Liburan ke Aceh, Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Aceh Ini

5 Kuliner Aceh yang Wajib Dicicipi

Ohayo.co.id – Aceh adalah salah satu destinasi wisata populer di Sumatera. Pasalnya, provinsi yang terletak di ujung Barat Indonesia ini memang memiliki aneka obyek wisata yang memesona. Selain itu, provinsi berjuluk Serambi Mekah ini juga memiliki aneka jenis kuliner yang siap memanjakan lidah Anda. Berikut adalah lima kuliner Aceh yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Aceh.

5 Kuliner Aceh yang Wajib Dicicipi

1. Mie Aceh

Mie Aceh - 5 Kuliner Aceh yang Wajib Dicicipi - Ohayo.co.id

Kuliner pertama yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Aceh adalah mie Aceh. Kuliner ini tentu sudah tidak asing di telinga Anda, karena memang sangat populer tidak hanya di Aceh tetapi hingga di luar Aceh. Mie Aceh pada dasarnya adalah mie yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah.

Adapun mi yang digunakan sebagai bahan dasar masakan ini adalah mie kuning yang berukuran tebal dan berbentuk lurus. Mie Aceh kerap disajikan dengan berbagai pelengkap, misalnya daging sapi, daging kambing, cumi, kepiting atau udang. Mie Aceh bisa disajikan dengan kuah atau tanpa kuah. Paling cocok disantap saat makan malam dalam keadaan panas.

Baca juga : Liburan ke Aceh? Yuk Kunjungi 4 Destinasi Wisata Menarik ini!

2. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap - 5 Kuliner Aceh yang Wajib Dicicipi - Ohayo.co.id

Kuliner kedua yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Aceh adalah ayam tangkap. Yaitu, ayam goreng dengan bumbu rempah-rempah. Cara penyajian ayam tangkap cukup unik, yaitu dengan dipotong kecil-kecil ditutupi dengan daun kari, salam koja, dan pandan yang juga digoreng.

Anda mesti mencari ayam di antara daun-daun tersebut. Itulah mengapa kuliner ini dinamakan ayam tangkap. Namun jangan salah, daun-daun yang menutupi ayam juga bisa dimakan. Rasanya gurih, sementara teksturnya renyah seperti keripik.

3. Sate Matang

Sate Matang - 5 Kuliner Aceh yang Wajib Dicicipi - Ohayo.co.id

Kuliner ketiga yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Aceh adalah sate matang. Kuliner ini dinamakan sate matang karena awal mulanya dijual di wilayah Matang Glumpang Dua, sebuah kecamatan di Kabupaten Bireuen.

Sate ini menggunakan bahan dasar daging kambing yang dipotong dadu, lalu dibumbui dengan rempah-rempah. Sate Matang disajikan dengan kuah kaldu kental yang dibumbui kapulaga, bunga lawang, cengkeh dan merica.

4. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U - 5 Kuliner Aceh yang Wajib Dicicipi - Ohayo.co.id

Kuliner keempat yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Aceh adalah kuah pliek u. Kuliner yang memiliki nama unik ini adalah gulai santan khas pesisir timur Aceh. Bahan utamanya adalah pliek, yaitu ampas pembuatan minyak kelapa. Kuah pliek u biasanya disajikan dengan buah nangka muda, buah pepaya muda, daun melinjo, kacang panjang, rebung kecombrang, buah melinjo, dan udang kecil. Kuliner ini sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap makan nasi.

Baca juga : Wow! Indahnya Eksotisme Pantai Gawu Soyo, Nias Utara

5. Sie Reuboh Puteh

Sie Reuboh Puteh - 5 Kuliner Aceh yang Wajib Dicicipi - Ohayo.co.id

Kuliner kelima yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Aceh adalah Sie Reuboh Puteh. Dalam bahasa Indonesia, Sie Reuboh Puteh berarti daging masak putih. Sesuai dengan namanya, kuliner ini dibuat dengan bahan dasar daging kambing yang direbus dengan bawang putih, cabe rawit, garam, dan cuka, kemudian dilumuri perasan jeruk nipis dan diangin-anginkan selama sehari semalam.

Setelah bumbunya meresap, daging kemudian dipotong-potong lalu digoreng hingga menjadi seperti abon. Citarasa khas Sie Reuboh Puteh berasal dari cuka enau alias cuka gampong yang terbuat dari enau. Kuliner yang satu ini paling nikmat jika disantap panas-panas.

Itulah lima kuliner Aceh yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Aceh. Meski beberapa kuliner tersebut juga tersedia di luar Aceh, menikmatinya di tempat kuliner itu berasal tentu lebih berkesan. Anda bisa mempersiapkan liburan hemat dan berkesan ke Aceh bersama via.com. Situs via.id menyediakan berbagai akomodasi liburan terbaik untuk Anda, mulai dari tiket pesawat, kereta api, penginapan, hingga paket wisata!

Temukan pula promo penerbangan berupa potongan diskon tiket pesawat sebesar 5% ke seluruh Indonesia bersama maskapai Citilink hanya di via.id. Anda juga tidak perlu takut dengan adanya biaya tambahan, karena di via.com Anda hanya membayar harga yang tercantum di situs! Yuk segera rancang liburan berkesan Anda hanya bersama via.com!

Sumber gambar : trip101, goodindonesianfood, makanajib, job-like, blogspot, klikkabar

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password