Menyibak Pesona Hutan Pinus Kayon di Lereng Merbabu

Menyibak Pesona Hutan Pinus Kayon di Lereng Merbabu

Ohayo.co.id – Beberapa kota di Indonesia memiliki ikon hutan wisata yang menarik untuk dijelajahi. Di Yogyakarta, misalnya. Wisatawan tentu tak asing dengan Hutan Pinus Mangunan Imogiri. Tempat wisata yang sudah mengalami banyak kemajuan itu memberikan gambaran bahwa wisata alam masih menjadi primadona bagi generasi piknik. Semarang, sebagai salah satu kota besar di Indonesia juga memiliki hutan wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Bising dan lalu lalang kendaraan bermotor, serta kemacetan mungkin akan membuat beberapa wisatawan berinisiatif untuk pergi ke perbukitan atau tempat yang lebih tinggi. Selain berharap bisa menghirup udara segar, tempat-tempat itu juga menyuguhkan ketenangan dan ruang kontemplatif. Hutan Pinus Kayon, salah satunya.

Hutan Pinus Kayon berjarak 6 kilometer dari perbatasan Semarang-Salatiga, menyimpan eksotisme alam yang tak tersentuh. Destinasi wisata ini masih termasuk ke dalam wilayah konservasi Hutan Merbabu, meskipun mulai dibuka aksesnya untuk umum. Karena lokasinya yang masih dalam jangkauan Balai Taman Nasional Merapi, belum banyak fasilitas pendukung wisata yang bisa ditemukan di kawasan ini. Namun, keterbatasan sarana pendukung tersebut tidak menghalangi langkah pengunjung untuk mengeksplorasi seisi hutan pinus.

Menyibak Pesona Hutan Pinus Kayon di Lereng Merbabu 2

Para pengunjung dapat memulai petualangan dengan berjalan-jalan di area hutan pinus bersama pasangan atau keluarga. Destinasi ini juga memiliki beberapa spot menarik untuk berfoto. Satu spot yang sering digunakan pengunjung sebagai latar belakang foto adalah pinus berbentuk huruf “U” atau yang sering disebut dengan pohon pinus bengkok. Semakin ramainya minat dalam bidang publikasi foto wisata pada akun sosial media, seperti instagram, membuat beberapa pengunjung rela antri demi mendapatkan foto terbaiknya di spot ini.

Harga tiket masuk lokasi wisata ini dipatok Rp.5.000/orang. Bagi pengendara sepeda motor, dapat memarkirkan motornya di bawah rindang pohon pinus, dengan catatan tidak merusak lingkungan sekitar. Sedangkan bagi pengendara mobil, dapat memakirkan mobil atau kendaraan roda empatnya di lapangan dekat hutan pinus tersebut. Pengunjung juga diminta senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, dengan membawa plastik khusus sampah dan alas tikar untuk duduk di lokasi.

Menyibak Pesona Hutan Pinus Kayon di Lereng Merbabu 3

Akses menuju lokasi tidak begitu sulit, terlebih bagi pengunjung yang bertolak dari Semarang dan sekitarnya. Apabila pengunjung berangkat dari Semarang, setelah masuk kota Salatiga dapat menuju perempatan Pasar Sapi. Setelah memasuki kota, pengunjung dapat mengarahkan kemudi ke arah Kopeng hingga menyeberangi jalan lingkar atau ringroad. Apabila telah melewati jalan lingkar, pengunjung dapat mengikuti arah hingga Salib Putih. Sampai di pertigaan desa Jampelan Getasan, arahkan kemudi ke kiri dan ambil jalan lurus hingga perempatan Wonosari. Setelah itu, arahkan kemudi menuju Dusun Krangkeng dan belok kanan setelahnya. Lima menit lagi, pengunjung akan tiba di lokasi.

Meskipun baru-baru ini dibuka, Hutan Pinus Kayon yang terletak di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ini selalu dibanjiri pengunjung pada akhir pekan. Bahkan, jumlah pengunjung bisa mencapai 200-300 orang pada akhir pekan. Jumlah yang cukup fantastis bagi tempat wisata yang tergolong masih sangat muda. Tentu, bagi pengunjung yang ingin rehat dari segala aktivitas kantor atau hiruk pikuk perkotaan, Hutan Pinus ini dapat menjadi tujuan utama.

Bagaimana? Menarik, bukan? Bagi Anda yang ingin melabuhkan pilihan wisata ke Hutan Pinus Kayon, tak ada salahnya memilih tiket kereta api menuju Semarang di situs via.com. Situs via.id menyediakan beragam pilihan lengkap seputar akomodasi perjalanan Anda. Temukan pula berbagai promo menarik dan diskon seputar tiket pesawat, hotel dan penginapan, hingga paket wisata! Yuk rancang liburan berkesan Anda hanya bersama via.com.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password