5 Keunggulan MRT yang Bisa Bikin Kita Beralih ke Transportasi Masal

Keunggulan MRT yang Bisa Bikin Kita Beralih ke Transportasi Masal

Ohayo.co.id – Setelah lama ditunggu, akhirnya proyek transportasi masal terbaru DKI Jakarta pun rampung. Mass Rapid Transit atau MRT Jakarta telah diresmikan dan mulai beroperasi sejak tanggal 24 Maret 2019 lalu.

MRT ini sendiri nantinya diharapkan akan mengurangi kemacetan yang memang sering terjadi di DKI Jakarta. Sehingga masyarakat menjadi lebih mudah bepergian di Ibu Kota.

MRT sendiri merupakan sebuah kereta cepat terpadu yang menggunakan sistem transportasi transit cepat. Saat ini, baru rute Lebak Bulus – Bundaran Hotel Indonesia saja yang beroperasi. Nantinya, rute dan lintasan lanjutannya akan dibuat kembali.

Proyek yang dibangun sejak 10 Oktober 2013 ini akhirnya bisa menjadi transportasi andalan para masyarakat Jakarta.

Sebelum mencoba langsung menaiki MRT, kita lihat dulu beragam keunggulan dari MRT berikut ini.

Keunggulan MRT Jakarta yang Bisa Bikin Kita Beralih ke Transportasi Masal

Keunggulan MRT yang Bisa Bikin Kita Beralih ke Transportasi Masal

1.   Daya Tampung Besar

Satu rangkaian kereta MRT sendiri terdiri dari enam gerbong kereta. Setiap gerbongnya dapat mengangkut sekitar 200 penumpang.

Di jam sibuk, satu kerea bisa mengangkut hingga 1.900 penumpang. Sehingga, diperkirakan akan ada sekitar 174 ribu penumpang MRT per harinya.

Bisa dibayangkan, jika lebih dari 174 ribu penumpang tersebut beralih menggunakan MRT, maka kemacetan Jakarta akan berkurang dengan cukup signifikan.

2.   Waktu Tunggu Singkat dan Tepat Waktu

Di jam sibuk, head way (waktu tunggu antarkereta) akan terjadi selama lima menit sekali. Hal ini agar terjadi efisiensi waktu. Sehingga penumpang tidak menunggu terlalu lama untuk bisa menaiki MRT.

Dengan begitu, ada banyak waktu yang dihemat daripada harus bermacet-macetan naik transportasi konvensional seperti bus, ojek, atau taksi.

Tidak hanya itu, MRT akan tepat waktu. Jika berangkat dari Lebak Bulus pukul 07.00 maka MRT akan tiba di stasiun Bundaran HI pada pukul 07.30.

Baca juga : Barang Yang Wajib Dibawa Saat Bepergian dengan Transportasi Umum

3.   Lebih Cepat Sampai Tujuan

Dengan transportasi biasa, waktu tempuh dari Bundaran HI – Lebak Bulus dan sebaliknya memakan waktu satu setengah hingga dua jam. Tentu sangat menghabiskan waktu, tenaga, dan juga biaya.

Tapi, dengan menggunakan MRT, waktu tempuh yang diperlukan dari Lebak Bulus – Bundaran HI sendiri akan memakan waktu paling lama 30 menit.

Keunggulan MRT yang Bisa Bikin Kita Beralih ke Transportasi Masal

4.   Communication Base Control

MRT juga dilengkapi dengan teknologi terbaru di dunia yaitu Communication Base Control atau CBC. Sinyal CBC sendiri bukan berupa visual. Komunikasi yang digunakan adalah teknologi dari ruang kendali kontrol di Lebak Bulus. Dan sinyalnya ada di kereta dan sepanjang perlintasan.

Dengan begitu, potensi terjadinya human error akan lebih minim. Selain juga tidak akan terjadi gangguan cuaca seperti persinyalan berbasis radio.

Baca juga : Mewah dan Lega, Ini 6 Kelebihan Bus Akap yang Bikin Kamu Betah

5.   Lintasan Tidak Sebidang

Seberapa sering kita harus berhenti dan menunggu kereta lewat karena lintasan mereka sebidang dengan jalan? Seberapa sering juga terjadi kecelakaan diperlintasan kereta api karena rel dan jalan yang sebidang?

MRT memiliki keunggulan di mana jalurnya tidak ada yang sebidang dengan jalan lintasan mobil. Lintasan MRT sendiri berada di atas (elevated section) dan juga di bawah (underground section) jalan konvensional. Sehingga tidak ada gangguan seperti yang disebutkan sebelumnya.

Itulah beberapa keunggulan dari MRT yang baru beroperasi di Jakarta. Dengan beragam keunggulan tersebut, tentu menjadi sebuah alasan yang kuat untuk mulai beralih menggunaan moda transportasi masal, sehingga bisa berkontribusi mengurangi kemacetan Jakarta yang memang sudah terkenal parah.

Semoga pula pekerjaan jalur lanjutannya akan segera selesai dikerjakan. Sehingga lintasan ini akan bisa menjangkau seluruh wilayah Jakarta dan wilayah di sekitarnya.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password