Ingin Tahu Kenapa iPhone Mahal? Ternyata Ada Alasan Kuat Berikut Ini di Baliknya

kenapa iphone mahal

Kenapa iPhone mahal adalah pertanyaan yang selalu muncul setiap awal kemunculan seri baru atau ketika kamu ingin membeli produk Apple ini. Misalnya iPhone XS Max yang dijual dengan harga lebih dari 20 juta atau lebih mahal daripada kebanyakan motor bebek baru di Indonesia. Bahkan kalau dibandingkan dari tahun ke tahun, tiap seri iPhone baru pasti dibanderol lebih mahal daripada generasi sebelumnya.

Berikut ini jawabannya.

1. Tim Cook selaku direktur menjawab pertanyaan tersebut dengan gampang

Tim Cook

Tim Cook mengemukakan jawabannya dalam sesi tanya-jawab di negeri Paman Sam. Ia menjelaskan bahwa tiap generasi iPhone selalu mengalami peningkatan kapasitas dan kualitas perangkat keras yang dipakai. Peningkatan tersebut menjadikan iPhone dapat menggantikan beberapa perangkat elektronik yang memiliki fungsi sama seperti kamera dan pemutar musik. Pemilik iPhone tidak lagi membeli perangkat elektronik lain dengan fungsi yang sama sehingga belanja perangkat elektronik seseorang dapat lebih hemat dengan membeli iPhone.

Anggapan Tim Cook itu menunjukkan bahwa Apple selalu memberikan inovasi terbaru dan terbaik dalam setiap generasi iPhone. Terlebih lagi untuk pasar Amerika, iPhone dipasarkan dengan bundling kartu operator yang membuat penggunanya tidak perlu membayar mahal dalam satu waktu. Sayangnya, strategi ini tidak berlaku di Indonesia sehingga konsumen harus membayar harga mahal secara penuh di awal pembelian untuk memiliki iPhone.

2. Peningkatan dalam berbagai aspek terus dilakukan, termasuk penampilan iPhone

kenapa iphone mahal tapi laku

Baca juga: iPhone XS Max, Smartphone terbaru yang Bawa Kamera Terbaik di Dunia

Peningkatan fitur iPhone tidak hanya dilakukan dari segi perangkat keras yang digunakan, tetapi juga penampilan. Kita bisa melihat bagaimana iPhone selalu memakai material premium (selain iPhone 4c yang menggunakan casing plastik) berbahan aluminium. Material premium, kombinasi warna memukau sehingga menarik perhatian, dan desain minimalis nan elegan. Kita bisa mengatakan desain iPhone termasuk kategori minimalis karena smartphone ini tidak memiliki banyak tombol yang memperumit aktivitas penggunaannya.

3. Spesifikasi biasa, namun dengan performa yang menyaingi flagship smartphone dari sistem operasi Android

kenapa iphone mahal padahal spek rendah

Baca juga: Ini Lho Kelemahan iPhone yang Buat Orang Enggan Beli!

Banyak smartphone Android dengan kapasitas perangkat keras yang lebih besar daripada iPhone, namun dijual lebih murah. Misalnya saja HP Android dengan RAM sampai 6 GB. Meskipun iPhone hanya memiliki RAM separuhnya, tetapi performa iPhone pun tidak kalah atau bahkan lebih baik. Bagaimana ini bisa terjadi?

Penyebabnya adalah Apple benar-benar melakukan inovasi teknologi sendiri melalui riset. Setiap perangkat keras yang diintegrasikan ke dalam iPhone memiliki susunan yang berbeda daripada smartphone lain. Hasilnya, iPhone memiliki tingkat efisiensi dan efektivitas kerja perangkat keras yang lebih baik. Inilah yang disebut sebagai kualitas premium dalam produk Apple.

4. Kenapa iPhone mahal? Karena jaminan kinerja perangkat lunak

kenapa iphone mahal banget

Baca juga: Intip Spesifikasi dan Keunggulan iPhone Terbaru XS dan XR 2019

Penyematan kualitas premium tidak hanya terjadi pada sisi perangkat keras iPhone. Apple juga selalu melakukan pembenahan di sektor perangkat lunak dengan memberikan jaminan perangkat lunak yang dipakai di iPhone bisa berjalan tanpa gangguan. Produk-produk smartphone lain biasanya memberikan jaminan berupa dukungan kinerja perangkat lunak selama empat tahun.

Sementara itu, Apple memberi dukungan kinerja perangkat lunak hingga empat tahun. Itu artinya, kamu tidak perlu lagi takut ketinggalan update versi software karena smartphone yang sudah berumur.

5. Jaminan keamanan

kenapa iphone lebih mahal dari samsung

Apple juga berusaha memberikan jaminan keamanan kepada pengguna iPhone. Sistem operasi dan software yang digunakan iPhone bukanlah sistem operasi terbuka, sehingga akan sulit diretas atau kemasukan virus. Ada juga dukungan program iCloud untuk bisa memantau selalu keberadaan iPhone kamu.

Itulah alasan kenapa iPhone mahal. Apakah kamu masih berniat menggunakan smartphone premium ini?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password