Lebih Tahu Tentang Bahan dan Kode pada Pensil

Lebih Tahu Tentang Bahan dan Kode pada Pensil - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Siapa yang tidak mengenal Pensil? Hampir semua orang pernah menggunakan alat tulis yang satu ini, terutama bagi mereka yang merupakan seorang pelajar. Namun, apakah Anda pernah berpikir kira-kira apasih bahan untuk membuat pensil, sehingga pensil dapat mengeluarkan warna hitam mengkilap tersebut? Nah, bagi Anda yang penasaran berikut ini penjelasan mengenai bahan dan kode pada pensil.

Bahan Pembuat Pensil

Pensil yang biasanya kita gunakan sehari-hari tersusun atas beberapa bahan dibawah ini :

– Kayu

Apakah kegunaan kayu yang ada pada pensil? Kayu dalam pensil digunakan sebagai pembungkus untuk grafit dan tanah liat yang ada didalamnya. Hal ini dilakukan agar tangan kita tidak kotor, karena jika tidak maka serpihan dari grafit dapat mengotori tangan kita, dan tentunya membuat tangan kita hitam-hitam.

Pada awalnya, bukanlah kayu yang digunakan sebagai pembungkus, namun kertas yang digunakan untuk membungkus grafit yang ada didalam pensil, namun karena tidak efisien maka orang dulu berusaha menemukan bagaimana agar grafit yang ada didalam pensil dapat dibungkus secara efisien, dan ditemukanlah kayu.

– Grafit

Grafit merupakan sebuah mineral yang tersusun atas atom karbon dengan warna hitam mengkilap. Sifat grafit adalah sangat mudah hancur dan sangat lembut. Pada pensil, grafit inilah yang merupakan warna hitam mengkilap dari pensil tersebut. Maka kegunaan grafit dalam pensil adalah sebagai isi dari pensil sendiri. Dikarenakan sifatnya yang mudah hancur, maka kemudian grafit dicampurkan dengan tanah liat agar komposisinya lebih keras dan tidak mudah hancur/patah.

– Tanah Liat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kegunaan tanah liat dalam pensil adalah untuk membuat komposisi grafit yang lembut dan mudah patah menjadi lebih keras.

Cara Kerja Pensil

Lebih Tahu Tentang Bahan dan Kode pada Pensil - Ohayo.co.id 1

Bagai mana cara kerja pensil? Mungkin itu merupakan pertanyaan yang ada di benak Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa grafit merupakan mineral yang sangat lembut dan mudah hancur menjadi serpihan. Ketika kita menulis di kertas, grafit yang ada di luar pembungkus kayu akan hancur menjadi serpihan yang menempel di kertas tadi.

Arti Kode pada Pensil

Lebih Tahu Tentang Bahan dan Kode pada Pensil - Ohayo.co.id 1

Pernahkah Anda melihat pada bagian atas pensil terdapat kode-kode seperti 2B, HB, 3B, dan lain sebagainya. Ternyata itu bukanlah hanya sekedar kode, melainkan memiliki arti tertentu. B menunjukkan kehitaman yang dihasilkan oleh pensil, sedangkan H menunjukkan kekerasan yang dimiliki oleh pensil. Semakin besar angka yang ada didepan B, maka semakin hitam dan lembut pula pensil tersebut.

Sedangkan semakin besar angka H, maka pensil tersebut semakin keras, namun semakin tipis. Bagaimana caranya? Hal ini dilakukan dengan mengubah komposisi grafit dan tanah liat yang ada didalam pensil. Semakin banyak komposisi grafit dalam pensil maka semakin hitam dan lembut pula pensil tersebut, sedangkan semakin banyak tanah liat yang terdapat dalam komposisi pensil, maka semakin keras dan tipis pula pensil tersebut.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai bahan yang digunakan untuk membuat pensil. Anda jadi bisa memilihkan pensil terbaik untuk Anda, atau mungkin buah hati Anda, bukan? Jangan lewatkan berbagai kesempatan menarik dari Aplikasi Akulaku untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan dengan pembayaran yang bisa dicicil, jadi bisa digunakan untuk membeli peralatan tulis, lengkap dengan kotak pensil bahkan tas untuk perlengkapan sekolah. Jangan lupa, berikan produk terbaik dengan kualitas terbaik untuk anak Anda, yah.

 

Close

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password