Ini Dia Jenis-Jenis Busur Terbaik dari Olahraga Panahan yang Cocok untuk Pemula

Ini Dia Jenis – Jenis Busur Terbaik dari Olahraga Panahan yang Cocok untuk Pemula

Ohayo.co.id – Panahan memang jadi salah satu jenis olahraga yang saat ini lagi hits dan digemari oleh banyak orang. Tak sedikit orang, mulai dari usia muda hingga tua ikut serta terlibat untuk melakukan olahraga yang butuh fokus tinggi tersebut. Khususnya bagi pemula, yang ingin fokus menggeluti olahraga panahan ini lebih baik mengenal dulu perlengkapan yang dibutuhkan, sebelum memulainya, salah satunya adalah busur. Busur yang dijual pada umumnya memiliki banyak sekali jenisnya sesuai dengan fungsinya masing – masing. Di bawah adalah beberapa diantaranya yang lebih cocok untuk digunakan para pemula. Apa saja itu?

Ini Dia Jenis -Jenis Busur Terbaik dari Olahraga Panahan yang Cocok untuk Pemula

Busur panjang atau long bow

Busur panjang atau long bow - Jenis-Jenis Busur Terbaik dari Olahraga Panahan

Ini adalah jenis busur yang bisa dibilang jadi paling tua dibandingkan busur yang lain. Busur tersebut dibuat dari kayu. Memiliki dimensi yang cukup panjang, kira – kira sama dengan tinggi penggunanya. Salah satu varian dari jenis busur ini adalah English Long Bow yang banyak sekali dijumpai di Inggris.

Busur lurus atau flat bow

Busur lurus atau flat bow - Jenis-Jenis Busur Terbaik dari Olahraga Panahan

Ini adalah jenis busur yang punya dahan atau limb yang lebar, dan punya penampang segi empat. Sebab bentuk dahannya, busur tersebut umumnya punya bentuk yang sedikit menyempit di bagian handle, sehingga memungkinkan busur ini dipegang dengan sangat baik. Salah satu varian dari jenis busur tersebut adalah AFB atau American Flat Bow yang jadi dasar dari pengembangan busur recurve.

Baca juga: Rekomendasi Sepatu Olahraga yang Pas Dipakai Saat Traveling

Busur pendek atau short bow

Busur pendek atau short bow - Jenis-Jenis Busur Terbaik dari Olahraga Panahan

Ini adalah desain versi yang paling pendek dari long low atau flat low. Salah satu kelemahan yang dimiliki jenis busur ini yakni tarikannya tidak panjang, mengingat busurnya juga pendek. Oleh sebab itu, jenis busur tersebut juga memiliki jangkauan lebih pendek, tetapi kecepatan yang lebih jika dibandingkan dengan long bow maupun flat bow.

Busur lengkung atau recurve bow

Busur lengkung atau recurve bow - Jenis-Jenis Busur Terbaik dari Olahraga Panahan

Ini adalah jenis busur yang digunakan sebagai standar bagi kompetisi internasional. Busur dengan jenis tersebut memiliki ciri khas berupa bagian dahan yang dibuat melengkung menjauhi pemanah. Bentuk dari busur ini memungkinkan busur tersebut dapat menyimpan tenaga yang sama dengan busur berbentuk lurus dengan panjang busurnya yang lebih pendek. Dibuat dari material yang berkualitas dan sangat ringan, sehingga busur dengan jenis tersebut bisa membantu memperingan tarikan serta kecepatan yang jauh lebih cepat dari jenis busur pada generasi sebelumnya.

Baca juga: 7 Wisata Outbound di Medan Paling Pas untuk Liburan Keluarga

Busur compound atau compound bow

Busur compound atau compound bow - Jenis-Jenis Busur Terbaik dari Olahraga Panahan

Ini adalah jenis busur terakhir yang dibuat berdasarkan teknologi terbaru masa kini, punya arah penembakan yang unik. Jika dibandingkan dengan busur berbentuk lurus dan lengkung yang hanya andalkan tali busur untuk lakukan penembakan, busur dengan jenis ini punya mekanisme katrol yang menjadikannya punya karakteristik unik pada saat penarikan, yakni berat di awal dan ringan di akhir. Selain hal tersebut, dahan pada busur tersebut lebih kaku dibandingkan dengan jenis recurve bow maupun long bow, sehingga busur ini bisa menyimpan serta menyalurkan tenaga yang lebih efisien.

Nah, itulah tadi beberapa jenis busur terbaik dari olahraga panahan yang paling cocok untuk pemula. Untuk mendapatkan busur tersebut Anda bisa membelinya via AKULAKU Kredit Offline, yang hanya bisa dinikmati saat berbelanja di merchant offline yang sudah bermitra dengan aplikasi AKULAKU. Tak hanya bisa lebih menghemat budget, melakukan pembelian dengan cicilan di AKULAKU ini Anda juga tak butuh yang namanya kartu kredit untuk melakukan cicilan. So, tunggu apalagi? Segera beli busur yang Anda pilih dengan cicilan 0% lewat aplikasi AKULAKU sekarang juga!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password