Jenis Permainan yang Bantu Atasi Kebiasaan Rewel Anak Usia 2 Tahun

jenis permainan yang bantu atasi kebiasaan rewel

Ohayo.co.id – Moms, Anda pastinya kenal sekali kan dengan istilah terrible two untuk anak usia 2 tahun. Di usia ini anak memaang lagi aktif-aktifnya, sebab ia mulai bis menjaga keseimbangan tubuhnya. Ditambah lagi, anak di usia tersebut juga sangat senany bertanya dan membantah tiap hal yang Anda larang.

Kemudian, apa yang bisa Anda lakukan untuk kurangi moodnya yang terkadang menggebu dan kebiasaan marahnya apabila keinginannya tidak diwujudkan? Moms, bisa kok mengajaknya bermain. Berikut ini ada beberapa jenis permainan menarik untuk bantu atasi kebiasaan rewel dan marah anak usia 2 tahun.

Jenis Permainan yang Bantu Atasi Kebiasaan Rewel Anak Usia 2 Tahun

 

1. Mengajaknya mencari barang-barang yang disembunyikan

Jenis Permainan yang Bantu Atasi Kebiasaan Rewel Anak Usia 2 Tahun

Anak di usia 2 tahun ini memang sedang senang-senangnya mengeksplorasi lingkungannya, sehingga ia akan lebih tertarik apabila dimintai untuk mencari barang-barang yang disembunyikan. Agar lebih seru dan asyik, jangan infokan barang yang akan dicari, tetapi hanya sebutkan ciri – cirinya, sehingga bisa merangsang imajinasi juga daya konsentrasi si kecil.

Apabila si kecil sudah bisa menemukan barangnya, Anda bisa mengajaknya untuk mencari barang lain. Anda boleh kok memberikan reward kecil apabila si kecil bisa temukan semua mainannya. Contohnya saja setelah permainan selesai ajak ia untuk makan es krim kesukaannya.

Baca juga: Daftar Bahan Alami Ampuh Usir Nyamuk yang Aman untuk Anak-Anak

 

2. Bermain petak umpet untuk latih otot kakinya

Jenis Permainan yang Bantu Atasi Kebiasaan Rewel Anak Usia 2 Tahun

Setelah asyik mencari barang-barang, kali ini Anda juga bisa lho, moms meminta si kecil untuk mencarimu. Minta si kecil untuk menutup matanya, lalu hitung hingga 5 – 7 detik, kemudian sembunyi dan biarkan ia mencarimu.

Dia pasti akan tertawa senang pada saat berhasil menemukannya. Agar si kecil makin tertarik dengan permainan tersebut, Anda bisa ganti posisi, yakni kali ini si kecil yang bersembunyi. Tetapi jangan menutup semua mata Anda untuk memastikan lokasi persembunyian si kecil tetap aman. Bergerak dan berlarian di sekitar rumah akan semakin menguatkan otot kaki si kecil.

 

3. Mengajak menyusun balok untuk kuatkan motorik halusnya

Jenis Permainan yang Bantu Atasi Kebiasaan Rewel Anak Usia 2 Tahun

Moms, bisa coba menyiapkan beberapa balok mainan berukuran tak terlalu besar, kemudian mengajak si kecil untuk menyusunnya membentuk sebuah bangunan yang tinggi. Di usianya yang lebih dari 18 bulan tersebut, otot tangannya pasti akan semakin lentur untuk mengambil serta menyusun balok yang ada di sekitarnya. Awalnya balok akan cepat jatuh sebab peletakkan yang masih belum benar, akan tetapi semakin lama si kecil akan semakin tertantang dan buat bentuk yang baru.

Baca juga: Cara Mengajari Anak Membaca yang Paling Efektif, Moms Wajib Tahu!

 

4. Bermain pasir untuk latih imajinasi si kecil

Jenis Permainan yang Bantu Atasi Kebiasaan Rewel Anak Usia 2 Tahun

Anda tak perlu khawatir pakaian dan tangannya akan jadi kotor akibat bermain pasir. Sebab, bermain pasir ini tak hanya bisa melatih motorik halusnya, pada saat si kecil pastinya tak akan berhenti menggenggam dan membentuk pasir sesukanya, pastinya juga akan melatih otot tangannya.

Apabila di sekitar rumah Anda tak ada area bermain pasir, maka Anda bisa menggunakan kinetic sand. Layaknya sebuah pasir pantai sungguhan, kinetic sand ini juga bisa dibentuk dengan mudah sesuai keinginan si kecil. Dengan menggunakan sekop, ember yang tersedia, si kecil pastinya akan bisa mencetak bentuk bola atau membuat istana pasir yang cantik.

Nah, itu dia beberapa jenis permainan yang bantu atasi kebiasan rewel anak usia 2 tahun. Oh iya, buat Anda nih, moms, yang sedang membutuhkan jenis permainan anak agar kegiatan bermain bersama anak nanti jadi lebih seru, Anda bisa kok mencarinya di berbagai marketplace yang ada. Jangan lupa lakukan pembayaran hanya lewat AKULAKU, ya! Agar lebih hemat pakai juga kode voucher “AIDIA 1” untuk dapatkan voucher belanja online senilai Rp 700 ribu rupiah.

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password