Kamu Penikmat Kopi? Yuk Kunjungi Kebun Kopi Jolong Super Hits ini!

Perkebunan kopi Jolong berlokasi di Desa Jolong, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Perkebunan ini berada pada ketinggian 570-790 mdpl, dengan suhu yang sangat rendah, yakni mencapai 25-32 derajat celcius. Kebun Kopi Jolong memiliki luas area kurang lebih 527 hektar. Dengan luasnya area perkebunan, tentu bisa menjadi ladang eksplorasi bagi wisatawan yang ingin berjalan-jalan sembari menghirup udara segar khas pegunungan. Hadirnya bumi perkemahan di areal perkebunan tentu juga menjadi poin plus bagi kawasan wisata ini. Mendirikan tenda di tengah hamparan pohon kopi akan mengukir cerita tersendiri bagi wisatawan yang ingin menyepi dan menikmati nuansa hening di area ini.

 

Kebun Kopi Jolong merupakan sentra penghasil kopi di kabupaten Pati, sekaligus tempat pengolahan hasil perkebunan kopi yang berkualitas. Sebuah pabrik warisan pemerintah kolonial berdiri kokoh di area perkebunan. Tersimpan aneka alat-alat pengolahan yang telah berusia lanjut, namun tetap kuat menahan gerak laju sang waktu. Mesin-mesin di pabrik pengolahan kopi ini dioperasikan oleh PT.Perkebunan Nusantara IX, yang berkantor di Semarang sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Wisata Kebun Kopi Jolong tidak berdiri sendiri sebagai salah satu destinasi wisata menarik di Pati. Di lokasi tersebut, wisatawan dapat menemukan bumi perkemahan, agrowisata bahkan air terjun Grenjengan nan memesona. Letak kebun kopi yang berada di lereng gunung Muria membuat suasana di tempat ini sangat asri, serta jauh dari polusi. Maka, bagi wisatawan yang ingin rehat sejenak dari himpitan pekerjaan, dapat melabuhkan pilihannya ke kebun kopi legendaris ini.

View this post on Instagram

Di tempat saya memotret ini, kita bisa melihat dua waduk besar yaitu waduk gunung Rowo dan waduk gembong secara bersamaan 😍. Sesekali travellokal bisa mencoba trip ini deh, start nya dari jolong 1 kemudian naik Jeep atau ranger menuju jolong 2 melewati jalur angkut kopi yang lumayan ekstrem 😁. Dan ini masih limited ya gaes☺️☺️☺️ #jolong #kebunkopijolong #jolongpati #jolongpati #kebunbuahnaga #kebunnaga #bukitnaga #eksplorepati #travellokal #patihits #patibumiminatani

A post shared by Beni Ariyanto (@beniariyanto) on

Berbagai fasilitas penunjang didirikan di lokasi wisata ini demi menjamin kenyamanan bagi pengunjung. Wisatawan juga dapat belajar mengenai proses pemanenan kopi dan pengolahan kopi di dalam pabrik melalui paket wisata yang ditawarkan pengelola. Kapan lagi bisa mencicipi sensasi menjadi petani dan pemanen kopi nusantara kalau bukan di kebun kopi ini? Selain itu, tersedia fasilitas outbond bagi pengunjung yang datang bersama rekan-rekan instansi. Pengelola bahkan menyediakan wisma bergaya eropa tempo dulu bagi pengunjung yang ingin bermalam di perkebunan kopi. Semua dipatok dengan harga yang relatif terjangkau bagi kantong pengunjung.

Bagi pengunjung yang lelah berjalan kaki mengitari perkebunan kopi ini dapat menggunakan kendaraan kereta wisata yang dapat disewa dengan harga Rp.300.000,00 berkapasitas penumpang 11 orang. Kereta wisata ini merupakan bekas mobil jeep yang telah dimodifikasi menjadi kereta wisata, sehingga mampu menerjang tanjakan dan kelokan jalan sempit berbatu tepat di bibir jurang yang curam.

Kebun kopi yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda ini memiliki akses jalan yang kurang baik. Meski demikian, pengunjung selalu membanjiri tempat wisata ini setiap harinya. Pengelola menyediakan wisata edukasi mengenai pengolahan kopi bagi wisatawan yang ingin mengetahui bagaimana biji kopi diproses menjadi minuman yang kaya cita rasa. Tentu menjadi catatan tersendiri bagi pengunjung yang jauh-jauh datang ke tempat ini, terutama saat mempertimbangkan usia pabrik pengolahan kopi yang telah mencapai ratusan tahun.

Setelah menikmati sajian alam dan aneka pengetahuan seputar kopi, tak ada salahnya menghirup harumnya aroma kopi khas Jolong. Atmosfer sejuk pegunungan Muria tentu bisa menjadi teman terbaik minum kopi bagi para wisatawan yang datang bertandang.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke kebun kopi Jolong ini di akhir pekan nanti?

 

Penulis: Fitria Yusrifa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password