Kata-Kata Rindu Pacar dari Tokoh Dunia dan Alasan Psikologisnya

Kata-Kata Rindu Pacar dari Tokoh Dunia dan Alasan Psikologisnya

Ohayo.co.id – Mungkin saja kata-kata rindu pacar di zaman yang bukan lagi era para filsuf ini sering disebut dengan istilah gombal atau lebay. Bener gak? Padahal, secara psikologis memang hubungan emosional antar-pasangan dijalin dengan keromantisan berkomikasi. Tetapi terkadang juga istilah gombal atau lebay yang dilontarkan seorang wanita hanyalah sebuah bentuk perisai diri sebagai penutup rasa terkesannya.

Memang rasa rindu tak perlu dibahas tetapi perlu aktualisasi diri. Sayangnya, masih banyak yang salah menyikapi perasaan yang dianggap tak perlu pembahasan ini. Padahal ada sikap dan waktu yang tepat untuk mengekspresikannya dengan memahami rumus cinta yang pernah dijelaskan sekilas pada artikel yang membahas ciri-ciri istri selingkuh.

Alasan Psikologis Rasa Rindu

Makna rindu sangat sederhana, seperti dijelaskan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu keinginan kuat untuk bertemu karena rasa sayang. Meskipun secara psikologis memiliki penjelasan yang cukup panjang berkaitan dengan hormon yang ada di dalam tubuh manusia.

Salah satunya adalah hormon dopamin, merupakan senyawa dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai pengirim sinyal ke dalam otak juga pembawa pesan antar-sel saraf. Hormon inilah yang membuat seseorang merasa bahagia karena jatuh cinta, rindu, motivasi, percaya diri, dsb. Ternyata jika produksi dopamin berlebihan juga berdampak bahaya bagi tubuh. Sama halnya dopamin yang ditimbulkan oleh zat adiktif atau Narkoba, seseorang akan mengalami halusinasi tingkat tinggi, rusaknya konsentrasi dan daya kreativitas berkurang.

Bahaya lainnya dari kadar hormon dopamin yang berlebihan bisa merusak hormon serotinin yaitu hormon yang bekerja untuk menghasilkan rasa tenteram. Seperti seseorang yang kecanduan ponografi tidak merasa tenteram sebelum ia menyaksikan gambar-gambar atau video porno.

Salah satu contoh yang berkaitan dengan topik ini adalah orang yang terlalu merindukan pasangannya secara berlebihan bisa menangis setiap saat ia mengingatnya. Hal ini juga yang mengakibatkan seseorang yang dilanda rasa rindu menjadi tidak enak makan atau tidak nyenyak tidur.

Menurut Gabrielle Lichterman sebagaimana dilansir jadiberita.com (1/17) ada efek yang khas pada seorang wanita ketika merasa rindu. Intensitas perasaan rindu seorang wanita dipengaruhi juga oleh siklus bulanan yang mengakibatkan aktivitas hormon tertentu sehingga seorang wanita akan menjadi lebih sensitif.

4 Fase Rasa Rindu Berdasarkan Teori Hormonolgi

Kata-Kata Rindu Pacar dalam 4 Fase menurut hormonologi

Gabrielle Lichterman sebagai ahli hormon menjelaskan lewat situsnya myhormonology.com berdasarkan pengamatan terhadap seorang wanita sebagai subjek penelitiannya, ia membagi fase rasa rindu menjadi 4 fase.

Minggu Pertama: Rasa Nyaman yang Hilang

Pada fase ini seseorang akan merasa ada suatu simpati yang hilang dan lebih unik dari beberapa orang di sekitarnya. Berdasarkan studi yang juga dimuat Time via merdeka.com (12/16) baik pria maupun wanita yang tengah jatuh cinta dipengaruhi oleh hormon oksitosin yang menciptakan ikatan emosional. Hormon ini juga yang menciptakan tekad untuk setia dalam pikiran seorang pria.

Minggu Kedua: Ingin Dekat tetapi Mencoba Mandiri

Pada fase kedua ini, seseorang yang tengah dilanda rasa rindu menginginkan kehadiran seorang yang dirindukannya. Di saat yang sama, ia sudah mulai mencoba mengatasi rasa rindunya dengan aktivitas sehari-hari karena ada keyakinan untuk bertemu kembali.

Minggu Ketiga: Melampiaskan Rindu dengan Bersosialisasi

Setelah berusaha berpikir positif untuk mandiri tanpa kehadirannya, seseorang yang merasa rindu dalam minggu ketiga biasanya memulai untuk lebih dekat dengan teman, keluarga, mungkin untuk menceritakan apa yang tengah dialaminya. Hati-hati, pada fase ini justru perasaan menjadi semakin sensitif. Misalnya, mendengar lagu yang mengingatkan kehadirannya membuat hati merasa sedih. Terlebih jika hari tersebut merupakan hari yang spesial seperti hari ulang tahun, maka siap-siap rasa kecewa mendesak paru-paru dan hormon dopamin meningkat secara berlebihan sehingga ada perasaan belum bisa merasa bahagia kecuali setelah melihat sosok yang dirindukan.

Minggu Keempat: Tak Sanggup Lagi Sendirian

Setelah fase pertama hingga ketiga, mulai dari munculnya perasaan hingga mencoba untuk bersikap biasa saja. Pada fase terakhir ini seseorang yang merasa rindu cenderung sulit mengendalikan diri, ini disebabkan hormon estrogen yang menurun mengakibatkan tidak stabilnya moderasi yang dilakukan otak dengan suasana hati. Kesabaran dan percaya diri semakin menurun karena pada fase ini seseorang merasa semua masalahnya hanya bisa dihadapi bersama orang yang tengah ia harapkan ada di sampingnya.

Baca juga: Ingin Punya Keluarga Bahagia? Ketahui Tipsnya Di bawah Ini, Yuk!

21 Kata-Kata Rindu Pacar dari Para Tokoh Dunia

Dengan memahami rasa rindu secara ilmiah dan sekelumit fase yang dijelaskan sebelumnya. Maka suatu hal yang wajar ketika seseorang yang tengah dilanda rasa rindu bisa menuturkan kalimat yang begitu romantis, puitis dan mendalam seperti 21 kata romantis dari tokoh-tokoh dunia ini.

“Terkadang, bahasa adalah bunyi kerinduan”

– Simon Van Booy

 

“Menjadi sangat dicintai oleh seseorang memberimu kekuatan, sementara mencintai seseorang secara mendalam memberimu keberanian.”

– Lao Tzu

 

“Selalu ada beberapa kegilaan dalam cinta. Tapi selalu ada beberapa alasan dalam kegilaan.”

– Nietzsche

 

“Adalah cinta, bukan alasan, sesuatu yang lebih kuat dari kematian.”

– Thomas Mann

 

“Ketika satu pria mencintai satu wanita dan satu wanita mencintai satu pria, para malaikat meninggalkan surga dan datang dan duduk di rumah dan bernyanyi untuk sukacita.”

– Sutra Brahma

 

“Dan pada akhirnya, cinta yang kau ambil, sama dengan cinta yang kamu buat. ”

– John Lennon dan Paul McCartney

 

“Anugerahku adalah ketika aku bertemu denganmu di kehidupan ini. Namun itu tak seberapa saat engkau mengatakan aku adalah bagian hidupmu juga.”

― Anthony T. Hincks

 

“Cinta adalah sukacita orang baik, keajaiban orang bijak, kekaguman para Dewa.”

–Plato

 

“Apa yang akan bertahan dari kita adalah cinta.”

– Philip Larkin

 

“… Ada kehangatan Cinta, aliran kerinduan yang berdenyut, bisikan kekasih itu, tak tertahankan — sihir untuk membuat pria paling waras jadi gila.”

– Homer

 

“Laut selalu memenuhi kerinduannya, meskipun untuk apa yang penuh dengan ketidakpastian.”

– Cornelia Funke

 

“Menurut saya, kita tidak pernah bisa berhenti merindukan dan berharap ketika kita masih hidup. Ada hal-hal tertentu yang kita rasa indah dan baik, dan kita pasti merasa lapar untuk itu. ”

– George Eliot

 

“Salah satu kerinduan terdalam dari jiwa manusia harus dilihat.”

― John O’Donohue

 

“Ada ruang antara imajinasi manusia dan pencapaian manusia yang hanya dapat dilalui oleh kerinduannya.”

– Khalil Gibran

 

“Berhenti rindu. Anda meracuni kemudahan hari ini, untuk selalu mencapai di hari esok. ”

– Robin Hobb

 

“Janganlah kerinduan kita membunuh keinginan kita untuk hidup.”

– Jim Elliot

 

“Orang yang paling kamu percayai bisa menjadi seperti orang asing dalam kerinduan mereka …”

– Lynne Reid Banks

 

“Kerinduan lama yang kupikir sudah mati, bangkit dalam diriku seperti nyala api”

–Sam Selvon

 

“Hantu adalah manifestasi dari kerinduan yang begitu lama.”

– Stewart Stafford

 

“Pemisahan cinta dan rindu adalah neraka. ”

– Mark Beauregard

 

“Rangkullah hidup Anda apa adanya dan berhentilah merindukan hal-hal yang tidak dapat Anda temukan.”

– Marty Rubin

Kata-Kata Rindu Pacar dari Tokoh-Tokoh Dunia

Baca juga: Kata-Kata Menjadi Diri Sendiri dari Tokoh-Tokoh Dunia

Demikianlah penjelasan rindu yang memang tak cukup dijelaskan oleh panjangnya kalimat sebagaimana diilustrasikan oleh quote para tokoh dunia di atas.

Oleh karena itu kata-kata rindu pacar atau kalimat apapun yang diungkapkan seseorang yang tengah merasa rindu adalah sebuah ketulusan yang tak dapat dibuat-buat. Tetapi bukan berarti rasa rindu bisa dijadikan alasan untuk pelampiasan hawa nafsu belaka yang hanya membuahkan dekadensi moral. Jika rindu belum memungkinkan diobati dengan pertemuan, maka obat kesementaraannya adalah doa.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password