Cara Mudah Membuat Henna Simple dan Cantik, Yuk Simak!

henna simple

Penggunaan henna memang cukup populer di kalangan wanita Indonesia. Hal ini terbukti dengan semakin menjamurnya keberadaan komunitas henna. Mereka biasanya terdiri dari orang-orang profesional maupun pemula. Tak dapat dipungkiri bahwa belajar henna memang memberi peluang cukup menjanjikan. Sebab, permintaan membuat henna cukup tinggi, baik jenis henna simple ataupun rumit.

Sebagaimana di negara-negara lain, henna paling sering digunakan pengantin wanita. Namun, akhir-akhir ini banyak juga yang tertarik menggunakan henna dalam kehidupan sehari-hari. Nah, bagi kamu yang masih pemula atau ingin memakai henna untuk keseharian, sebaiknya pilih jenis motif henna yang simple supaya lebih mudah membuatnya. Maka dari itu, kali ini mari kita bahas mengenai cara membuat henna simple yang mungkin bisa kamu gunakan atau sekedar menginspirasi.

Langkah Membuat Henna Simple dan Cantik

Membuat henna simple adalah pilihan terbaik saat kamu belum terlalu mahir melukis atau sekadar membuatnya untuk acara selain pernikahan, seperti menghadiri pesta, acara wisuda, atau hanya kebutuhan sehari-hari. Sebab pengaplikasiannya cukup mudah sehingga kamu dapat memperoleh hasil lebih baik. Berikut langkah membuat henna simple, yaitu:

1. Membersihkan area kulit

membersihkan tangan

Hal yang perlu dilakukan pertama kalinya ialah membersihkan area kulit yang akan diberi henna terlebih dahulu. Tujuannya adalah menghilangkan minyak atau kotoran lain, sehingga mempermudah proses pembuatan pola. Bagi kamu yang memiliki kulit cenderung berminyak bisa mengoleskan sedikit alkohol dengan menggunakan kapas bersih.

2. Mengarahkan ujung kantong henna pada kulit

memakai henna

Persiapkan pasta henna menggunakan kantong yang telah dilubangi sedikit. Kemudian arahkan ujung kantong pada kulit. Tekan secara perlahan bagian atas kantong menggunakan ibu jarimu.

3. Melukis motif henna simple

seni lukis tangan

Kamu bisa mulai mengkreasikan motif henna simple versimu atau mencontoh beberapa motif berikut ini:

    • Motif garis-garis. Motif ini bisa kamu aplikasikan cukup di bagian jari-jari. Meski belum bisa melukis dengan bagus, kamu tentu dapat membuat motif ini. Kesan simple dan cantik akan terlihat jika kamu membuatnya dengan penuh perasaan.
    • Motif bunga. Sebagian besar wanita tentu menyukai bunga. Kamu bisa memilih motif bunga sebagai pola henna simple-mu. Sebelumnya kamu dapat berlatih dahulu di kertas ataupun langsung membuatnya di kulit. Pada umumnya motif bunga simple yang sering digunakan adalah bunga mawar, teratai, dan matahari. Motif ini akan sangat cantik diletakkan tepat di bagian tengah punggung tangan.
    • Motif kupu-kupu. Motif simple tak kalah indah selanjutnya adalah motif kupu-kupu. Kamu bisa memodifikasi bagian sayap kupu-kupu sehingga lebih cantik. Buat cukup satu gambar kupu-kupu di bagian yang terlihat dan kamu suka, misal punggung tangan, di bawah telapak tangan, ataupun lainnya.
    • Motif sulur daun. Pada acara pernikahan biasanya sulur daun menjadi pelengkap dari motif henna yang cukup rumit. Di sini kamu bisa menggunakannya untuk mendapatkan henna yang cantik.
    • Motif gelang. Kamu suka memakai gelang? Tak ada salah jika kamu membuat motif henna tepat di pergelangan tangan layaknya sebuah gelang. Ini akan memberikan tampilan henna simple dan menarik.

4. Mengeringkan motif henna

mengeringkan henna

Setelah selesai melukis motif henna, maka biarkan dia mengering. Hasil henna yang bagus biasanya tidak terlihat berminyak atau terlalu kering.

Baca juga: Pilih Henna Pengantin Merah atau Putih? Keduanya Sama-Sama Cantik!

5. Memberikan semprotan lapisan gel

lapisan gel

Selanjutnya, semprotkan gel pada motif henna agar warnanya semakin tajam. Kamu bisa memperoleh gel ini di toko-toko kecantikan. Biarkan gel tersebut hingga mengering.

Baca juga: Cara Membuat Henna Tangan Sederhana Sendiri di Rumah

6. Balut dengan kain kasa

Kamu perlu membalut lukisan henna pada kulit dengan kain kasa selama 12 jam. Tujuannya agar motif terlindung dan berhasil terbentuk dengan sempurna.

Baca juga: Meski Sering Digunakan, Ternyata Henna Hitam Wajib Diwaspadai

7. Bersihkan dan beri minyak

tangan diberi minyak

Buka lapisan kasa kemudian bersihkan sisa serpihan henna dengan menggunakan sabun. Jangan lupa tambahkan olesan minyak, seperti minyak kelapa maupun zaitun agar terlihat lebih cantik dan tahan lama.

Nah, itulah cara mudah membuat henna. Lama atau tidak ketahanan henna tergantung dari bahan dan cara kamu merawatnya. Pada umumnya henna bisa bertahan hingga seminggu. Selamat mencoba berkreasi.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password