Jenis – Jenis Helm yang Perlu Anda Tahu

Jenis Helm

Ohayo.co.id – Helm adalah barang wajib saat Anda mengendarai motor. Dan helm ini juga merupakan aksesoris berkendara untuk motor. Tanpa menggunakan helm, maka bersiaplah menerima sepucuk surat dari pak polisi jika memang terperangkap tilang.

Sebagai catatan, ternyata helm juga memiliki jenis – jenis tersendiri lho yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan atau pun kebutuhan. Jadi, tak hanya sekedar helm sebagai pelindung kepala saja, sebagian orang juga memperhatikan kenyamanan dan penampilan keren saat menggunakan hem tersebut. Ketahui dulu yuk jenis – jenisnya agar Anda tak salah pilih saat membelinya.

Jenis – Jenis Helm yang Perlu Anda tahu

Shorty helmet

Shorty helmet

Helm satu ini bentuknya unik seperti sebuah topi. Artinya, dibagian depan dan belakangnya mempunyai level ketinggian yang hampir sama. Tetapi karena tingkat keselamatan penggunaan helm ini sangat minim, sehingga kepolisian memutuskan untuk tidak memperbolehkan penggunaannya lagi.

Half face atau open face helmet

open face helmet

Untuk jenis helm yang satu ini umumnya digunakan para penggemar moge, terutama motor Harley Davidson. Helm dengan model tersebut seperti shorty helmet tetapi menutup hingga ke tengkuk kepala. Selain hal tersebut material yang digunakannya juga lebih padat daripada shorty helmet.

¾ modular helmet

¾ modular helmet

Lalu untuk jenis helm yang satu ini memang jadi salah satu helm yang paling banyak dikenakan oleh pengendara motor. Helm tersebut dilengkapi dengan plastik mika dibagian wajah, sehingga dapat melindungi wajah dari debu atau kotoran jalanan. Secara teori helm satu ini dapat memberikan perlindungan kepada bagian depan, samping dan belakang.

Baca Juga : Tips Mudah Belajar Berkendara Mobil Secara Manual

Full face helmet

Full face helmet

Jenis ini bisa melindungi bagian kepala secara menyeluruh mulai belakang, atas, samping, hingga dagu. Kelebihannya adalah bagian kepala 100 persen tertutupi. Mungkin saja karena hal ini pengendara motor akan terasa cepat gerah jika helm tersebut tak dilengkapi dengan ventilasi yang memadai.

Flip up helmet

Flip up helmet

Ini adalah sebuah kombinasi dari helm full face dan ¾ modular. Helm tersebut juga bisa memberikan unsur keren pada pemakainya. Bagian yang melindungi wajah bisa dibuka dan ditutup dengan mudah serta diangkat sehingga membentuk helm modular.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang jenis – jenis helm yang perlu Anda tahu. Semoga bisa bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password