7 Kuliner khas Solo ini Wajib Lengkapi Kunjunganmu ke SIPA 2018

7 Kuliner khas Solo ini Wajib Lengkapi Kunjunganmu ke SIPA 2018 - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Berencana liburan ke Solo bulan September ini? Jangan lewatkan kemeriahan Solo International Performing Arts (SIPA) 2018 yang akan diadakan pada 6-8 September 2018 di Halaman Parkir Benteng Vastenburg mulai pukul 16.00-23.00 WIB. Nikmati kemeriahan Solo International Performing Arts 2018 ini dengan penampilan berbagai kesenian pertunjukkan dari berbagai daerah baik dalam maupun luar negeri.

Nah, berlibur tak lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khas daerah yang kita kunjungi, termasuk saat menyaksikan perhelatan SIPA 2018. Berikut ini adalah tujuh kuliner khas Solo yang wajib kamu cicipi mulai dari makanan, minuman hingga oleh-oleh yang tak boleh terlewatkan selama liburan ke Solo versi via.id.

7 Kuliner khas Solo ini Wajib Lengkapi Kunjunganmu ke SIPA 2018

1. Selat Solo

Selat Solo - 7 Kuliner khas Solo ini Wajib Lengkapi Kunjunganmu ke SIPA 2018 - Ohayo.co.id

Selat Solo merupakan kuliner khas Solo pertama yang wajib kamu cicipi. Makanan ini terdiri dari irisan daging sapi yang telah direbus kemudian dihidangkan lengkap bersama wortel, telur, kentang, buncis yang semuanya direbus dan selada sebagai pelengkap kemudian disiram dengan kuah encer dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap inggris, air serta bumbu pala dan merica. Kuliner satu ini telah menjadi ikon kuliner khas Solo yang utama dan wajib dicoba. Rasa modern klasik manca dan lokal yang ditawarkan akan memanjakan lidahmu.

2. Timlo

Timlo - 7 Kuliner khas Solo ini Wajib Lengkapi Kunjunganmu ke SIPA 2018 - Ohayo.co.id

Kuliner khas Solo selanjutnya adalah Timlo, yang merupakan makanan sejenis sup dengan isian kembang tahu, irisan telur rebus, suwiran daging ayam, bihun yang disajikan bersama kuah bening yang segar. Kuliner satu akan mudah kita jumpai di sekitaran KM 0 Solo. Timlo sangat cocok dihidangkan saat hujan atau cuaca dingin dan bisa juga sebagai makanan untuk sarapan.

Baca juga : Mencari yang Segar Di Solo, Dijamin Anda Ketagihan! (Bagian 1)

3. Sate Buntel

Sate Buntel - 7 Kuliner khas Solo ini Wajib Lengkapi Kunjunganmu ke SIPA 2018 - Ohayo.co.id

Kuliner khas Solo lainnya adalah sate buntel yang merupakan daging kambing cincang yang dililit, kemudian dibakar dan disajikan bersama merica dan kecap manis. Bagi kamu pecinta sate, makanan satu ini wajib kamu cicipi jika liburan ke Solo. Sate ini biasanya disajikan bersama nasi hangat dan disantap selagi hangat. Kamu bisa mencari sate ini di berbagai penjual sate kambing.

4. Sate Kere

Sate Kere - 7 Kuliner khas Solo ini Wajib Lengkapi Kunjunganmu ke SIPA 2018 - Ohayo.co.id

Berbeda dengan sate buntel, sate kere merupakan sajian sate yang berbahan dasar daging ayam yang dipotong kecil (biasanya menggunakan jeroan ayam) dan juga tahu gembus yang dibumbui dengan bumbu sate kemudian dibakar. Penyajian sate ini biasanya menggunakan daun pisang dengan pelengkap lontong sebagai pengganti nasi yang disiram dengan bumbu kacang yang nikmat.

Biasanya makanan ini akan mudah kita jumpai di berbagai sisi kota Solo dengan penjual gendong atau kedai biasa dan harga per-porsinya pun cukup murah yaitu di bawah Rp. 10.000,00.

Baca juga : Kunjungi Solo International Performing Arts? Ini 4 Hal yang Bisa Dilakukan

5. Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih - 7 Kuliner khas Solo ini Wajib Lengkapi Kunjunganmu ke SIPA 2018 - Ohayo.co.id

Kuliner khas Solo lainnya adalah Es Dawet Telasih yang cocok diminum saat cuaca sedang terik. Minuman satu ini memiliki isian cendol, biji selasih, bubur sumsum, tape ketan, bubur ketan hitam yang kemudian disiram dengan santan yang ditambahkan gula jawa cair sebagai pemanisnya.

Es Dawet Telasih ini banyak dijajakan pedagang kaki lima maupun kedai seperti Dawet Telasih Bu Dermi yang menjadi langganan Pak Jokowi. Harga per porsinya pun cukup murah mulai dari Rp. 2.000,00 hingga Rp. 8.000,00 saja.

6. Jamu Tradisional

Jamu Tradisional - 7 Kuliner khas Solo ini Wajib Lengkapi Kunjunganmu ke SIPA 2018 - Ohayo.co.id

Untuk jaga stamina diri, sempatkan untuk minum jamu tradisional yang banyak dijajakan baik penjual gendong atau gerobak. Jamu yang dijajakan pun beragam seperti beras kencur, kunir asem, jamu temulawak, jamu brotowali dan juga jamu cabe puyang. Jamu sangat identic dengan kota Surakarta dan Jawa Tengah, jadi jangan lewatkan untuk cicipi minuman satu ini yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit dan menyegarkan tubuh.

Baca juga : Tempat Wisata di Solo yang Terindah dan Terbaik

7. Serabi Solo

Serabi Solo - 7 Kuliner khas Solo ini Wajib Lengkapi Kunjunganmu ke SIPA 2018 - Ohayo.co.id

Setelah makanan dan minuman saatnya membeli kuliner khas Solo yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Salah satu yang khas adalah Serabi yang merupakan kudapan dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang dengan cetakan apem.

Dengan citarasa yang manis dan gurih dengan tambahan topping seperti irisan pisang, nangka, meses atau keju yang jadikan makanan ini sayang dilewatkan untuk dibawa pulang. Serabi Solo yang cukup terkenal adalah Serabi Notosuman yang terletak di daerah Notokusuman tak jauh dari pasar Klewer meskipun serabi ini telah buka cabang di berbagai daerah.

Itulah tujuh daftar kuliner khas Solo yang wajib kamu coba saat mengunjungi Solo International Performing Arts 2018 di Solo dan jadikan liburan ke Solo menjadi lebih nikmat. Tak hanya mempersiapkan daftar kuliner khas Solo, kamu juga harus mempersiapkan penginapan selama menyaksikan Solo International Performing Arts 2018 hanya bersama via.id.

Dapatkan berbagai promo menarik menginap di berbagai rekomendasi hotel yang sesuai di Solo. Kunjungi via.id/hotels untuk dapatkan detail promo menarik seputar penginapan di Solo dan berbagai tempat menarik di dunia. Yuk tunggu apalagi! Rencanakan liburanmu bersama via.com agar liburanmu menjadi lebih nyaman dan tenang tanpa takut adanya biaya tambahan selama berlibur.

Sumber gambar : beritagar, renjanatuju, sportourism, kulinernasional, primarasa, unileversolutions, thumb

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password