Indahnya Pagoda Avalokitesvara, Pagoda Tertinggi di Indonesia

Pagoda Avalokitesvara

Ohayo.co.id – Pagoda Avalokitesvara berdiri di areal seluas 2,25 hektar. Bangunan ini menjulang setinggi empat puluh lima meter di tepi jalan utama Semarang-Yogyakarta, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Arsitektur khas Tiongkok dan Thailand menjadi penjelas bahwa fungsi bangunan ini tak lain adalah sebagai tempat ibadah umat Buddha. Namun, bagi Anda di luar Buddha yang ingin menikmati sepi dan sunyi, dapat melabuhkan pilihan wisata ke Pagoda Avalokitesvara ini.

Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong memiliki dua bangunan utama, yakni Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala. Kompleks merupakan sisa runtuhan Majapahit yang kembali dibangun pada 19 Oktober 1955 sebagai kompleks bangunan peribadatan umat Buddha pertama di Indonesia setelah runtuhnya kerajaan Majapahit. Meski demikian, untuk pembangunan dan pemugaran Pagoda Avalokitesvara baru berjalan pada pertengahan tahun 2004.

Pagoda tertinggi di Indonesia ini diresmikan pada 14 Juli 2005. Selain pagoda dan vihara, Anda juga dapat menikmati keindahan Monumen Watugong; Patung Dewi Kwan Im; Patung Buddha yang terdapat di bawah pohon bodi; Patung Buddha berwarna keemasan yang membujur di sebelah kiri pagoda; kolam teratai dan pohon bodi yang ditanam oleh Bante Naradha Mahathera pada 1955.

Sumber: wisataterindah .net

Pagoda Avalokitesvara sebagai bangunan yang paling mencolok di antara beberapa bangunan tersebut, menarik perhatian Anda dengan nuansa merah yang dihadirkannya. Bangunan tinggi ini sangat kental dengan budaya tiongkok dan merupakan perwujudan Metta Karuna (Cinta Kasih) para Buddha di alam semesta. Konstruksi bangunan tersusun dari beton dan didominasi oleh warna merah yang dibawa dari Tiongkok. Warna merah dalam kebudayaan dan kepercayaan masyarakat Tiongkok melambangkan kebahagiaan. Ada setidaknya tiga puluh patung pemujaan yang dipasang di pagoda ini.

Baca juga: Terbius Akan Keindahan Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur

Saat memasuki bangunan ibadah ini, Anda akan disuguhi pemandangan patung Dewi Kwan Im setinggi lima meter dan juga mendominasi setiap lantai pagoda. Sehingga tak heran, pagoda ini juga mendapat sebutan Pagoda Dewi Kwan Im oleh umat buddha maupun masyarakat sekitar. Terdapat pula rupa Avalokitesvara Boddhisatva setinggi lima meter berukuran raksasa mendiami rongga tengah yang menjulang tinggi, dikelilingi gunungan buah-buahan dan bunga sebagai persembahan. Pada bagian luar pagoda terdapat patung Panglima We Po berukuran raksasa. Pagoda ini terdiri dari enam susun di atas dindingnya yang melingkari delapan sisi yang disebut Pat Kwa. Pada bagian sisi luarnya, terdapat patung Dewi Kwan Im.

Sumber: wisatajateng .com

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda tidak diberlakukan tiket masuk saat mengunjungi lokasi. Anda hanya perlu membayar biaya parkir seikhlasnya dan tetap menjaga ketenangan saat berkunjung ke lokasi. Anda dapat berkeliling kompleks Vihara Buddhagaya Watugong untuk menikmati atmosfer yang hangat dari tempat wisata di Semarang ini.

Baca juga: Setya Aji Flower Farm, Surganya Pecinta Krisan

Akses menuju lokasi juga sangat terjangkau. Anda dapat menuju ke lokasi dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus kota atau angkot. Keindahannya yang menawan dan menarik perhatian para pengguna jalan Semarang-Yogyakarta tentu menjadi satu hal yang tidak akan bisa dilewatkan, terlebih bagi yang ingin beristirahat sejenak dan menghirup udara sejuk di pelataran pagoda.

2.bp.blogspot .com

Atraksi lain yang tak kalah menarik saat berkunjung ke destinasi wisata ini adalah Anda dapat mengikuti ritual Tjiam Shi untuk mengetahui nasib manusia) dan meminta dibacakan ramalan oleh petugas Pagoda. Anda cukup menggoyang-goyangkan bilah bambu yang telah diberi tanda hingga salah satunya terjatuh. Atraksi-atraksi wisata ini tentu sangat diminati oleh Anda yang penasaran dan ingin mencari spot foto menarik untuk feed sosial media.

Nah, bagi Anda yang ingin mengeksplorasi setiap sudut kota Semarang, tak ada salahnya merencanakan liburan Anda bersama via.com. Situs via.id menyediakan berbagai kemudahan dalam menyediakan akomodasi perjalanan Anda, mulai dari tiket pesawat, kereta api, bus, hotel hingga paket wisata! Temukan pula potongan diskon hingga 10% untuk penginapan di Semarang dari Hotel Citradream melalui promo ‘Group Hotel Citradream Special Fare’ hanya di situs via.id. Tenang, semua harga yang ditampilkan adalah harga yang perlu Anda bayar. Sehingga, Anda tidak perlu takut dengan adanya biaya tambahan saat bertransaksi melalui via.com.

Sumber featured image: 4.bp.blogspot .com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password