7 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Enak dan Bikin Ketagihan

7 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Enak dan Bikin Ketagihan - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Jawa Timur terkenal akan wisata alam yang beragam serta keunikan-keunikan lainnya. Seperti daya tarik gunung Bromo, ada istiadat yang juga masih kental di beberapa daerah hingga para artis yang berasal dari Jawa Timur diketahui memiliki bakat menarik seperti menyanyi. Salah satu daerah yang menjadi bagian dari Jawa Timur adalah Banyuwangi. Kali ini, deretan kuliner khas Banyuwangi paling enak akan memanjakan lidah kita dengan berbagai cita rasa lezatnya.

Karena Indonesia dikaruniai rempah-rempah yang melimpah, banyak masakan khas yang bisa kita jumpai dan memiliki bumbu sedap. Diracik menggunakan resep yang dijaga turun temurun. Kuliner khas dari Banyuwangi ini bisa menjadi daftar makanan yang harus anda coba saat berkunjung kesana.

7 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Enak

  1. Rujak Soto

Rujak Soto - 7 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Enak dan Bikin Ketagihan - Ohayo.co.id

Tak perlu bingung mengetahui ada makanan dengan dua nama. Rujak Soto bukanlah dua makanan tetapi sebuah masakan yang unik karena mencapur keduanya dan wajib dicoba. Campuran soto dean rujak di dalamnya ada potongan tahu, kangkung, tempe dan kecambah. Bahan-bahan ini dicampur dengan bumbu rujak yang sudah diracik dengan lezat. Yang membedakan dari kuliner lainnya adalah adanya campuran sayuran yang sudah disajikan pada piring serta dilengkapi dengan kuah soto dan jeroan sapi.

  1. Sayur dan Sambal Lucu

Sayur dan Sambal Lucu - 7 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Enak dan Bikin Ketagihan - Ohayo.co.id

Tertawa mendengar namanya? Nama makanan ini ternyata diambil dari bahan dasar dengan nama lucu. Bentuknya mirip dengan tanaman laos yang memiliki daun lebar dan juga tumbuh berkelompok. Kuliner kuno ini hanya bisa dan biasa anda temukan di Desa Kemiren. Cita rasanya unik karena ada mentol dan aroma seperti sirih.

  1. Pecel Pitik

Pecel Pitik - 7 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Enak dan Bikin Ketagihan - Ohayo.co.id

Bukan sembarang pecel karena kuliner ini memiliki bahan dasar ayam kampung muda yang dipanggang dengan kematangan pas. Ayam disuwir serta dipisahkan tulangnya dan dicampur menggunakan bumbu khas dengan kelapa. Tiga bahan ini dimasak hingga meresap ke dalam daging ayam. Kuliner khas Banyuwangi paling enak ini berasal dari suku using yang ada disana. Bukan sembarang kuliner karena memiliki filosofi mendalam, lho!

Baca Juga : Ini Dia Pilihan Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Kekinian Banget

  1. Pindang Koyong

Pindang Koyong - 7 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Enak dan Bikin Ketagihan - Ohayo.co.id

Kuliner yang tidak jauh berbeda dengan masakan ikan sayur atau soto ikan. Kali ini ikannya adalah tongkol dan tenggiri dilengkapi bumbu seperti bawang, lengkuas, cabe hingga jahe. Pindang koyong juga dicampur menggunakan belimbing wuluh yang berfungsi untuk menghilangkan rasa amis ikan. Rasanya yang asam bisa memberi kita sensasi segar.

  1. Sego Tempong

Sego Tempong - 7 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Enak dan Bikin Ketagihan - Ohayo.co.id

Tak lengkap rasanya jika tidak menikmati Sego Tempong ketika ada di Banyuwangi. Kuliner ini begitu khas di kalangan wisatawan dan sangat diandalkan. Terdiri dari nasi dan lauk yang cukup lengkap dan rasa yang begitu gurih ketika kita makan. Selain itu, bagi penyuka cita rasa pedas akan menyukai sego tempong ini karena adanya rasa yang khas.

  1. Sego Cawuk

Sego Cawuk - 7 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Enak dan Bikin Ketagihan - Ohayo.co.id

Dalam bahasa Jawa, cawuk artinya mengambil banyak dan sego artinya nasi. Tetapi dari nama sego cawuk ini memiliki arti yang berbeda. Sego ini campuran dari kelapa muda, jagung muda yang dibakar dan juga bumbu-bumbu didalamnya. Ada proses unik ketika memasak sego cawuk ini yakni nama tekniknya adalah digendam.

Baca Juga : Fakta Unik Wisata Kawah Ijen Banyuwangi yang Belum Banyak Orang Tahu

  1. Jangan Uyah Asem

Jangan Uyah Asem - 7 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Enak dan Bikin Ketagihan - Ohayo.co.id

Yap! Tak lain jangan uyah asem mirip dengan sayur asam namun kali ini berasal dari campuran belimbing wuluh dan ramuan daun wadung dengan cita rasa pedas asam. Nantinya anda bisa menemukan potongan ayam dengan ukuran besar dan rasa yang gurih. Harganya harga berkisar sekitar 10 hingga 15 ribu rupiah saja.

Yuk jelajah makanan dengan menikmati kuliner khas Banyuwangi paling enak ini. Mulai dari rujak soto, pindah koyong, sego tempong dan lain sebagainya. Manakah yang paling menggugah selera anda?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password