Lakukan Ini Agar Layar dan Keyboard Laptop Tetap Bersih

Lakukan Ini Agar Layar dan Keyboard Laptop Tetap Bersih - Ohayo.co.id

Ohayo.co.idHarga Asus Vivobook yang relatif murah juga memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin membeli laptop tapi budget terbatas. Kemudahan itu sama halnya dengan kemudahan yang akan Anda peroleh saat merawat laptop. Perawatan diperlukan untuk menjaga performa laptop agar selalu terjaga.

Bagian laptop yang bisa dilihat secara nyata adalah keyboard dan layarnya. Nah, kali ini Anda akan mendapatkan berbagai cara untuk menjaga dan membersihkan keyboard serta layar secara mudah. Laptop yang bersih akan berdampak pada keawetan laptop. Seperti apa  tips-tips lengkapnya, berikut ulasannya :

Lakukan Ini Agar Layar dan Keyboard Laptop Tetap Bersih

1. Matikan pengoperasian laptop

Matikan pengoperasian laptop - Lakukan Ini Agar Layar dan Keyboard Laptop Tetap Bersih - Ohayo.co.id
Foto: Shutterstock

Laptop yang terlalu sering dipakai, akan berakibat pada banyaknya debu yang menempel di permukaan layar dan di atas keyboard. Debu tersebut jika tidak dibersihkan maka akan membuat bertumpuk semakin banyak dan menghalangi hardware untuk bekerja secara optimal, misalnya tombol keyboard menjadi sulit ditekan atau salah satu tombol menjadi tidak berfungsi.

Usaha untuk mengantisipasinya, Anda perlu untuk mematikan laptop terlebih dahulu. Jika sudah dipastikan benar-benar mati, Anda bisa langsung membersihkannya menggunakan cairan secara berkala dan merata di semua sisi keyboard. Jika laptop dalam keadaan mati, maka hal tersebut juga bisa mencegah konslet yang bisa merugikan pengguna.

2. Bersihkan layar laptop

Bersihkan layar laptop - Lakukan Ini Agar Layar dan Keyboard Laptop Tetap Bersih - Ohayo.co.id
Foto: Shutterstock

Harga Asus Vivobook yang terjangkau tentu bukan menjadi hal yang besar bagi Anda. Namun, yang menjadi masalah adalah saat mengoperasikan laptop, bagian yang dituju adalah layar. Jika layar laptop tidak bisa menampilkan gambar dengan baik, maka akan mengganggu aktivitas dalam pengoperasiannya. Oleh karena layar laptop juga tidak kalah penting untuk dibersihkan karena layar akan berdampak pada dead pixel atau titik cahaya yang mati. Dalam hal ini, kotoran pada layar laptop akan lebih mudah terlihat jika laptop dalam keadaan mati.

Baca juga : Rekomendasi Tas Laptop Anti Air Terbaik untuk Perlindungan Laptop Secara Maksimal di Musim Hujan

3. Saat mengoperasikan laptop, hindari makanan dan minuman

Hindari makanan dan minuman - Lakukan Ini Agar Layar dan Keyboard Laptop Tetap Bersih - Ohayo.co.id
Foto: Shutterstock

Saat Anda mulai mengerjakan tugas dengan laptop, penting untuk menghindari semua yang berbentuk cair dan berupa butiran atau serbuk makanan. Hal tersebut untuk mengantisipasi saat cairan tersebut tumpah. Jika tumpah akan mengakibatkan keyboard tertentu tidak berfungsi.

Satu tombol keyboard tidak berfungsi biasanya akan menjalar ke tombol lainnya. Jadi, jangan remehkan masalah kecil pada keyboard. Selain itu serbuk makanan juga bisa jatuh kedalam sela keyboard yang akan membuat keyboard Anda tidak berfungsi normal.

Tentunya jika laptop error pasti mengganggu aktivitas, apalagi jika aktivitas tersebut sangat urgen dan tidak bisa jika tidak dikerjakan. Selain itu, Anda juga harus merogoh koceh yang tidak sedikit untuk memperbaiki kerusakan ke servis laptop. Jadi penting bagi Anda agar menjauhkan makanan dan minuman dari laptop.

4. Bersihkan dengan cairan atau kuas kecil

Bersihkan dengan cairan atau kuas kecil - Ohayo.co.id
Foto: Shutterstock

Harga Asus Vivobook dengan nominal jutaan tentu tidak sebanding dengan harga kuas kecil dan cairan. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk membeli dua item tersebut. Mengapa demikian? Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa untuk membersihkan laptop bisa menggunakan cairan. Namun, jangan langsung memberikan cairan tersebut tersentuh ke laptop.

Anda bisa menggunakan perantara seperti tisu atau kain yang bersih sebagai media penggunaannya. Cairan ini bisa Anda dapatkan di toko-toko aksesoris komputer. Anda juga harus menghindari cairan amonia karena cairan tersebut hanya akan membuat layar laptop menjadi hitam.

Namun, jika Anda merasa takut untuk membersihkannya dengan cairan, Anda bisa mencoba cara lain yaitu dengan kuas kecil dan sapulah secara perlahan.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

5. Pakailah screen protector atau anti gores

Pakailah screen protector - Ohayo.co.id
Foto: Shutterstock

Harga Asus Vivobook seringkali dikonotasikan mahal, namun tidak mahal jika Anda yang mengetahui spesifikasi laptop tersebut. Sehingga agar laptop yang Anda beli senantiasa awet, Anda dapat menggunakan screen protector. Screen protector merupakan salah satu alat yang berfungsi sebagai anti gores.

Sehingga, jika laptop Anda dipasang anti gores, maka layar akan terlindungi dari berbagai goresan hingga debu yang akan membuat laptop terganggu serta mampu memberikan efek baik mengurangi pancaran sinar blue light yang mampu merusak mata. Jadi screen projector ini bisa Anda aplikasikan di layar laptop sebagai pelindung.

Nah, bagaimana? Mudah bukan merawat laptop dengan cara menjaga keyboard dan layarnya agar selalu tampil stylish?

Oiya, untuk Anda yang menghendaki laptop baru bisa langsung menuju Bukalapak.com. Bukalapak sebagai marketplace di Indonesia menyediakan berbagai pilihan produk, tak terkecuali laptop. Harga Asus Vivobook yang ditawarkan juga bervariasi. Anda tinggal pilih laptop sesuai dengan kebutuhan tanpa perlu mengkhawatirkan kualitasnya.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password