Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Laptop sudah bukan lagi menjadi perangkat yang susah untuk dimiliki. Bahkan masyarakat kalangan menengah ke bawah sudah cukup mudah untuk memiliki sebuah laptop. Ini karena beberapa vendor berlomba-lomba untuk menghadirkan laptop murah namun dengan kualitas yang memuaskan. Tapi terkadang, sebuah laptop juga bisa saja mengalami berbagai masalah. Misalnya saja laptop tidak bisa connect wifi sehingga akan menyulitkan pengguna untuk berselancar di internet.

Masalah seperti ini sebenarnya disebabkan oleh berbagai hal, yang mungkin ada yang tidak disadari pengguna. Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab sekaligus cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi - Ohayo.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali penyebab laptop tidak bisa connect wifi. Bisa dikarenakan pengaturan yang salah, komponen hardware laptop yang bermasalah dan lain sebagainya. Selengkapnya mengenai penyebab laptop tidak terkoneksi ke jaringan wifi antara lain:

  • Laptop tidak dapat connect ke wifi yang pertama disebabkan oleh adanya kerusakan pada hardware. Pada kondisi seperti ini driver tidak dapat dideteksi secara otomatis dan biasanya juga ditandai dengan lampu indikator jaringan yang tidak aktif.
  • Selain itu, tombol wireless network wifi yang belum diaktifkan tentunya juga menjadi penyebab laptop tidak bisa connect wifi. Kondisi yang seperti ini biasanya ditandai dengan lampu indikator jaringan yang tidak menyala.
  • Jika hardware jaringan laptop tidak bermasalah, mungkin permasalahan ada di bagian modem. Cobalah cek modem wifi apakah sudah dihidupkan atau belum. Jika modem dalam keadaan baik biasanya ditandai dengan lampu indikator yang menyala sempurna dan berwarna hijau. Namun jika lampu indikator mati, berwarna merah atau kuning, bisa jadi modem memang bermasalah.
  • Belum menginstall driver ethernet control pada laptop sehingga tidak dapat mendeteksi jaringan wifi.
  • Kesalahan dalam memasukkan password wifi, bisa jadi karena adanya perubahan password.
  • Salah dalam menyetting network connection di laptop. Ini sering terjadi pada pengguna yang suka menggunakan SSH atau proxy yang mana pengaturan network dilakukan secara manual. Jika pengaturan tersebut tidak dirubah seperti semula, tentunya laptop tidak akan biisa menggunakan wifi publick.
  • Salah dalam memilih internet access yang tersedia, sehingga password wifi yang digunakan tentu tidak cocok.
  • Airplane Mode di laptop dalam keadaan aktif yang tentunya akan menghambat laptop mendeteksi jaringan wifi. Airplane Mode ini sendiri biasanya tersedia pada laptop dengan OS 8 ke atas.

Baca juga : Tips Meningkatkan Performa Laptop dengan Pakai SSD

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi - Ohayo.co.id

Setelah mengetahui beberapa penyebab laptop tidak bisa connect wifi di atas, berikutnya adalah cara untuk mengatasinya. Laptop yang tidak bisa terhubung ke wifi biasanya ditandai dengan icon network yang ada di pojok kanan bawah layar terdapat logo tanda seru berwarna kuning. Untuk mengatasinya cukup mudah, terapkan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pada awal tampilan langsung klik menu “Start”, lalu pilih opsi “Control Panel”. Pada tampilan yang muncul klik pada pilihan “Network and Internet”, kemudian klik Network and Sharing Center. Terakhir pilih opsi “Change Adapter Settings”.
  2. Langkah selanjutnya adalah klik kanan pada pilihan Wireless Connection, lalu klik “Properties”.
  3. Pada tampilan pop up baru yang muncul, lakukan double klik pada pilihan “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  4. Pada tampilan selanjutnya silahkan setting dengan mode otomatis. Pilih “Obtain an IP address automatically” dan juga “Obtain DNS server address automatically”.
  5. Jika sudah, langsung klik OK.

Baca juga : Paling Mudah! Inilah 5 Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop atau PC

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi - Ohayo.co.id

Sekarang laptopmu sudah bisa connect ke jaringan wifi, kan? Semoga informasi yang sudah kami bagikan di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password