Meski Sering Digunakan, Ternyata Henna Hitam Wajib Diwaspadai

Henna Hitam Wajib Diwaspadai 2

Ohayo.co.id – Jika Anda sedang datang ke rumah ataupun tempat diadakan sebuah pernikahan khususnya tema Arab, memang sudah tak asing lagi dengan henna. Ya, henna merupakan seni membuat tato temporer dan juga pewarnaan permukaan kulit tubuh dengan menggunakan ramuan herbal alami yang diolah menjadi pasta. Henna mudah sekali ditemukan di jaman sekarang. Lukisan di tangan yang membentuk sebuah desain tertentu umumnya menggunakan henna. Bahan yang dikenal alami dan bisa membuat hasil menarik menjadikan henna sebagai satu hal yang harus untuk pengantin wanita. Namun ternyata penggunaan henna hitam wajib diwaspadai juga lho!

Meski Sering Digunakan, Henna Hitam Wajib Diwaspadai Lho!

Henna Hitam Wajib Diwaspadai 1

The British Skin Foundation pernah keluarkan sebuah peringatan terhadap penggunaan tato temporer yang menggunakan pewarna hitam. Jenis satu ini bisa mengakibatkan kulit seperti terasa terbakar. Henna hitam mungkin mengandung p-phenylenediamine atau yang biasanya dikenal dengan PPD, dimana bahan tersebut hanya diperbolehkan digunakan untuk pewarnaan pada rambut.

PPD sendiri sifatnya lebih tahan lama, bahkan pada komposisi yang tinggi bisa hasilkan warna yang baru memudar pasca 2 – 5 bulan. Mungkin bahan tersebut yang mengakibatkan hal tak diinginkan terjadi, seperti halnya kejadian yang dialami Teigan. Sementara itu, henna alami adalah yang dibuat dari bahan alami seperti bubuk henna yang diracik dengan air jeruk lemon, gula, dan essential oil.

Baca Juga : Ini Dia Bahaya Stress pada Kecantikan & Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Guna menghindari beberapa hal yang tak diinginkan dari tato temporari berwana hitam, maka anda bisa menanyakan terlebih dulu pada kosmetik profesional. Misalnya saja dalam hal ketahanan, jika henna artist berkata bisa bertahan selama 1 jam mungkin saja henna tersebut bukan yang alami. Sebab henna yang alami bisa bertahan kurang lebihnya 6 jam untuk hasilkan lukisan di kulit yang bagus.

Selain itu, Anda juga perlu waspada jika henna artist berkata apabila nanti henna tersebut kering maka akan hasilkan warna hitam. Karena, menurut Butterworth, henna alami akan berwarna coklat jika keadaan kering. Walaupun nanti henna akan jadi berwarna coklat gelap, tapi tak mungkin jadi warna hitam. Sementara itu, henna hitam akan tetap berwarna hitam sebelum dan juga sesudah diaplikasikan.

Perbedaan henna alami dan bukan

Langkah terbaik dalam mengetahui perbedaan henna hitam alami dengan yang abal-abal bisa tercium dari baunya. Untuk yang berbahan alami akan tercium aroma essential oil yang menenangkan. Sedangkan yang terbuat dari bahan kimia dan menyengat sekali untuk indera penciuman, bisa dipastikan merupakan tatto temporary yang abal-abal.

Selain mampu kita deteksi dari segi bau yang tercium melalui hidung, henna alami dan henna hitam dapat juga dibedakan melalui bentuk. Jika yang berbahan alami berbentuk bubuk dan pasta, sedangkan henna hitam berbentuk cair.

Baca juga: Tips Tampil Cantik dengan Warna Kuteks Sesuai Tone Kulit

Beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika terkena alergi henna hitam.

1. atasi dengan salep kortison
2. hindari paparan sinar matahari secara langsung
3. jauhkan dari terkena air pada area alergi
4. gunakan aloe vera untuk meredakan nyeri
5. kompres dengan teh hijau demi mengurangi alergi

Langkah awal diatas dapat dilakukan. Namun apabila memerlukan tindakan khusus sebaiknya untuk melakukan kegiatan terapi pengobatan dengan jenis intravena yang berguna meredakan inflamasi.

Tindakan pencegahan sebelum terkena alergi henna hitam bisa dengan cara melakukan uji coba pada kulit tangan dengan jumlah yang sedikit. Seperti cukup dengan segaris pendek terlebih dahulu, kemudian silahkan tunggu hingga kurang lebih selama kurun waktu 30 menit. Atau bisa juga anda menunggunya hingga henna tersebut mengering atau menjadi rontok.

Rasakan reaksi apa yang terjadi setelah pengolesan henna pada tangan. Apabila baik-baik saja, silahkan untuk melanjutkan berkreasi melukis tangan. Namun jika sebaliknya yang terjadi, hentikan segera dan lakukan tindakan pengobatan secepatnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang henna hitam wajib diwaspadai. Semoga bisa bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password