Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid, Catat Ya Ladies!

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Ohayo.co.id – Ketika Anda merasa benar-benar merasa kesakitan saat menstruasi, hal yang tidak dianjurkan untuk Anda lakukan adalah makan sesuatu yang akan membuat Anda merasa lebih buruk. Merasakan kram perut yang konstan dan mood naik turun sejak saat PMS bisa saja membuat Anda ingin makan apapun yang bisa menenangkan Anda. Tapi hati-hati, ada beberapa makanan yang harus dihindari saat haid. Berikut daftarnya untuk Anda.

Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

1. Makanan & minuman berkafein

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Kafein mungkin membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani hari. Tetapi meminumnya saat menstruasi dapat membuat kram perut Anda bertambah parah. Minum minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi dapat meningkatkan kadar estrogen Anda, yang dapat memperburuk gejala PMS. Jadi, hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein saat Anda sedang haid.

2. Makanan & minuman manis

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Betapa sedapnya makanan berkadar gula tinggi. Namun konsumsi makanan dan minuman manis saat haid dapat mengganggu kadar gula darah alami tubuh Anda. Pada gilirannya, ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang intens dan ketegangan di tubuh Anda sehingga rasa sakit kram meningkat. Membatasi makanan tinggi gula atau menghindari sepenuhnya selama masa menstruasi akan membantu menstabilkan suasana hati Anda dan mengurangi rasa kram.

3. Minuman bersoda

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Minuman bersoda dapat menyebabkan kembung. Dan meskipun meminumnya mungkin baik-baik saja ketika Anda sedang tidak menstruasi, ternyata minum minuman soda pada saat haid dapat membuat rasa kram menjadi lebih intens.

Baca juga : Cara Alami Atasi Nyeri Haid Tak Tertahankan, Wanita Harus Tahu!

4. Alkohol

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Alkohol mungkin bisa membuat nyeri kram menghilang, namun alkohol dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur dan bahkan dapat meningkatkan kadar estrogen. Alkohol juga bersifat diuretik dan dapat menyebabkan menyebabkan kencing terus menerus.

5. Makanan olahan

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Dari tepung hingga biji-bijian, makanan olahan terbuat dari karbohidrat sederhana dan seringnya memiliki satu ton gula tersembunyi. Belum lagi fakta bahwa banyak makanan olahan yang memiliki nilai gizi sangat sedikit, seperti roti putih, sereal, dan nasi. Tetapi, jika tubuh Anda mendambakan roti panggang yang lezat, pilihlah yang berasal dari biji-bijian utuh seperti roti gandum.

6. Daging merah

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Daging merah mungkin terasa lezat, tetapi daging merah juga merupakan makanan yang harus dihindari saat haid karena bisa membuat kram saat haid semakin parah. Hal ini karena daging merah sering mengandung lemak jenuh. Makan daging merah berlemak dapat menyebabkan peradangan di tubuh Anda sehingga menyebabkan kram. Lebih baik makan ikan seperti salmon selama haid karena ikan dipenuhi dengan nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh Anda.

7. Produk susu & es krim

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Susu adalah bagian utama dari diet seimbang, tetapi makan terlalu banyak keju atau terlalu banyak mengonsumsi produk-produk berbasis susu pada saat haid dapat menyebabkan kram semakin memburuk. Faktanya, susu dapat menyebabkan kembung dan diare. Jadi, konsumsi dengan aman dan lupakan makan es krim.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Telat Haid yang Aman dan Ampuh

8. Makanan dengan lemak trans, termasuk gorengan

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Kurangi makanan yang mengandung lemak trans, yang meningkatkan kadar estrogen, untuk mengurangi rasa sakit selama haid. Itu artinya termasuk makanan goreng. Selain itu, hindari makanan dengan minyak sayur terhidrogenasi.

9. Makanan asin

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Terlalu banyak garam memang bukan hal yang baik, terutama dalam hal mengurangi rasa sakit pada saat haid. Lindungi diri Anda dari kembung dengan membatasi asupan garam secara signifikan selama haid, meskipun tidak ada salahnya untuk mengikuti diet rendah garam secara umum.

10. Kacang-kacangan

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Kacang memang makanan sehat. Tapi tahukah Anda bahwa kacang-kacangan juga dapat menyebabkan Anda kembung? Jadi, hindari makan kacang-kacngan seperti buncis, kacang hitam, kacang merah, dan kacang polong saat sedang haid.

Itulah tadi beberapa makanan yang harus dihindari saat haid. Mungkin memang cukup sulit saat berurusan dengan siklus haid sebulan sekali. Alih-alih membiarkan siklus haid Anda menentukan bagaimana hari Anda, pastikan Anda mencoba untuk memiliki diet seimbang selama minggu itu sehingga Anda dapat mengelola rasa kram dengan jauh lebih baik.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password