7 Kuliner Legendaris Khas Padang Paling Lezat dan Wajib Dicicipi

kuliner legendaris khas Padang

Ohayo.co.id – Indonesia terkenal akan kuliner yang khas dan juga nikmat. Apalagi dengan rempah-rempah yang melimpah kita miliki. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena kelezatan kulinernya adalah alasan dari banyak wisatawan yang berkunjung. Jika selama ini kita hanya mengunggulkan Sate, Soto, Rawon hingga makanan seperti Gado-Gado, yuk ketahui bagaimana kuliner legendaris khas Padang paling lezat ini.

Rendang memang sudah melegenda tetapi masih banyak kuliner yang bisa kita eksplor sebagai kekayaan Indonesia. Makanan dari Kota Padang ini bisa anda temukan atau buat di rumah dengan resep khas. Berikut merupakan daftar kuliner khas dari Padang yang bisa anda coba.

7 Kuliner Legendaris Khas Padang Paling Lezat

  1. Sate Mak Syukur

Kuliner Legendaris Khas Padang

Sate yang satu ini ternyata sudah buka dari sebelum Indonesia merdeka. Dari mulai tahun 1941, Sate Mak Syukur ini merupakan kuliner legendaris yang memliki cita rasa lezat. Pertama kali dibuka di Pasar Padang Panjang dan sudah dipegang generasi ke 2 yakni Haji Syafril Sukur. Sate ini memiliki daging rusuk yang teksturnya lemak dan tidak keras setelah dibakar. Anda bisa menikmati sate yang disiram dengan kuah kuning kental.

  1. Soto Garuda

Kuliner Legendaris Khas Padang

Soto Padang memang menjadi kuliner khas yang akan memanjakan lidah para wisatawan yang berkunjung. Sama seperti sate mak syukur, anda bisa menikmati makanan dari tempat legendaris ini. Kedai Soto yang sudah berdiri sejak tahun 1976. Kuahnya tidak berwarna kuning tetapi bening dan rasanya begitu gurih ditambah dengan harga hanya Rp. 27.000.

  1. Warung Kopi Nan Yo

Kuliner Legendaris Khas Padang

Kuliner Legendaris khas Padang paling lezat berikutnya ialah warung kopi nan yo. Bukan sembarang teh dan kopi yang bisa anda nikmati disini tetapi rasanya memang dinilai paling khas. Tidak ada yang bisa menandingi warung kopi nan yo. Disebut sebagai kedai tertua seantero kota dan masih dijadikan temapt favorit untuk masyarakat sekitar menikmati waktu ngopi.

  1. Restoran Lamun Ombak

Kuliner Legendaris Khas Padang

Baca juga : 7 Kuliner khas Solo ini Wajib Lengkapi Kunjunganmu ke SIPA 2018

Masakan Padang langsung dari kotanya hanya ada di Restoran Lamun Ombak. Orang asli Padang menyebut kuliner khasnya adalah masakan nusantara. Restoran ini menyediakan banyak masakan khas Minang yang enak seperti ikan asam padeh, gulai otak, gulai ati ampela hingga udang balado. Alamatnya ada di Jalan Khatib Sulaiman bilangan Ulak Karang Selatan.

  1. Martabak Kubang Hayuda

Kuliner Legendaris Khas Padang

Baca juga : 7 Kuliner di Surabaya yang Melegenda Paling Enak dan Mantap

Nama lain dari martabak kubang adalah martabak mesir yang memiliki cita rasa lebih pada Timur Tengah dan sentuhan India. Jika anda ingin menikmati martabak ini silakan datang ke tempat Martabak Kubang Hayuda. Sudah beroperasi sejak tahun 1988 dan ada di Tebet, Kali Malang. Ada beberapa menu yang tersedia mulai dari Rp. 36.000.

  1. Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai

Kuliner Legendaris Khas Padang

Baca juga : 7 Kuliner Legendaris di Bandung yang Tetap Eksis Hingga Sekarang

Tidak hanya olahan daging sapi saja yang populer dari Padang tetapi ada juga Gulai itik. Hidangan ini merupakan gulai titik yang dimasak menggunakan campuran cabai hijau. Dalam sehari, Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai bisa menghabiskan 100 ekor itik pada hari libur. Mulai dari proses penyembelihan, pembersihan dan proses memasaknya sudah terjamin dilakukan sendiri oleh si empunya.

  1. Nasi Kapau Uni Lis

Kuliner Legendaris Khas Padang

Nasi ramesnya daerah Padang adalah nasi kapau. Terdiri dari nasi, lauk pauk khas Kapau hingga sambal. Lauknya bisa terdiri dari gulai tunjang, gulai cangcang, gulai babek hingga paruik kabau. Bahkan para pejabat sendiri pun menyukai betul akan masakan dari Nasi Kapau Uni Lis ini. Ada di jalan Pemuda Los Lambuang, Benteng pasar Atas, Guguk Panjang.

Inilah beberapa kuliner legendaris khas Padang paling lezat. Mulai dari Sate Mak Syukur, Soto Garuda hingga Warung Kopi Nan Yo yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Mereka bertahan karena cita rasa yang terjaga.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password