Inspirasi Fashion untuk Kamu Kenakan di Perayaan Imlek

Ohayo.co.id – Perayaan Imlek 2019 bolehlah kita sebut sebagai gerbang pembuka menuju tahun babi tanah. Ada banyak semangat dan optimisme yang tumbuh menjelang dibukanya gerbang menuju kehidupan baru. Dan Imlek pada dasarnya adalah momen dimana kamu berkumpul bersama keluarga sembari menikmati berbagai festival tradisional, makanan lezat, dan menghitung peruntungan tahun ini berdasarkan mekanisme zodiak China.

Sama seperti perayaan lainnya, kamu sekarang ini mungkin sedang mempersiapkan banyak hal, termasuk berbelanja pakaian baru atau memperbarui penampilan. Disadari atau tidak, tahun baru China jadi semacam prime time, alias waktu yang tepat bagimu untuk melakukan semua itu. Dengan memperbarui diri, termasuk pakaian yang melekat di tubuhmu, ada harapan menyembul di sana, dan kamu bisa mulai berdoa supaya hidupmu selalu dinaungi keberuntungan sepanjang tahun.

Apakah kamu termasuk orang yang percaya Imlek sebagai momen yang tepat untuk mengganti hal-hal lama ke hal-hal baru, termasuk pakaian yang kamu koleksi di dalam lemari? Kalau ya, siapapun bisa mulai mempertimbangkan inspirasi fashion imlek di bawah ini untuk dikenakan di sepanjang perayaan tersebut.

Inspirasi Fashion Imlek untuk Kamu Kenakan di Perayaan Imlek 2019

1. Cheongsam: simbol kesejahteraan dan kemakmuran 

Perayaan imlek dan busana khasnya - Inspirasi Fashion Imlek untuk Kamu Kenakan di Perayaan Imlek 2019 - Ohayo.co.id

Foto: Pixabay

Cheongsam menjadi satu jenis pakaian Imlek terpopuler di Indonesia, dan tampaknya semua orang yang merayakan tahun baru Cina tidak pernah alpa memakai pakaian jenis itu ketika hari perayaan tiba. Long dress dengan bagian kerah yang berdiri, warna pakaian yang menyala merah terang, serta belahan terbuka dari mata kaki sampai lutut sebelah kanan; adalah tiga ciri yang menonjol dari Cheongsam.

Dalam sejarahnya, Cheongsam merupakan versi modifikasi dari pakaian serupa yang dikenakan di era dinasti Qing. Di China tahun 1900-an, pakaian tersebut mendapat status sebagai pakaian resmi. Kemakmuran dan kesejahteraan disimbolkan oleh potongan pakaian di kedua sisi.

Panjang pakaian Cheongsam sekaligus menunjukkan status pemakainya. Sederhananya, semakin panjang pakaiannya, maka semakin tidak cocok ia ketika dikenakan kelas pekerja.

2. Jackie Chan dengan “Tang Suit”-nya

Jackie Chan dengan Tang Suit yang jadi pakaian untuk perayaan Imlek - Inspirasi Fashion Imlek untuk Kamu Kenakan di Perayaan Imlek 2019 - Ohayo.co.id

Foto: Flickr/Jared422_80

Tidaklah sulit untuk mengidentifikasi jenis “Tang Suit”, apalagi kalau kamu adalah seorang penggemar beladiri China. Salah satu aktor beladiri kenamaan, Jackie Chen, sering menggunakan jenis pakaian satu ini.

Sesuai dengan namanya, “Tang Suit” merupakan pakaian yang berasal dari dinasti Tang. Tetapi di jaman now orang cenderung menyamakannya dengan jaket. Fleksibilitasnya lumayan tinggi dan bisa dikombinasikan dengan jenis pakaian lain yang berasal dari budaya Barat seperti kaos, misalnya.

Baca juga : Makna Filosofis Lampu Lampion Imlek yang Wajib Anda Tahu

3. Hanfu yang menarik perhatian

Pakaian perayaan Imlek, Hanfu - Inspirasi Fashion Imlek untuk Kamu Kenakan di Perayaan Imlek 2019 - Ohayo.co.id

Foto: Wikimedia Common

Orang-orang Han mendominasi populasi manusia di China sana, dan mereka pun mewarisi pakaian khas yang disebut Hanfu. Pakaian jenis ini mulai dikenal di China sejak tiga ribu tahun lalu. Legenda menyebut bahwa Hanfu adalah pakaian yang dikenakan Yellow Emperor, raja dari segala raja yang pernah hidup di era China kuno.

Satu set Hanfu biasanya terdiri dari tunik yang disebut Yi, yang panjangnya sampai ke lutut, dan biasanya diikat dengan tali; serta rok yang disebut Chang, yang panjangnya mencapai pergelangan kaki. Di negara asalnya, Hanfu dibuat dari sutra yang dicat dengan warna hijau dan merah. Hanfu mengalami evolusi dari tahun ke tahun, seturut dengan perkembangan fesyen.

Warna-warni Hanfu yang cerah dan segar rasanya bakal memberi sentuhan unik untuk koleksi pakaianmu. Versi Hanfu yang lebih modern kadang menawarkan elemen yang lebih menyegarkan, termasuk rok yang lebih pendek dan elemen-elemen fashion yang berasal dari budaya pakaian ala Barat. Jadi kalau kamu mencari pakaian yang menyegarkan, dengan sentuhan ciamik serta enak dilihat, Hanfu mesti masuk ke dalam daftar belanja pakaian baru untuk Imlek.

4. Qipao dengan nuansa Barat

Qipao pakaian perayaan Imlek - Inspirasi Fashion Imlek untuk Kamu Kenakan di Perayaan Imlek 2019 - Ohayo.co.id

Foto: Wikimedia Common

Di era dinasti Qing (1644 – 1911), tersebutlah qipao, sebuah pakaian konvensional dengan potongan lurus dan longgar. Dulunya desain qipao terbilang rumit, dimana setiap pola ornamen pakaian disulam ke atas kain. Baru setelah kolonisasi datang ke daratan China di abad ke-19, unsur fashion qipao perlahan-lahan mulai disusupi unsur fashion dari Barat.

Qipao jaman now biasanya didesain untuk pengguna perempuan, sekaligus masih mempertahankan elemen kerah lurus-kaku dan pemakaian kancing kodok. Banyak tipe ornamen pakaian seperti burung phoenix, burung dan bunga masih bisa ditemukan di sebagian besar desain qipao yang beredar di pasaran.

Baca juga : Destinasi Wisata Rekomendasi untuk Merayakan Tahun Baru Cina (Imlek) 2019

Sedikit tips tentang memilih pakaian untuk perayaan Imlek

Keberuntungan, kebahagiaan, dan gairah adalah makna warna merah. Dan ya, warna itu sudah lama identik dengan perayaan Imlek di manapun. Merah dianggap sebagai warna penuh keberuntungan. Karenanya kamu bisa melihat merah dimana-mana ketika Imlek tiba, termasuk di pakaian yang kamu pilih untuk dipakai di hari itu.

Tapi selalu ada keyakinan, bahwa keberuntungan di bawah naungan warna merah dalam khasanah kebudayaan China berarti juga loyalitas dan kesuksesan. Dalam keyakinan semacam itu, orang-orang China cenderung mempercayai bahwa warna merah bisa mengusir ketidakberuntungan dan roh jahat yang mengganggu kehidupan manusia.

Jadinya tips pertama yang patut disebut disini: kalau kebetulan tahun ini shio-mu adalah babi, kenakanlah sesuatu yang berwarna merah, entah itu sabuk merah, kaus kaki merah, sepatu merah, atau pakaian berwarna merah. Bagi orang-orang yang lahir dengan shio babi, pakaian dalam berwarna merah sangat direkomendasikan untuk dibeli tahun ini.

Tips kedua adalah: remaja jaman now selalu dibebaskan untuk mengenakan apapun yang mereka mau untuk perayaan Imlek. Hanya saja sebaiknya kamu mengindari pemakaian busana hitam atau putih. Kedua jenis warna itu identik dengan pemakaman, jadi rasanya tidak bakal elok kalau kamu memilih salah satu dari keduanya untuk busana Imlek. Akan lebih bijak kalau kamu memilih warna yang lebih terang, guna merayakan selebrasi hari raya penuh kegembiraan.

Tips ketiga berkaitan dengan penggunaan aksesori. Kalau ditanya apakah penggunaan aksesori dilarang ketika Imlek tiba, maka jawabannya adalah tidak. Pakaian baru menyimbolkan harapan baru, namun perayaan tahun baru Cina juga berarti penghormatan kepada leluhur atau orang tua yang mendahului kita. Jadi kamu disarankan untuk memakai pernak-pernik yang mungkin dulu pernah dipakai oleh orang tuamu – misalnya: cincin pemberian orang tuamu, atau kalung pemberian nenekmu.

Baca juga : Cap Go Meh yang Kehilangan Rombongan Musisi

Sekitar 1,5 miliar orang dari seluruh negara sedang bersiap menyambut kedatangan tahun babi tanah, dan pada dasarnya hari perayaan itu juga adalah soal bagaimana kamu menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat, sekaligus memberi hadiah terbaik bagi orang-orang terdekat serta berdoa yang baik-baik untuk mereka. Tapi sebelum hari raya tiba, kamu sebaiknya mengingat satu hal lagi: momen yang spesial adalah saat yang pas untuk mengenakan pakaian yang spesial.

Sudah siap memasuki tahun penuh keberuntungan di perayaan Imlek 2019?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password