Kurma Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa, Ini Alasannya!

Kurma Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa, Ini Alasannya!

Ohayo.co.id – Ramadhan merupakan bulan yang didentikkan dengan buah kurma. Saat ramadhan tiba kepopuleran buah kurma ini mulai bertambah sehingga penjualan kurma ini juga mulai melonjak naik. Pada umumnya masyarakat suka mengkonsumsi buah kurma ini disaat buka puasa dan saat sahur.

Buah yang berasal dari timur tengah ini memang sangat diminati saat bulan puasa. Itu karena kurma memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan terlebih saat kita menjalankan ibadah puasa. Tahukah Anda bahwa ternyata kurma baik dikonsumsi saat berbuka puasa? Tak lain karena manfaat luar biasa yang diberikannya jika dikonsumsi. Selain itu, ada hal lain yang menjadi alasan kenapa kurma baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

Alasan Kurma Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Buah manis ini ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. untuk lebih jelasnya kali ini akan dibahas alasan mengapa kurma baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

Saat menjalani ibadah puasa kita dituntut untuk menahan lapar dan dahaga dari mulai fajar hingga matahari terbenam. Oleh karena itu tubuh kita pasti terasa lemas dan mudah lelah. Hal itu dikarenakan tidak ada pasokan makanan atupun minuman sebagai energi untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Sementara saat bulan puasa kita tetap harus melalukan aktifitas seperti biasa terlebih kita juga harus memperbanyak beribadah.

Kurma baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena memiliki kandungan glukosa, sukrosa dan juga fruktosa yang bisa memberi energi pada tubuh kita setelah seharian berpuasa. Tak hanya itu, buah asal timur tengah ini juga mengandung 23 kalori, kalsium 32 mg, magnesium 35 mg, selenium 1,9 gr, fosfor 40 mg serta potassium 652 gr. Dengan banyak kandungan zat tersebut, kita disarankan untuk mengkonsumsi kurma sebanyak 1-3 butir saat berbuka puasa.

Baca Juga : Selain Kurma, Ternyata Buah Ini Juga Baik untuk Membatalkan Puasa lho

Mineral-mineral yang terkandung dalam kurma itulah yang membuat kurma memang disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Tujuannya untuk menguatkan tulang dan melawan penyakit  pada tulang. Kurma juga mengandung serat larut yang tinggi yang baik untuk pencernaan kita. Saat berbuka puasa umumnya kita akan memakan banyak makanan, kurma akan berperan sebagai pelancar yang baik untuk pencernaan kita sehingga tidak mengalami sembelit pada keesokan paginya.

Pada umumnya kita juga akan merasa letih saat berpuasa dikarenakan kurangnya asupan zat besi dan pasokan energi. Kurma juga mengandung zat besi yang mencegah terjadinya anemia yaitu letih dan lesu saat menjalani puasa. dengan rutin mengkonsumsi kurma, kita akan memiliki kekuatan dan tetap bersemangat menjalani ibadah di bulan ramadhan ini.

Tak hanya itu, kurma juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita saat berpuasa. Kandungan potassium pada kurma inilah yang bisa menjaga kesehatan jantung dan mengurangi dari resiko stroke dan penyakit lainnya pada jantung.

Kurma juga bisa menurunkan kadar kolesterol LDL pada tubuh kita yang biasanya menyebabkan naiknya berat badan dan penyakit kardiovaskular. Itulah yang menyebabkan kurma baik dikonsumsi pada saat berbuka, kita cenderung memakan banyak makanan yang mungkin juga mengandung kolesterol tinggi yang berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga : Buka Puasa dengan Buah yang kaya Air Ini, Apa Saja!

Dengan mengkonsumsi kurma saat berbuka, maka kita bisa mengatasi hal itu dan tetap hidup sehat di bulan ramadhan yang penuh berkah ini. kita harus tetap memperhatikan asupan makanan kita meskipun kita berpuasa.

Itulah beberapa alasan mengapa kurma baik dikonsumsi saat berbuka puasa. kandungan zat-zat mineral dan lainnya itulah yang membuat kurma sangat disarankan menjadi hidangan saat akan berbuka.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password