Yuk Intip Inspirasi Bertanam Sayur dan Buah Menggunakan Berbagai Media Unik Ini!

Inspirasi Bertanam Sayur dan Buah Menggunakan Berbagai Media Unik - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak cara unik untuk bertanam sayur dan buah di rumah? Anda bisa bertanam sayur dengan menggunakan botol bekas, polybag, bambu, batang pisang, atau bisa ditanam secara vertikal. Penasaran bagaimana sajakah cara menanam sayur yang unik tersebut? Simak informasi berikut agar Anda dapat segera mempraktekkannya di rumah!

Inspirasi Bertanam Sayur dan Buah Menggunakan Berbagai Media Unik

1. Menanam Sayuran Menggunakan Bambu

Menanam Sayuran Menggunakan Bambu - Inspirasi Bertanam Sayur dan Buah Menggunakan Berbagai Media Unik - Ohayo.co.id

Penanaman tanaman dengan bambu ini sangat praktis. Bahan material bambu juga tergolong mudah didapatkan. Keuntungan lain membudidayakan tanaman sayur dengan bambu adalah Anda dapat menanam tanaman sayur tersebut secara horizontal atau vertikal. Umumnya jenis tanaman sayur yang bisa dibudidayakan dengan media tanam berupa bambu adalah tanaman dengan usia yang pendek dan juga batang yang tidak terlalu kokoh.

Baca juga : Sebelum Menanam dan Merawat Cabai, Perhatikan Dulu 4 Hal Berikut Ini

2. Memanfaatkan Batang Pisang untuk Bercocok Tanam

Memanfaatkan Batang Pisang untuk Bercocok Tanam - Inspirasi Bertanam Sayur dan Buah Menggunakan Berbagai Media Unik - Ohayo.co.id

Anda bisa menemukan pohon pisang dimanapun karena umumnya Indonesia merupakan surganya pohon pisang. Berbagai jenis pisang dapat tumbuh dan ditemukan di berbagai daerah Indonesia. Batang pada pohon pisang atau yang sering dinamakan dengan gedebog pisang akan sangat bermanfaat sebagai media tanam suatu tanaman, termasuk tanaman sayur.

Batang pisang mengandung pati yang merupakan sumber nutrisi bagi tanaman. Selain itu, batang pisang juga memiliki senyawa saponin dan flavonoid yang akan mendukung pertumbuhan rambut akar pada tanaman, sehingga nantinya tanaman akan lebih mudah dalam menyerap unsur hara dari media tanam. Saponin dan flavonoid tersebut juga berguna menangkal virus yang kerap membawa penyakit pada tanaman sampai gagal tumbuh. Nah, tanaman sayur yang akan bermanfaat dibudidayakan dengan batang pisang diantaranya adalah cabe, tomat, bayam, sawi, kangkung, dan terong.

Baca juga : Cara Jitu Menanam Pohon Rambutan di Dekat Rumah

3. Solusi Bertanam Pada Lahan Sempit dengan Cara Bercocok Tanam Vertikal

Solusi Bertanam Pada Lahan Sempit dengan Cara Bercocok Tanam Vertikal - Inspirasi Bertanam Sayur dan Buah Menggunakan Berbagai Media Unik - Ohayo.co.id

Membudidayakan tanaman sayur atau buah secara vertikal seringkali dipilih karena praktis. Selain karena irit lahan, teknik ini juga akan memperindah rumah Anda secara keseluruhan. Bila dinilai secara estetika, tanaman yang disusun secara vertikal memang lebih eye-catching.

Biasanya media tanam yang dimanfaatkan untuk melakukan penanaman secara vertikal dan sederhana adalah bambu, pipa paralon, atau gerabah. Nah, dari bahan-bahan tersebut pipa paralon lah yang paling banyak digunakan karena pipa paralon memiliki tekstur yang cukup kuat dan tidak mudah lapuk.

Demikianlah sejumlah inspirasi bertanam sayur dan buah menggunakan berbagai media unik ini. Menarik bukan? Anda dapat mencobanya dengan mudah karena beberapa bahan yang dibutuhkan mudah didapatkan. Anda dapat mengisi hari libur dengan bercocok tanam bersama suami dan anak-anak Anda lho. Selain dapat menciptakan kebersamaan, Anda juga dapat mengenalkan beberapa jenis tanaman dan cara merawatnya. Agar aktivitas bercocok tanam bersama keluarga terasa mengasyikan, jangan lupa untuk menjaga kesehatan keluarga Anda dengan asupan nutrisi yang penting.

Salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga aliran darah adalah asam lemak omega 3. Asam lemak tersebut berguna untuk meluruhkan kolesterol jahat yang akan menimbulkan penyumbatan darah dalam pembuluh arteri. Untuk mengatasinya, omega 3 sangat penting untuk dikonsumsi secara rutin. Aliran darah yang lancar akan membantu Anda menjalani berbagai aktivitas seru bersama keluarga tanpa terhambat oleh keluhan akibat kelelahan fisik.

Jika dirasa masih kurang, suplemen makanan Omepros dapat jadi andalan. Dalam tiap kapsul Omepros terdapat kandungan omega 3, 6, 9, EPA, DHA, dan vitamin E dari minyak biji blackcurrant, flaxseed oil, minyak zaitun, juga ikan salmon. Keseimbangan asupan nutrisi sangat penting diperhatikan demi tubuh yang lebih sehat untuk kelancaran aktivitas. Omepros akan membantu Anda memenuhi nutrisi harian dan juga mengurangi risiko penyakit stroke serta jantung. Kandungan alami Omepros berguna melawan kolesterol jahat (LDL) yang kerap mengganggu kelancaran aliran darah. Omepros, balancing your life!

Sumber gambar : superorganik, gadis, idntimes

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password