Fakta Menarik Tentang Kunjungan Raja Salman ke Indonesia

akta Menarik Kunjungan Raja Salman ke Indonesia

Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia merupakan kunjungan bersejarah. Raja Salman akan berada di Tanah Air mulai hari ini 1 Maret hingga 9 Maret. Pemerintah Arab Saudi terakhir kali berkunjung 47 tahun lalu. Saat itu Raja Saudi yang mengunjungi ibu kota pada 1970 adalah Raja Faisal bin Abdulaziz Al Saudi.

Raja Salman yang merupakan raja Arab Saudi ketujuh ini bisa dibilang melakukan persiapan yang cukup heboh untuk kunjungannya ini. Mulai dari memastikan keamanan hingga kenyamanannya. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang kunjungan Raja Salman ke Indonesia:

Tur enam negara di Asia

Kunjungan Raja Salman ke Indonesia merupakan bagian dari tur enam negara di Asia. Sebelum ke Indonesia, Raja Salman berkunjung ke Malaysia terlebih dahulu. Setelah kunjungannya di Indonesia berakhir, Raja dan rombongannya akan mengunjungi Jepang, China, Maladewa dan Yordania.

Bersama 1.500 Delegasi, 112 Resmi

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Raja Salman akan datang bersama 1.500 delegasi. Namun, Arrmanatha Nasir selaku Juru Bicara Kementerian Luar Negeri menyatakan bahwa delegasi resmi yang akan melekat pada Sang Raja tak sampai ribuan orang yaitu 112 orang, termasuk 19 prince (pangeran) dan 7 menteri.

Raja Salman Bawa 19 Pangeran

Raja Salman membawa serta 19 pangeran dalam kunjungannya, setelah sebelumnya disebutkan 25 pangeran.

Kabarnya yang akan turut serta dalam kunjungan Raja ke Indonesia adalah Pangeran Khalid bin Fahd bin Mohammed, Pangeran Mansour bin Saud, Pangeran Mohammed bin Fahd, Pangeran Talal bin Saud, Pangeran Khalid bin Bandar, Pangeran Sattam bin Saud, Pangeran Faisal bin Khalid bin Sultan, Pangeran Mansour bin Muqren, Pangeran Mohammed bin Abdurrahman, Pangeran Ahmed bin Fahd bin Salman, Pangeran Abdulrahman bin Badr, Pangeran Saud bin Salman, Pangeran Naif bin Salman dan Pangeran Rakan bin Salman.

Lebih dari 5.000 personel keamanan dikerahkan

TNI dikabarkan akan mengerahkan sebanyak 6.116 personel untuk mengamankan rombongan Raja Salman selama di Tanah Air. Para petugas tim keamanan gabungan akan ditempatkan di tiga lokasi, yaitu Jakarta, Bogor dan Bali.

Tujuh pesawat

Raja Salman kabarnya terbang menuju Indonesia dengan tujuh pesawat. Di antaranya enam pesawat Boeing dan satu Hercules.

Berlibur di Bali enam hari

Kunjungan resmi Raja Salman di Jakarta rencananya berlangsung pada 1-3 Maret. Sedangkan pada 4-9 Maret, raja dan rombongan akan mengunjungi Bali untuk berlibur dan beristirahat.

Selama enam hari kunjungannya di Bali, sekitar 100 personel keamanan dilaporkan akan melindungi Raja Salman. Liburan Raja ke Bali ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan Arab Saudi ke Pulau Dewata.

Membawa 450 ton kargo

Raja Salman telah dilaporkan mengirim beberapa barang-barangnya sebanyak 450 ton kargo ke Jakarta dan Bali sebelum kunjungannya ini. Kargonya mencakup dua unit Mercedes-Benz S600 dan dua tangga listrik. 63 ton akan dibongkar di Bandara Halim Perdanakusuma, sedangkan sisanya 396 ton akan dibawa ke Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali.

Jamuan nasi kebuli dan buah lokal

Sejumlah menu telah disiapkan pihak Istana Bogor untuk menjamu Sang Raja. Menu wajib yang harus ada salah satunya adalah makanan khas Arab, nasi kebuli. Raja juga meminta agar makanan tinggi serat seperti buah dan sayur untuk turut disajikan.

Selain nasi kebuli, buah, dan sayur, pihak Istana Bogor juga akan menjamu Raja dan delegasinya dengan makanan laut dan camilan khas Indonesia.

Delapan hotel mewah

Raja Salman dan delegasinya akan tinggal di 4 hotel selama kunjungannya di Jakarta, yaitu The Westin Jakarta, Raffles Hotel Jakarta, Ritz-Carlton Jakarta Mega Kuningan dan JW Marriott. Di The Westin Jakarta, 200 kamar telah disewa, dengan harga mulai dari Rp 2.000.000 (US $ 149,91) per malam.

Sedangkan untuk kunjungannya di Bali, 4 hotel mewah di kawasan International Tourism Development Center (ITDC) Nusa Dua telah dipesan, yaitu Hotel The St Regis Resort, The L Resort and Spa, Hilton Bali Resort, dan The Ritz Carlton.

Agenda khusus

Pada 1 Maret 2017, pukul 12.30 WIB, Raja Salman dijadwalkan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma dan disambut Presiden Joko Widodo. Setelah itu, Raja dan Presiden Jokowi menuju Istana Bogor. Barulah sekitar pukul 16.50 WIB, Raja Salman meninggalkan Istana Bogor menuju Jakarta.

Pada hari Kamis, 2 Maret 2017, pukul 13.00 WIB Raja Salman akan melakukan pertemuan dengan Ketua DPR RI Setya Novanto. Raja dijadwalkan untuk memberikan pidato di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Senayan, Jakarta Selatan.

Setelah itu, Raja dan rombongan dijadwalkan akan mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Malam harinya pukul 19.30 WIB, Raja Salman akan menerima Wapres RI Jusuf Kalla di Hotel Raffles, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Baca juga : Ketampanan Pangeran Raja Arab yang Bikin Gagal Fokus

3 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password