Harga Tiket Masuk Museum MACAN Jakarta dan 5 Fakta Uniknya

Info Terbaru 2018 Harga Tiket Masuk Museum MACAN Jakarta

Ohayo.co.id – Sekilas orang akan berpikir bahwa tiket masuk Museum MACAN ini mahal karena karya yang dipamerkan di dalamnya bukanlah lukisan biasa-biasa melainkan karya seniman terkenal di dunia.

Sebahagian orang juga berpikiran bahwa berkunjung ke Museum MACAN Jakarta ini akan mendapati beragam jenis macan dari berbagai belahan dunia. Kenyataannya tidak demikian, karena macan tersebut adalah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art In Nusantara.

Jadi, Museum MACAN Jakarta adalah museum yang menampilkan koleksi seni modern dan kontemporer. Tetapi yang datang ke tempat wisata Jakarta tersebut tak hanya para penggiat seni saja, namun juga wisatawan umum. Sebab di tempat wisata ini ada banyak sekali karya seni yang instagramable banget, jadi bisa dijadikan lokasi hunting foto saat liburan ke Jakarta. Lalu, berapa harga tiket masuk Museum MACAN Jakarta ini ya? Simak di bawah ini!

Menjadi Wisata Kekinian di Jakarta

Mungkin tak ada yang menyangka apabila Museum MACAN ternyata sangat digandrungi anak muda. Sedikit berbeda dengan museum seni lainnya yang biasanya hanya bisa dinikmati oleh kalangan seniman. Wajar rasanya, mengingat pameran lukisan yang ada di Museum MACAN tidak hanya enak dipandang sebagai karya seni Jepang yang menakjubkan tetapi juga sebagai latar belakang yang cocok untuk diunggah ke akun sosmed.

Berbagai karya Yayoi Kusama seorang tokoh seni kekinian asal Jepang dipamerkan di dalamnya. Karya seninya itu diberikan tema ‘Life is The Heart of a Rainbow’ pada 2018 lalu, sungguh mewakilkan dengna suasana saat memandang berbagai lukisan karyanya yang memiliki ciri khas polka dot ini. Tidak hanya itu, karya seni yang dipajang dalam bangunan dengan luas 7.100 meter persegi ini bisa juga dijadikan suasana edukasi anak-anak dengna melihat-lihat beragam jenis bendera negara-negara sebagai wawasan Geografi.

Pertama kali dibuka pada tanggal 3 November 2017 dengan koleksi pertama yang dipamerkan berjumlah 90 lukisan buah tangan dari 70 seniman ternama di tanah air juga kancah internasional. Didirikan oleh seorang pengusaha sukses Haryanto Adikoesoemo sebagai direktur utama perusahaan AKR Corporindo yang didirikan ayahnya, Soegiarto Adikoesoemo pada tahun 1977.

Konsepnya yang kontemporer sejalan dengan misinya yang ingin didedikasikan untuk pendidikan sebagai pertukaran budaya untuk menyikapi era yang dinamis ini. Dalam misinya juga ditujukan pada kalangan seniman di Indonesia agar semakin bergairah membangun ekologi seni Indonesia.

Kunjungan Bunga Citra Lestari dengan suaminya juga menjadi pemicu para warganet yang penasaran pada foto yang dipajang di akun instagram pribadinya. Wajar saja, jika Museum MACAN banyak diburu para remaja kekinian.

Fakta Unik tentang Museum MACAN Jakarta

Fakta unik Mseum MACAN Jakarta
Fakta unik seputar Museum MACAN Jakarta. (Foto: instagram.com/museummacan)

1. Karya Seni yang Dipamerkan

Ternyata karya seni yang dipamerkan di sana tidak hanya beragam lukisan, tetapi juga banyak karya seni dalam berbagai media dengan seni instalasi tertentu.

2. Pengakuan Dunia

Dikutip dari tirto.id (3/18) Museum MACAN telah mempunyai tempat tersendiri di mata dunia bahkan jauh sebelum peresmian dibukanya museum tersebut. Tak tanggung-tanggung, museum instagramable ini telah diliput New York Times juga South Chine Mornng Post sehingga membuat dunia penasaran, khususnya kalangan seniman.

3. Dihadiri Ratusan Ribu Orang

Pertama kali dibuka, foto mulai beredar di berbagai sosmed sehingga membuat banyak orang semakin tertarik melihat MACAN kota Jakarta ini. Pada tanggal 18 Maret 2018, tercatat pengunjung mencapai ratusan ribu sejak pertama kali dibuka awal November tahun sebelumnya. Rata-rata pengunjung berjumlah 500-an tiap hari kerja, sedangkan pada akhir pekan mencapai 2000-an pengunjung.

4. Koleksi Pribadi

Tercatat 800-an karya seni dalam satu bangunan ribuan meter persegi itu adalah koleksi pribadi dari pendiri Sang MACAN itu sendiri, Haryanto Adikoesoemo yang berhasil dikumpulkan dalam rentang waktu 25 tahun terakhir.

5. Infinity Mirrored Room

Salah satu karya seni yang bisa dibilang paling diminati di tempat wisata Jakarta ini adalah Infinity Mirrored Room karya seniman Jepang, Yayoi Kusama. Memasuki ruangannya membuat pengunjung seolah-olah berada di dunia mimpi yang dipenuhi oleh bola warna-warni yang tak berujung.

Harga Tiket Masuk Museum MACAN Jakarta

Harga tiket masuk Museum MACAN Jakarta
Ilustrasi tiket museum. (Sumber: Shutterstock)

Lalu untuk informasi tiket masuk Museum MACAN Jakarta ini dibagi jadi beberapa kategori, mulai dari tiket orang dewasa sebesar Rp50.000,- tiket lansia dan pelajar sebesar Rp40.000,- dan tiket anak-anak sebesar Rp30.000,-

Untuk bisa menikmati fasilitas yang lebih banyak lagi, Anda bisa mendaftar keanggotaan museum lewat MACAN Society. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan diantaranya adalah tiket masuk gratis setiap hari, potongan harga di toko sekitar museum, dan diskon tiket masuk Museum MACAN untuk satu orang teman. Harga tiket MACAN Jakarta society adalah Rp300.000,- per tahun untuk orang dewasa dan Rp180.000,- per tahun untuk pelajar, serta Rp750.000- per tahun untuk keluarga.

Baca Juga: Ini Dia Tempat Berburu Nugget Pisang di Jakarta Harus Anda Kunjungi

Galeri Foto Museum MACAN Jakarta

'Dots Obsession - Infinity Mirrored Room' karya Yayoi Kusama.
‘Dots Obsession – Infinity Mirrored Room’ karya Yayoi Kusama. (Foto: instagram.com/museummacan)

 

"Kotak Utak-Atik" karya Gatot Indrajati.
‘Kotak Utak-Atik’ karya Gatot Indrajati. (Foto: instagram.com/museummacan)

 

Yayoi Kusama: Life is The Heart of a Rainbow
‘Life is The Heart of a Rainbow’ karya Yayoi Kusama. (Foto: instagram.com/museummacan)

 

Pengunjung berfoto saat melihat salah satu lukisan di Museum MACAN Jakarta. (Foto: instagram.com/museummacan)

 

Lukisan Lee Mingwei di Museum MACAN Jakarta
“Tidak ada yang permanen di dunia ini. Ada pepatah bahwa satu-satunya hal yang konstan adalah perubahan itu sendiri. Saya mencoba untuk memperhatikan hal ini ketika saya membuat karya saya, menemukan keindahan dalam hal-hal yang berubah seiring waktu, yang adalah semua hal.” – Lee Mingwei (Foto: instagram.com/museummacan)

 

Karya seni buatan Koons bertajuk 'Hulk (Whellbarrow)'.
Karya seni buatan Koons bertajuk ‘Hulk (Whellbarrow)’. (Sumber: instagram.com/museummacan)

 

Lukisan Guernica in Sand Museum Jakarta
Karya seni bertajuk ‘Guernica in Sand’ dibuat oleh 3 seniman. (Sumber: instagram.com/museummacan)

 

Lukisan karya Tisna Sanjaya bertajuk ‘Potret Diri Sebagai Kaum Munafik’. (Sumber: instagram.com/museummacan)

 

Lukisan Jeihan di Museum MACAN Jakarta
Lukisan Jeihan (80) yang berkarya sekitar 60 tahun, ci khas karyanya sejak tahun 1963 adalah mata hitam di setiap lukisannya. (Sumber: instagram.com/museummacan)

 

Salah lukisan dari sekian karya 'Tujuh Kisah' karya Lee Mingwei.
Salah lukisan dari sekian karya ‘Tujuh Kisah’ karya Lee Mingwei. (Foto: instagram.com/museummacan)

Baca juga: Wisata Edukasi di National Air and Space Museum Washington DC, Amerika Serikat

Demikian informas harga tiket masuk Museum MACAN Jakarta beserta informasi unik di dalamnya, ternyatat tak kalah menakjubkan dengan museum terbaik di Jepang, negara asal Yayoi Kusama. Bagi Anda yang ingin datang namun belum mengetahui detail lokasinya, ini alamat lengkapnya Wisma Akr, Jl. Panjang No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu pukul 10.00-19.00 WIB.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password