Latihan Dasar Fitness Setelah Lama Tidak Olahraga

Ohayo.co.id – Memang bukan perkara yang mudah setelah Anda sudah cukup lama tidak berolahraga untuk memulai olahraga lagi. Tubuh Anda pastinya jadi tidak familiar lagi dengan gerakan – gerakan yang menghentak, tiba – tiba, dan butuh banyak tenaga. Bahkan apabila Anda sudah melakukan pemanasan, tubuh yang tidak pernah digunakan olahraga ini umumnya juga lebih mudah lelah dan letih.

Tetapi jangan pernah menyerah, justru Anda harus menekuninya supaya tubuh Anda bisa jadi lebih fit dan pastinya tidak mudah lelah lagi dengan banyak olahraga. Untuk mengawalinya, Anda bisa melakukan latihan dasar fitness seperti berikut ini.

Latihan Dasar Fitness Setelah Lama Tidak Olahraga

Latihan Dasar Fitness Setelah Lama Tidak Olahraga

Ketahanan kardio

Latihan yang pertama ini mengacu kepada sebaik apa kinerja jantung dan paru – paru Anda dalam memasok oksigen selama latihan fisik. Anda bisa mengujinya dengan melakukan senam, berenang, bersepeda, ataupun berlari keliling rumah selama beberapa menit saja.

Ketahanan otot

Lalu untuk hal yang satu ini nanti otot akan diminta untuk uji ketahanannya dalam menerima tempaan pada saat hadapi tekanan serta latihan berulang – ulang. Anda bisa melatihnya dengan cara naik turun tangga, plank, ataupun push up.

Kekuatan otot

Otot akan dilatih untuk angkat beban dan Anda pastinya juga bisa uji kemampuan otot dengan cara push up, pull up, atau yang sederhana – sederhana saja, misalnya saja dengan membawa barang – barang belanjaan sampai rumah.

Baca Juga : Ini Hal yang Harus Dilakukan Setelah Olahraga Malam Hari

Fleksibilitas

Lalu untuk latihan yang satu ini tubuh Anda akan diajari untuk lebih bisa bergerak lentur, sehingga peredaran darah pun akan jadi lebih lancar lagi dan sendi juga tidak jadi kaku. Lakukan saja gerakan – gerakan yoga yang simpel di rumah atau senam.

Latihan pernafasan

Mengatur pernafasan itu penting peranannya, silahkan coba tarik nafas lalu tahan, kemudian hembuskan. Semakin lamanya Anda bisa menahan dan bisa keluarkan nafas secara perlahan dan santai, maka semakin bagus pula tubuh Anda dalam mengontrol pernafasan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang latihan dasar fitness setelah lama tidak olahraga. Semoga bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar kesehatan?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password