Indonesia Siaga Cacar Monyet, Lakukan 4 Cara Ini untuk Mencegahnya

mencegah cacar monyet

Ohayo.co.id – Virus monkeypox atau sering juga disebut cacar monyet baru saja menyerang Singapura. Mendengar berita tersebut, pemerintah Singapura langsung mengamankan 23 orang penderita yang diketahui telah terjangkit virus tersebut pada ruangan khusus agar tidak menyebarluas dan menularkannya pada masyarakat lainnya.

Sebetulnya, virus ini tidak langsung diderita oleh masyarakat Singapura melainkan datang dari seseorang warga asing Nigeria yang sedang berkunjung untuk menghadiri suatu seminar.

Setelah menghimpun keterangan darinya, warga Nigeria tersebut menjelaskan bahwa ia sempat mengonsumsi daging hewan hasil buruan sebelum akhirnya terjangkit penyakit tersebut. Hal ini berbanding lurus dengan keterangan dokter bahwa cacar monyet bisa disebabkan oleh cairan tubuh hewan dan binatang primata atau pengerat.

Wajar apabila pemerintah Singapura langsung mengarantina para penderitanya yang telah terinfeksi karena virus ini bisa menular dari pernapasan dan muntahan penderitanya, baik hanya sekedar tetesan maupun kontak secara langsung.

Mendengar kasus tersebut terjadi di negara tetangga, Indonesia tidak tinggal diam. Misalnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau telah mengupayakan deteksi awal untuk kemungkinan penumpang yang telah terjangkit penyakit tersebut. Beruntung, laporan terkini belum ada penumpang yang terjangkit virus tersebut.

Gejala Penyakit Cacar Monyet

Banyak gejala yang muncul apabila seseorang terkena virus ini. Demam tinggi menjadi salah satu gejala yang muncul saat penderita terkena virus tersebut. Dilansir dari kompas.com (05/19), di Batam telah dipasang 2 thermal detection untuk memindai suhu tubuh setiap orang yang lewat. Paling tidak suhu seseorang akan mencapai 37,5 derajat celsius apabila seseorang sudah terjangkit virus ini.

cacar monyet monkeyfox
Pengawasan ketat di pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre terhadap kesehatan para penumpang dari Singapura. (Foto: kompas.com)

Demam juga biasanya disertai sakit kepala, sakit punggung, nyeri otot, rasa yang sangat lelah dan kelenjar getah bening menjadi membesar. Gejala lainnya adalah munculnya ruam di bagian wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pada dasarnya, cacar menyerang pada tubuh dengan daya tahan yang rendah. Khususnya sangat mudah menular pada bayi dan anak-anak. Data WHO sendiri melaporkan bahwa kasus cacar di dunia mengakibatkan kematian. Data tersebut menunjukkan 1 dari 10 bayi yang menderita cacar monyet meninggal dunia.

Cara Mencegah Penularan Cacar Monyet

Peribahasa mengatakan, “Lebih baik mencegah dari pada mengobati.” Sangat penting rasanya untuk berbagi informasi untuk mencegah virus mematikan ini.

1. Menjauhi Kontak dengan Binatang

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjauhi binatang yang berada di kawasan rawan cacar monyet. Misalnya hewan yang berasal dari benua Afrika, hal ini senada dengan apa yang dinyatakan Center of Desease Control and Prevention bahwa cara terbaik agar tidak terjangkit cacar monyet adalah menghindari kontak fisik hewan tersebut.

2. Rajin Cuci Tangan

Mencuci tangan secara rutin merupakan salah satu cara paling sederhana untuk terbebas dari segala penyakit tidak terkecuali cacar monyet. Dilansir tribunnews.com (05/19), Medicine Net sendiri menyatakan bahwa mencuci tangan memang efektif untuk mencegah penularannya.

Baca juga: Tanda-tanda Kulit yang Kurang Sehat, Apa Anda Mengalaminya?

3. Menghindari Kontak dengan Pasien

cara mencegah cacar monyet
Ilustrasi kamar isolasi. (Foto: kompas.com)

Apabila teman atau keluarga Anda yang dirawat di rumah sakit karena terjangkit virus tersebut, sebaiknya cukup menjenguknya dari luar kamar saja. Pasti pasien tersebut akan memahami dengan situasi tersebut yang telah dijelaskan dokter sebelumnya.

Pasalnya, penularan bisa terjadi melalui pernapasan pasien sehingga sangat sulit menghindari penularannya apabila jarak terlalu dekat dengan pasien. Andainya pun Anda terpaksa harus mendekati pasien, maka hindari menggaruk kulit Anda agar tidak terjadi luka gores pada kulit yang memudahkan penularan penyakit tersebut.

4. Mengurungkan Perjalanan

Seperti berita yang populer saat ini, di Singapura telah merebak penyakit yang sering disebut monkeypox ini. Maka bagi Anda yang hendak pergi ke sana, sebaiknya untuk mengurungkan niatnya terlebih dahulu dan menunggu berita karantina semua pasien cacar monyet benar-benar telah diisolasi secara menyeluruh. Beri tahu juga teman-teman dan keluarga Anda segera mengenai informasi penting ini.

Baca juga: Cara Bersih-Bersih yang Benar untuk Mencegah Alergi pada Anak

Sampai saat ini, situasi di Indonesia masih aman dan tidak ada warga yang terjangkit virus cacar monyet. Semoga saja wabah-wabah seperti ini tidak masuk ke Indonesia dan masyarakat pun semakin sadar akan kebersihan dengan adanya berita seperti ini.

Featured image: kompas.com

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password