Jumlah Pemain Sepak Bola, Posisi, Peraturan dan Wasit yang Memimpin

jumlah pemain sepak bola

Sepak bola merupakan olahraga paling populer sejagat raya. Dengan jumlah pemain sepak bola di lapangan mencapai 11 orang setiap klubnya.

Bisa dikatakan hampir setiap hari ada pertandingan sepak bola yang di gelar. Mulai dari level bawah hingga level tertinggi.

Negara-negara yang menjadi pusat perhatian sepak bola terdapat di benua Eropa dengan berbagai klub ternama. Misalkan saja bisa kita sebutkan antara lain, Real Madrid, Barcelona, Juventus, Manchester United dan masih banyak lagi.

Itu sudah menjadi bukti jika olahraga sepak bola merupakan permainan yang begitu diminati dan digemari di dunia.

Jumlah pemain sepak bola di lapangan

Jumlah pemain sepak bola di lapangan

Sebuah olahraga beregu dengan jumlah pemain sepak bola sebelas pemain. Maka dari itu sering juga disebut dengan kesebelasan.

Dari sebelas pemain tersebut setiap pemain mempunyai posisinya masing-masing. Adapun posisi pemain sepak bola sebagai berikut.

Kiper

Penjaga gawang atau disebut juga sebagai kiper dan dalam bahasa inggrisnya adalah Goalkeeper yang sering disingkat menjadi GK.

Karena posisinya sebagai penjaga gawang, tentu pos dia dalam bermain berada di bawah mistar gawang. Tugas utama dari seorang kiper tidak lain dan tidak bukan adalah menjaga dan mengamankan gawang dari bola.

Jangan sampai bola bersarang ke gawang yang ia jaga.

Barisan Belakang

Sering disebut sebagai bek atau defender. Karena dia merupakan pemain belakang, tentu posisinya berada di bagian belakang tepat di depan penjaga gawang.

Bek ini sendiri mempunyai beberapa pos yang ditempati oleh pemain. Tergantung dari strategi sang pelatih dan formasi yang diusung guna melawan musuh saat pertandingan.

Sebutan bek sendiri ada beberapa istilah yang berbeda pada setiap posisinya. Ada sebutan bek sentral, yang artinya menempati pos yang persis di depan penjaga gawang.

Untuk posisi ini sering kita lihat terdapat dua orang yang menempatinya. Sedangkan dua posisi di belakang lainnya disebut dengan wing back atau bek sayap.

Keduanya bertugas untuk membantu pertahanan sekaligus membantu dalam menyerang.

Barisan Tengah

Populer dengan sebutan gelandang atau midfielder. Apabila formasi menggunakan 4-4-2 seorang midfielder akan ditempati oleh dua pemain. Dua pemain sisa sering disebut dengan pemain sayap.

Gelandang bertahan yang ditunjuk bermain untuk membantu tugas seorang bek yang menjaga wilayahnya dari serangan lawan. Sedangkan pemain sayap bertugas memberikan umpan yang manis kepada penyerang guna menyarangkan bola ke gawang lawan.

Selain memberikan umpan, penyerang juga bertugas untuk membantu wing back dalam bertahan saat kondisi timnya sedang diserang oleh lawan.

Penyerang

Tugas seorang striker yaitu menceploskan bola ke gawang musuh. Posisinya pun berada di baris terdepan.

Peraturan sepak bola

Peraturan sepak bola

Baca juga : Bunda, Ternyata Ini Lho Keuntungan Anak Hobi Sepakbola!

Setelah kita mengetahui jumlah pemain sepak bola, kini kita berlanjut membahas tentang peraturan sepak bola.

Dalam setiap pertandingan tentu ada peraturannya. Jika tidak ada peraturan di dalamnya bagaimana seorang pemain mengetahui batasan-batasan yang tidak diperbolehkan dan yang diperbolehkan.

Apabila tidak terdapat peraturan, pertandingan tidak bisa berjalan normal dan menimbulkan kekerasan yang berujung pada kekacauan.

Waktu yang digunakan

Setiap perlombaan tentu mempunyai batas waktu untuk mengakhiri pertandingan. Tidak terkecuali juga pada pertandingan sepak bola.

Adapun peraturan sepak bola pada segi waktu yang digunakan yaitu selama 90 menit yang dibagi dua. Kenapa dibagi dua? Karena dalam pertandingan sepak bola memiliki aturan dua babak.

Setiap babak atau waktu diberi waktu selama 45 menit untuk menyelesaikan pertandingan secara normal. Adapun pertambahan waktu diberikan oleh wasit sekitar 1 menit hingga 5 menit. Pertambahan waktu tersebut diilihat dari seberapa banyak pelanggaran yang terjadi dalam sebuah pertandingan.

Baca juga : 5 Jenis Olahraga untuk Meninggikan Badan Paling Efektif

Bola keluar lapangan

Kondisi dimana bola mengarah keluar lapangan. Lapangan sepak bola sendiri mempunyai aturan panjang 100 – 110 m dan lebar 64 – 75 m.

Apabila bola keluar lapangan, peraturannya adalah pemain pemain melakukan lemparan bola ke dalam.

Posisi Offsite

Posisi dimana seorang penyerang berada di depan bek lawan. Namun posisi tersebut belum terjadi pelanggaran. Pelanggaran akan diberikan jika posisi tersebut belum berubah dan sang penyerang mendapatkan umpan dari teman satu tim.

Tendangan pojok

Sebuah ganjaran yang diberikan ketika sebuah bola keluar yang disebabkan oleh tim sendiri di bagian garis belakang lapangan atau garis yang sejajar dengan gawang.

Pinalti

Hukuman yang diberikan wasit kepada lawan karena pemain dari tim kita melanggar peraturan. Seperti menjatuhkan lawan atau melakukan handsball tepat dibagian kotak sebelas meter.

Jumlah wasit sepak bola

Jumlah wasit sepak bola

Baca juga : Ini Dia Pelanggaran Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah di Dunia Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola terdapat pengadil yang berjumlah tiga orang. Satu sebagai wasit utama di dalam lapangan dan dua lainnya bertugas di pinggir lapangan atau sering disebut sebagai asisten wasit.

Wasit utama menentukan jalannya pertandingan mulai dari waktu yang ditempuh, pelanggaran yang terjadi hingga memberikan penalti ke sebuah kesebelasan.

Sedangkan asisten wasit bertugas untuk memastikan apakah bola masih berada didalam lapangan atau sudah berada di luar garis lapangan.

Tugas kedua dari asisten wasit yaitu menentukan ada atau tidaknya pemain dalam posisi offside ataupun sebaliknya (onside).

Setelah membaca artikel ini tentunya kamu sudah mengetahui perihal jumlah pemain sepak bola. Selain jumlah pemain sepak bola, kamu juga sedikit mengetahui tentang berbagai posisi pemain sepak bola dalam permainan.

Tak cukup hanya disitu saja, dalam artikel ini kamu juga mengetahui peraturan sepak bola yang umum dan perlu diketahui bukan? Terakhir kamu mengetahui juga berapa jumlah wasit sepak bola yang bertugas pada setiap pertandingannya.

Akhir kata, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk dibagikan.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password