5 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Pilih Ngekos Atau Ngontrak

5 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Pilih Ngekos Atau Ngontrak

Ohayo.co.id – Punya impian kerja di luar kota? Siap-siap hidup mandiri, ya! Tak lain karena kita jauh dari keluarga sehingga pengeluaran untuk makan sehari-hari, cuci baju hingga tempat tinggal pun harus benar-benar kita siapkan. Kalau kamu merasa bahwa hal tersebut baik untuk diri sendiri maka tak akan ada masalah. Tetapi jika kamu merasa belum mampu mengatasi semuanya sendiri, coba perhatikan benarkah keputusan yang kamu ambil untuk jauh dari keluarga? Pilihan ngekos atau ngontrak jadi salah satu pertimbangan penting. Kalau kamu seorang mahasiswa, pasti pernah mengalami dilema ini kan?

Baik itu ngekos ataupun ngontrak pasti ada pertimbangan dulu. Dari segi uang sewa hingga keamanan. Mereka para pekerja mungkin memiliki penghasilan sendiri yang sudah pasti. Tapi untuk mahasiswa harus betul-betul memilih yang terbaik. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih sebelum memilih apakah ngekos atau ngontrak. Setidaknya, ulasan berikut bisa membantumu memantapkan pilihan.

Ngekos atau Ngontrak? Perhatikan Ini Dulu, Ya!

1. Tingkat Kesibukan

5 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Pilih Ngekos Atau Ngontrak

Guys! Kalau kamu memiliki tingkat kesibukan yang tinggi sebagai mahasiswa maka benar-benar harus memperhatikan hal ini. Seberapa sibuknya kamu terhadap aktivitas sehari-hari. Bagi mahasiswa, mungkin aktivitas tidak akan jauh dari kampus dan nongkrong. Kalau kamu hanya butuh tempat tinggal tanpa harus membayar listrik, air dan Wifi mungkin akan lebih menguntungkan memilih kos. Tetapi sekali lagi kalau pilihannya tetap di kamu, ya! Kalau menjadi mahasiswa sibuk dengan tugas kuliah dan hanya sering di kampus sepertinya pilihan ngekos lebih baik, bukan?

2. Peraturan yang Ditetapkan

5 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Pilih Ngekos Atau Ngontrak

Ada ibu kos yang mengatur berbagai kebutuhan dan memberi rules untuk dipatuhi penghuni kos. Tentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tinggal di kontrakan memang akan lebih bebas daripada di kos. Sebab kebanyakan kontrakan tidak akan diawasi oleh pemilik karena kita sudah menyewanya. Berbeda untuk kos-kosan yang lebih banyak digunakan oleh mahasiswa. Aturan kos biasanya akan lebih ketat dimana ada jam malam dan aturan lainnya. Peraturan yang ditetapkan bisa jadi pertimbanganmu dalam memilih ngekos atau ngontrak.

Baca juga : Barang Yang Wajib Dibawa Saat Bepergian dengan Transportasi Umum

3. Biaya

5 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Pilih Ngekos Atau Ngontrak

Lagi-lagi kita harus berhadapan pada biaya yang dibutuhkan. Jauh dari rumah membuat kita harus pandai-pandai mengatur keuangan dengan lebih baik. Tak lain karena bekerja merantau ataupun kuliah beda kota dengan keluarga merupakan pengalaman yang akan memberi kita banyak pelajaran. Perhatikan biaya yang dibutuhkan jika untuk ngekos atau ngontrak. Kesiapan biaya ini bisa kamu pertimbangkan agar tak terjadi kesulitan di kemudian hari. Biasanya ketika ngontrak, kamu butuh biaya untuk meyewanya sampai 2 tahun. Berbeda dengan biaya sewa kos yang bisa dihitung bulanan. Dari sini kita harus pintar mengatur uang sewa.

4. Besar Ruangan

Besar Ruangan

Ukuran ruangan pada tempat kos atau rumah kontrakan memang berbeda. Kos hanya menyediakan fasilitas kamar, ruang untuk menonton televisi bersama hingga fasilitas kamar mandi untuk bersama. Kalau kamu ngontrak tentu kamu bisa lebih leluasa mengatur segala fasilitas yang ada. Berbeda jika kamu ngontrak dengan teman, ya! Besarnya ruangan harus diperhatikan jika kamu memiliki usaha sampingan misalnya.

Baca juga : Barang Yang Wajib Dibawa Saat Bepergian dengan Transportasi Umum

5. Perawatan Bangunan

Perawatan Bangunan

Jangan lupakan perawatan bangunan, ya! Bukan tidak mungkin ketika musim hujan tiba malah terjadi kebocoran pada tempat kontrakanmu. Jika hal ini terjadi maka kita harus memperbaikinya sendiri. Berbeda kalau kamu ngekos, masalah perawatan bangunan akan menjadi tanggung jawab si empunya kos. Kalau kamu tak mau repot mengurus perawatan bangunan seperti cat rumah, bocor tidaknya atap kamu bisa memilih ngekos. Tetapi ketika keuangan sudah mapan dan ingin lebih leluasa tinggal tak ada salahnya untuk ngontrak.

Beberapa hal ini bisa kamu pikiran dulu, ya sebelum memutuskan ngekos atau ngontrak. Terutama untuk mahasiswa di tahun pertama berkuliah pasti akan merasa tidak terbiasa. Sebab kita harus berbagi fasilitas dengan banyak penghuni kos lainnya. Berbeda kalau ngontrak kamu bisa mengatur segala perabotan ataupun tatanan di dalamnya. Mau ngekos atau ngontrak? Putuskan dengan berbagai pertimbangan ini, ya!

Tahukah kamu kalau pilihan ngekos ataupun ngontrak nantinya juga berpengaruh pada gaya hidup kita? Ngekos membuatmu harus patuh terhadap aturan yang ada.  Gotong royong untuk membersihkan fasilitas bersama. Sementara ngontrak memang akan lebih memberimu ruang bebas. Tetapi perawatan dari berbagai fasilitas juga ditanggung sendiri, ya!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password