakan, biasanya dilakukan pada bulan April setiap tahunnya. Setelah menentukan gambar yang akan digunakan kemudian membuat sebuah sketsa kasar dan melihatnya dari sisi atas untuk mengetahui bagian mana yang kurang.

Sekitar 15.000 m2 lahan yang digunakan di Inakadate untuk membuat gambar tersebut. Waktu terbaik untuk melihat keindahan sawah di Inakadate ini adalah pada bulan Juli hingga Agustus karena tanaman padi sudah berwarna seutuhnya.

Baca juga : Jenis Makanan Khas Jepang yang Bisa Bikin Panjang Umur, Apa saja?

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk - Wow! Lukisan di Atas Persawahan Inakadate Jepang ini Akan Buat Kamu Terpukau - Ohayo.co.id

Tanbo Art ini dapat terlihat jelas dengan 2 cara yaitu Tanbo Art pertama dapat dilihat dengan naik di atas menara yang ada di balai desa Inakadate, sedangkan Tanbo Art kedua dengan menaiki menara observasi buatan yang biasa disebut Yayoi-no-sato.

Untuk melihat Tanbo Art yang pertama maka pengunjung dapat menaiki lantai ke 4 dengan biaya tiket ¥300 untuk anak SMP ke atas dan ¥100 untuk anak SD serta gratis untuk anak di bawah 6 tahun atau dapat menaiki lantai ke 6 menara observasi dengan membayar ¥200 untuk anak SMP ke atas, ¥100 untuk anak SD dan gratis untuk anak usia 6 tahun ke bawah. Jika ingin menikmati Tanbo Art kedua maka pengunjung diharuskan membayar ¥300 untuk anak SMP ke atas, ¥100 untuk anak SD dan gratis untuk anak usia 6 tahun ke bawah.

Nah, mengingat Indonesia merupakan negara agraris dan memiliki banyak varietas padi, mengadopsi keindahan Tanbo Art bukanlah hal mustahil. Kita dapat menggunakan beberapa jenis padi seperti padi umum, golden rice, padi merah dan padi hitam untuk ditanam. Ini juga memerlukan koordinasi yang baik sesama petani, sehingga tercipta karya seni yang menarik.

Baca juga : 3 Alasan Mengapa Anda Wajib Berkunjung ke Jepang

Sawah - Wow! Lukisan di Atas Persawahan Inakadate Jepang ini Akan Buat Kamu Terpukau - Ohayo.co.id

Tanaman padi merupakan salah satu tanaman yang suka air di masa-masa mudanya, sehingga perlu pengairan yang baik agar tanaman padi tidak kering dan mudah terserang penyakit. Beberapa daerah mungkin memiliki kendala air sehingga akan menyulitkan dalam perawatan tanaman. Sehingga perlu untuk memompa air cukup dalam untuk mendapatkan air.

PC-268 BIT - Wow! Lukisan di Atas Persawahan Inakadate Jepang ini Akan Buat Kamu Terpukau - Ohayo.co.id

Gunakan pompa air dari SHIMIZU tipe PC-268 BIT yang dapat digunakan pada sumur yang dalam. Pompa dapat menghisap hingga 30 meter dengan daya dorong hingga 60 meter, sehingga cocok digunakan di daerah kering.

Shimizu telah teruji kualitasnya sekaligus mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Yuk nikmati kemudahan dalam menyuplai air bersih di lingkunganmu dengan Shimizu. SHIMIZU, Bintangnya Pompa Air!

Sumber gambar : shimizu, tootlers, nihon-kankou, japan-magazine, en-aomori

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password