Janin Gagal Berkembang dalam Kandungan, Ini Penyebab yang Perlu Anda Tahu

Janin Gagal Berkembang dalam Kandungan, Ini Penyebab yang Perlu Anda Tahu - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Berada dalam masa kehamilan bagi seorang wanita adalah sebuah anugerah. Sebab ia akan melahirkan anak yang akan menjadi pelengkap dalam keluarga. Ada banyak yang perlu diperhatikan ketika seorang wanita sedang hamil. Terutama soal asupan makanan yang akan berdampak pada kesehatan janin. Tak jarang beberapa kasus keguguran dikarenakan calon ibu tidak menjaga asupan makanan dan kelelahan. Ulasan kali ini mengenai penyebab janin gagal berkembang dalam kandungan.

Karena setiap harinya janin akan mengalami perkembangan. Sampai pada akhirnya nanti di usia kandungan 9 bulan ia berada pada posisi untuk dilahirkan. Hanya saja janin yang gagal berkembang tidak banyak diketahui oleh para calon ibu. Padahal ada beberapa penyebab yang harus diwaspadai agar tak membuat janin dalam kondisi berbahaya atau cacat. Beberapa penyebab yang bisa anda ketahui sebagai berikut.

Penyebab Janin Gagal Berkembang dalam Kandungan

Siapa saja calon orang tau pasti menginginkan yang terbaik bagi bayi yang akan mereka miliki. Bisa tercukupi gizi dan nutrisinya, bisa berkembang dengan baik hingga lahir ke dunia. Penting bagi untuk rutin dalam memeriksakan kehamilannya dari mulai awal hingga jelang persalinan. Hal ini untuk menghindari risiko janin yang gagal berkembang dan juga risiko berbahaya lainnya.

Penyebab janin gagal berkembang dalam kandungan ternyata diketahui sebagai gambaran yang mana kondisi pertumbuhan janin tertunda atau lambat. Di dunia medis hal ini dikenal sebagai istilah IUGR atau Intrauterine Growth Restriction. Orang awam akan lebih paham mengenai pertumbuhan janin yang tertunda. Janin yang mengalami kondisi seperti ini dikarenakan pertumbuhannya tidak sesuai dengan usia dari kehamilan sang ibu. Tumbuh kembang yang lambat menandakan ukuran bayi yang lebih kecil dari ukuran rata-rata pada usia kehamilannya.

Baca juga : Alami Keguguran? Lakukan Tips Ini Supaya Bisa Hamil Lagi

Misalnya saja seorang ibu yang hamil selama 12 minggu, namun ternyata perkembangan janinnya masih pada usia dibawah 12 minggu. Hal ini bisa dipantau mengenai bagaimana perkembangan janin dari usia 1 minggu hingga 40. Hal ini bisa dikarenakan ketika bayi berkemungkinan tidak tumbuh dengan baik saat ia tidak mendapat oksigen serta nutrisi yang dibutuhkannya. Penyebab janin gagal berkembang dalam kandungan lainnya seperti berikut :

1. Kondisi Kesehatan dari Ibu

Janin yang dikatakan terlambat untuk berkembang atau mengalami IUGR jika sang ibu memiliki penyakit jantung, paru-paru, ginjal hingga diabetes. Tidak hanya itu, IUGR ini akan terjadi pada janin saat ibu mengalami preeklampsia pada kehamilan trimester kedua dan juga hipertensi kronis.

Baca juga : Bolehkah Ibu Hamil Berenang? Simak Penjelasannya Agar Tidak Salah Langkah

2. Kelainan Plasenta

Penyebab berikutnya bisa jadi karena adanya kelainan plasenta. Organ ini berfungsi untuk mengirim nutrisi dan juga oksigen untuk janin yang ada dalam kandungan. Kalau bentuk plasenta tidak sempurna maka organnya tidak bisa berfungsi dengan baik. Kondisi ini yang memungkinkan janin mengalami IUGR karena adanya defisiensi nutrisi atau oksigen.

Akibat dari perkembangan yang lambat ini bisa membuat masalah tertentu seperti saat proses persalinan nanti. Kasus seperti ini bisa dideteksi pada usia satu hingga tiga bulan. Jika dibiarkan pada waktu lebih dari tiga bulan maka akan memicu terjadinya keguguran atau bayi yang meninggal dalam kandungan.

Ketahui apa penyebab janin gagal berkembang dalam kandungan. Tak lain agar kita bisa menghindarinya, mengantisipasinya dan memberikan pencegahan terbaik. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi baik pada saat perencanaan kehamilan maupun pada masa kehamilan hingga proses melahirkan nanti.

[Form id=”9″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password