Gunung Putri Lembang Tak Mempesona Seperti Dahulu Kala

Gunung Putri Lembang

Ohayo.co.id – Gunung Putri Lembang merupakan tempat yang sedang di gandrungi sebagai tujuan untuk wisatawan saat berlibur.

Wisata alam memang menyajikan keasrian yang menyejukkan. Dimana tidak bisa kita rasakan saat bergeliat di dunia perkotaan.

Namun sungguh disayangkan. Gunung Putri Lembang sudah tidak seperti dahulu. Kebersihan serta ketenangan sudah sangat susah untuk kalian dapatkan di sana.

Karena kalian berjumpa dengan kumpulan pengunjung lainnya. Jumlah pengunjung apabila dihari libur bisa memadati tempat wisata alam yang berada di Bandung bagian barat ini.

Pemandangan sampah yang berserakan sangat mudah kalian temukan diberbagai sudut jalan dan ilalang. Semua ini bermula saat tempat wisata di Bandung ini menjadi perhatian masyarakat dan sempat populer di media sosial.

Karena tempatnya yang memukau, mudah bagi gunung putri mengambil hati traveller untuk mengunjunginya. Selain pesona keindahan yang ditawarkan, cerita yang membungkusnya pun begitu menarik.

Tempatnya yang begitu dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu semakin melekatkan mitos yang beredar dan melegenda.

Dipercaya menjadi lokasi Dayang Sumbi bersembunyi dari kejaran Sangkuriang yang ingin menikahi dirinya. Dimana Dayang Sumbi merupakan ibu kandung Sangkuriang.

Akhirnya amarah Sangkuriang meledak di Gunung Putri dan perahu yang telah ia ciptakan pun dia tendang hingga terbalik. Perahu tersebut akhirnya berubah wujud menjadi Tangkuban Perahu.

Gunung Putri Lembang

Mempunyai ketinggian mencapai 1.587 mdpl sehingga cukup mudah di libas untuk pendaki pemula sekalipun. Perjalan dari alun-alun Lembang pun cukup singkat. Kamu hanya memerlukan 30 menit menuju Gunung Putri dari alun-alun Lembang.

Ada beberapa jalur yang dapat di pilih. Tinggal disesuaikan saja dengan tujuannya menikmati liburan di Gunung Putri Lembang.

Apakah disana kamu ingin menyatu dengan alam hingga pagi menjelang? Kemudian menikmati pemandangan sunrise yang siap memanjakan kedua bola mata kamu yang indah?

Kamu dapat melewati jalur camping dan hiking. Hiking sendiri merupakan pendakian yang tidak dilanjutkan dengan menginap di tempat wisata.

Dalam urusan tiket pun ada perbedaan antara camping dan hiking. Jika kamu bermaksud untuk camping, kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp.20.000 perorang.

Sedangkan bagi kamu yang bertujuan ke wisata alam di bandung ini untuk hiking, kamu diwajibkan membayar sebesar Rp.10.000 per orang.

Jalur lain yang dapat kamu rasakan adalah jalur offroad dan motor trail. Bagi kamu yang ingin mengasah adrenalin, kamu bisa melewati jalur ini menggunakan mobil offroad atau dapat juga mengendarai motor trail.

Kawasan antara area camping dan offroad berbeda dan terpisah. Ini sekaligus menegaskan juga kalau kamu tidak bakalan terganggu satu sama lainnya.

Baca juga : Rekomendasi Destinasi Wisata Glamping Lakeside Rancabali Bandung

Pesona yang Ditawarkan Gunung Putri Lembang

negeri diatas awan

Negeri diatas awan, salah satu momen menarik yang dapat kamu rasakan ketika cuaca dipenuhi dengan kabut.

Awan seakan berada dibawah dan menjadi pemandangan yang menakjubkan sekaligus gatal untuk tak diabadikan.

Tugu Sespim, sebuah bangunan yang berada ditengah-tengah rumput dan pepohonan. Salah satu spot menarik untuk berfoto dan dapat kamu bagikan ke setiap pengguna internet melalui media sosial.

Ketika matahari mulai tenggelam, kamu dapat menjumpai pemandangan sunset yang eksotis.

Saat matahari benar-benar tenggelam dan berganti dengan gemerlapnya bintang ditemani sinar rembulan begitu memanjakan mata. Kamu bisa juga menikmati kerlap kerlip lampu kota dari ketinggian.

Camping, mau bermalam di Gunung Putri? Silahkan mendirikan tenda. Banyak pengunjung yang mendirikan tenda-tenda untuk menikmati malam yang sejuk dan segar di tempat wisata alam ini. Sehingga kamu akan melihat deretan-dertan tenda berjajar yang berpenghuni.

Api unggun, untuk menghangatkan badan di daerah yang dingin seperti Gunung Putri Lembang, kamu dapat membuat api unggun. Seikat kayu untuk membuat api unggun dapat kamu beli diwarung dekat post tiket saat masuk.

Baca juga : Wisata Kekinian Floating Market Lembang Bandung yang Wajib Dikunjungi

Rute Menuju Gunung Putri Lembang

offroad di gunung putri lembang

Apabila kamu berencana ketempat wisata alam yang eksotis ini menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat menempuh tiga jalur yang menghubungkannya.

Dan berikut ketiga jalur yang dapat kamu lalui:

  1. Setiabudhi (Ledeng) – Lembang – Gunung Putri
  2. Ciumbuleuit – Punclut – Lembang – Gunung Putri
  3. Dago – kiri ke arah Punclut – Cijeruk – Lembang – Gunung Putri

Sedangkan kamu yang ingin berkunjung mengendarai kendaraan umum, berhenti saja di Lembang. Dari Lembang kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau angkot jurusan Lembang-Cikole.

Peta Lokasi

Ketikkan pencarian di google map atau klik tautan ini.

Kesimpulan

Wisata alam di Lembang Bandung yang bagus untuk dikunjungi, namun sayang tidak dipelihara dengan baik. Pengunjung juga kurang berperan serta dalam kebersihan. Pengelola sepertinya tidak membatasi pengunjung perharinya. Pembatasan ini berguna untuk menciptakan ketenangan seperti asalnya.

Sekian ulasan singkat tentang Gunung Putri Lembang. Sekiranya ada kritik dan saran, silahkan bubuhkan tulisan kamu melalui kolom komentar. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui media sosial kamu.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password