Ini Hal yang Akan Dialami Tubuh Jika Jarang Berolahraga, Sudah Tahu?

Ini Hal yang Akan Dialami Tubuh Jika Jarang Berolahraga, Sudah Tahu - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Olahraga pada dasarnya memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Konsisten dalam melakukan olahraga maka tak hanya bisa menurunkan berat badan, akan tetapi juga bisa menjaga kesehatan, baik itu kesehatan fisik maupun mental. Tak harus dengan intensitas yang tinggi, ringan tetapi berulang dan dilakukan secara konsisten, maka manfaat yang didapatkan akan sangat baik sekali. Tapi, jika Anda jarang berolahraga, maka juga akan berpengaruh kepada tubuh Anda.

Ini Hal yang Akan Dialami Tubuh Jika Jarang Berolahraga

Ini Hal yang Akan Dialami Tubuh Jika Jarang Berolahraga - Ohayo.co.id

Tubuh mudah lesu dan lelah

Olahraga tak harus dengan waktu yang lama, tetapi jika dilakukan secara teratur meskipun dengan intensitas yang rendah, maka hal ini akan membantu tingkatkan energi pada tubuh. Sebab olahraga bisa tingkatkan fungsi sistem kardiovaskular, sehingga Anda berpeluang untuk memiliki daya tahan tubuh yang lebih besar lagi di sepanjang hari. Semakin seringnya berolahraga, maka semakin meningkat juga jumlah mitokondria, yakni bagian tubuh yang produksi energi di dalam sel.

Sulit untuk tidur di malam hari

Ya, ada banyak sekali orang yang alami kesulitan untuk tidur di malam hari, bahkan tak sedikit orang yang baru bisa tidur saat subuh atau di pagi harinya. Olahraga ternyata bisa jadi salah satu solusi paling tepat untuk mengatasinya. Olahraga selama 30-40 menit sebanyak 4 kali dalam 1 minggu, tak hanya memiliki waktu istirahat yang lebih berkualitas, tetapi juga memiliki peningkatan kondisi kesehatan jantung yang lebih baik lagi.

Baca juga : Tips Agar Kamu Gak Malas Olahraga di Pagi Hari

Ini Hal yang Akan Dialami Tubuh Jika Jarang Berolahraga - Ohayo.co.id

Kesulitan untuk buang air besar

Meskipun yang demikian ini sulit dipercaya, tapi kenyatannya sembelit yang berkepanjangan bisa jadi pertanda bahwa Anda jarang olahraga. Kurang gerak dan minimnya asupan serat bisa berpengaruh pada fungsi usus. Sebaliknya, dengan aktif olahraga, maka sistem saluran penceraan akan jadi lebih teratur dan lancar.

Seringnya terasa pegal-pegal dan nyeri di punggung

Kurang olahraga akan mengakibatkan tubuh Anda sering alami pegal-pegal dan nyeri di punggung, bisa jadi hal tersebut diakibatkan karena fisik Anda yang lemah akibat kurang intensitas olahraga. Perlu Anda tahu nih bahwa pada dasarnya semua jenis olahraga, baik itu jenis olahraga kekuatan fisik, aerobik, atau pun latihan peregangan sekali pun ternyata bisa membantu kurangi resiko nyeri di pinggung bagian bawah sebesar 25% – 40%.

Oleh sebab itu, jika tubuh Anda sudah terasa pegal, padahal aktifitas keseharian Anda tidak intens, maka sudah seharusnya Anda berolahraga. Jangan tunda-tunda lagi jika rasa pegal dan nyeri tersebut muncul, sebab dengan berolahraga maka persendian akan jadi lebih rileks dan darah pun mengalir lebih lancar ke seluruh tubuh. Ini pastinya akan dapat mengurangi rasa pegal terhadap tubuh Anda.

Baca juga : Awas! Ini 3 Akibat Jarang Olahraga Pada Tubuh

Ini Hal yang Akan Dialami Tubuh Jika Jarang Berolahraga - Ohayo.co.id

Berat badan akan meningkat

Tanda satu ini pastinya cukup sulit untuk dihindarkan. Ada sebuah hasil penelitian terhadap beberapa atlet taekwondo melaporkan bahwa atlet yang tidak olahraga selama 8 minggu akan alami peningkatan lemak tubuh sekitar 21.3%, alami penurunan massa otot, dan peningkatan berat badan 2.12%. Tak hanya itu, atlet profesional yang berhenti latihan selama 5 minggu bisa alami peningkatan lemak tubuh sekitar 12%.

Nah, itulah beberapa hal yang akan dialami tubuh jika jarang berolahraga harus Anda tahu. Buat Anda nih yang kebetulan sedang mencari outfit penunjang olahraga, atau pun beberapa peralatan untuk olahraga kini Anda sudah bisa mendapatkannya dengan mudah. Sebab, sudah tersedia di berbagai toko online yang ada. Tapi demikian agar lebih hemat budget, pastikan Anda memilih cara pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit via AKULAKU.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password